Start Berdiri

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui Start Berdiri dalam perlombaan lari ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Start Berdiri. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Start Berdiri


Pengertian Start

start adalah sikap awalan pada waktu akan melakukan jalan atau lari dengan kaki atau tangan tidak boleh menyentuh batas.

start merupakan melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan sebaik-baiknya dengan pelemasan dan relaksasi pada otot-otot tubuh. Karena gerakan start adalah gerakan yang dilakukan dengan eksploitasi, dimana otot-otot harus melakukan kontraksi secara mendadak dengan kekuatan penuh. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan terjadinya cidera.

Menurut Purnomo 2007: 23 Start merupakan suatu persiapan awal seorang pelari sebelum melakukan gerakan berlari. Tujuan utama dari start dalam lari jarak pendek yaitu mengoptimalkan pola lari cepat.


Pengertian Start Berdiri

Start berdiri atau juga sering disebut dengan standing start merupakan jenis start yang digunakan dalam cabang lari jarak menengah dan lari jarak jauh, yang mempnyai panjang lintasan 800 meter, 1500 meter 5000 meter dan 10.000 meter.

Start lari jarak menengah menggunakan start berdiri, Pada lari jarak menengah terdapat tiga kategori lari yang diperlombakan, yakni pada nomor lari jarak 800 meter, 1500 meter dan 300 meter. Dikarenakan jaraknya yang cukup panjang, maka perlu memperhatikan kecepatan dan stamina dari seorang pelari.

Baca Juga  Peraturan Lari Estafet

Teknik Start Berdiri

Start Berdiri

Teknik dalam melakukan start cukup menentukan keberhasilan pelari untuk dapat memenangkan perlombaan. Berikut ini teknik yang perlu diperhatikan untuk melakukan start berdiri yaitu sebagai berikut :

  1. pertama-tama sikap start dalam start berdiri dilakukan ketika ada aba-aba bersedia sudah diberikan, maka atlet maju dan meletakkan salah satu kakinya di depan. Atlet dapat memilih menggunakan kaki kanan atau kaki kiri, Bila merasa nyaman dengan kaki kanan maka gunakanlah kaki kaki kanan, begitupun sebaliknya.
  2. Kemudian Letakkan kaki kamu tepat dibelakang garis dan lutut dibengkokan sedikit. Sedangkan kaki lainnya letakkan dibelakang dengan posisi lurus.
  3. Lalu Condongkan badan dan letakkan berat badan kamu kedepan, posisikan tumpuan pada kaki yang diletakkan di depan.
  4. Selanjutnya lemaskan kedua lengan dan siku kamu, bengkokkanlah sedikit serta letakkan lengan kamu di dekat badan kamu.
  5. Terakhir aturlah pandangan kamu supaya selalu tetap mengarah ke depan, selalu fokus dan rileks, sehingga ketika mendengar aba-aba start untuk lari bisa langsung melakukan tolakan dan berlari.

Itulah materi Start Berdiri : Pengertian dan Tekniknya Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :