Start Jongkok

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui Start Jongkok ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Start Jongkok. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Start Jongkok


Pengertian Start Jongkok

Start jongkok merupakan teknik start atau awalan untuk memulai sebuah permainan olahraga, khususnya lari. Dalam persiapan awal, pelari harus melakukan permulaan dari posisi berjongkok.

Start jongkok juga kerap disebut dengan crouch start. Jenis start ini kerap digunakan pada pertandingan lomba lari jarak pendek (sprint) dari nomor lari 100, 200, hingga 400 meter. Jenis start ini juga kerap dipakai untuk awalan lari estafet dan lari gawang.

Posisi jongkok diatur sedemikian rupa supaya seluruh tubuh secara bersamaan dapat melakukan tolakan sehingga bisa menghasilkan lari berkecepatan tinggi. Dalam melakukan start jongkok, diperlukan energi yang lebih besar bila dibandingkan start berdiri dan melayang.

Start jongkok berbeda dengan start berdiri maupun start melayang. Dalam start berdiri, pelari melakukan posisi siap pada aba-aba ‘bersedia’ menggunakan gestur tubuh di leher atas. Kaki berjarak dengan sedikit ditekuk untuk menghasilkan tolakan dengan energi sedang.

Start jongkok dinilai paling sulit dilakukan. Teknik untuk melakukan start ini begitu berpengaruh pada kecepatan hingga kemenangan pelarinya. Dalam pertandingan skala besar, baik itu nasional dan internasional, start jongkok kerap menggunakan balok start atau papan tumpuan.

Balok tersebut diukur dan ditata menyesuaikan panjang kaki pelari. Papan inilah yang nantinya akan menjadi titik start pelari. Tapi untuk lomba kelas lokal atau dalam pelajaran olahraga, start jongkok dilakukan tanpa menggunakan fasilitas atau alat bantu apapun.

Baca Juga  Teknik Lari Jarak Pendek Lengkap

Ada beberapa teknik yang harus diperhatikan supaya cara melakukan start tidak salah. Bila salah, maka kemungkinan tertinggal dalam lari atau terkena diskualifikasi akan terjadi.

Dalam cabang olimpiade, teknik start pun sangat penting dikuasai. Sebab dalam berbagai pertandingan, kerap dibutuhkan kemampuan dalam menguasai teknik awalan. Termasuk start jongkok ini.


Macam-Macam Start Jongkok

1. Posisi Pendek (Short Start)

Jenis start jongkok yang pertama yaitu posisi pendek. Jika anda ingin melakukan sebuah gerakan pada start jongkok dengan posisi pendek, sebaiknya kamu dapat memposisikan lutut kaki belakang berada disamping ujung telapak kaki depan. Biasanya gerakan pada start jongkok pada posisi pendek dilakukan pada pertandingan atletik yang mempunyai ukuran jarak pertandingan berlari sekitar 0-150 meter. Karena jaraknya yang sangat dekat ini, maka pemain harus betul-betul berhasil dalam gerakan start jongkok pada posisi pendek ini. Karena bila tidak, maka akan sangat cepat tertinggal oleh pemain lainnya.


2. Posisi Menengah (Medium Start)

Jenis start jongkok yang kedua yaitu posisi menengah, seorang atlet yang akan melakukan lari dengan posisi start jongkok menengah biasanya yaitu atlet atletik dalam pertandingan lari dengan jarak sekitar 500 meter. Sebagai jarak menengah, posisi start sangat penting untuk awalan. Seorang atlet harus ahli dalam posisi start jongkok ini supaya tidak mengalami kesalahan pada macam macam lari dalam olah raga atletik ini. Bila kamu salah posisi start, maka resiko cedera lebih tinggi dan kamu pun akan cukup sulit mengejar langkah lawan lainnya.


3. Posisi Jauh (Long Start)

Jenis start jongkok yang ketiga yaitu posisi jauh, pada saat hendak kamu ingin melakukan suatu perlombaan lari secara baik, maka kamu dapat melakukan gerakan start jongkok pada posisi jauh bila jarak lari yang kamu tempuh yaitu jarak jauh. Biasanya pada perlombaan lari jarak jauh, jarak yang harus ditempuh oleh atlet yaitu kurang lebih 1000 meter. Jarak lari sejauh itu, tentu membutuhkan stamina yang baik dan start yang sukses. Karena itu mengapa kamu harus memahami bagaimana memposisikan start jongkok secara baik, supaya tidak di diskualifikasi pada perlombaan nantinya.

Baca Juga  Peraturan Lompat Jauh

4. Posisi dengan Aba-Aba

Yang terakhir posis aba-aba, jika kamu ingin melakukan lari pada pertandingan atletik lainnya, sebaiknya kamu melakukan gerakan start jongkok saat terdengarnya aba-aba start.


Teknik Start Jongkok

Start Jongkok

1. Start Jongkok Pada Posisi Pendek (Short Start)

Beberapa teknik yang harus diketahui oleh para atlet pada posisi start jongkok pendek dalam olahraga atletik, yaitu sebagai berikut:

  • Para atlet dapat memposisikan tangan membuka sejauh dengan lebar garis bahu.
  • Kemudian pastikan posisi ibu jari anda ada di depan tangan, sejajar dengan lutut kaki belakang, hal ini dilakukan sekaligus untuk manfaat peregangan otot yang didapatkan.
  • Sesudah itu, ibu jari kaki depan dapat diposisikan secara sejajar pada lutut kaki belakang dan tangan. Sehingga kamu dapat atau bisa mempunyai posisi secara agak mundur sekitar kira-kira 30 c
  • Selanjutnya yaitu posisikan kepala kamu sedikit menunduk ke bawah, dengan mata lurus melihat ke depan, kemudian lakukanlah berlari dengan jarak pendek.

2. Start Jongkok Pada Posisi Menengah (Medium Start)

Teknik untuk melakukan sebuah start jongkok menengah yaitu sebagai berikut :

  • Seorang atlet harus memposisikan pada awal, dengan melakukan posisi tangan dibuka sekitar selebar bahu dan sejajar dengan lokasi bahu.
  • Selanjutnya, lakukan posisi lutut kaki belakang secara sejajar pada tungkai kaki depan kamu.
  • Sesudah itu seorang atlet memposisikan lutut kaki kamu kebelakang secara sejajar ke kaki depan, yang kemudian mundurkan sedikit ke belakang sampai tangan kira-kira sekitar 20-30 c
  • Terakhir posisikan kepala kamu sedikit ke bawah serta pandangan ke depan, kemudian lakukanlah berlari pada aba-aba start dibunyikan.

3. Start Jongkok pada Posisi Jauh (Long Start)

Teknik untuk melakukan sebuah start jongkok jauh yaitu sebagai berikut :

  • Pertama-tama posisikan letak tangan kamu secara sejajar dengan garis di lapangan. Posisikan juga bahu kamu secara sejajar dengan garis tersebut.
  • Lalu, posisi lutut condong kebelakang tubuh kamu, dan perhatikan bahwa posisi kaki depan harus ditungkaikan.
  • Selanjutnya, posisikan pula lutut kamu condong ke belakang juga terhadap tungkai kaki depan. Hal ini dilakukan supaya posisi lutut agak jauh dari tangan, sehingga membuat seorang atlet akan lebih leluasa pada saat akan melakukan start lari jarak jauh.
Baca Juga  Tolak Peluru

4. Start Jongkok pada Posisi dengan Aba-Aba

Berikut ini teknik start jongkok posisi aba-aba yaitu :

  • Start aba aba membutuhkan seorang atlet harus siap dalam posisi konsentrasi terlebih dahulu untuk mendengar aba-aba start block.
  • Lalu perhatikan posisi para atlet pada start jongkok, yang kemudian lakukanlah posisi bersedia sehingga kamu diharuskan konsentrasi penuh dan pendengaran harus dipusatkan pada aba-aba berikutnya.
  • Selanjutnya angkat pantat dan pinggul keatas, lalu tekan kaki secara kuat pada penekukan sesudah itu pandanglah ke depan minimal kurang lebih 10 m.
  • Terakhir, berlari secara kencang jika ada aba-aba “Ya”

Itulah materi Start Jongkok : Pengertian, Macam dan Tekniknya Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :