Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga Sepak Bola ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli


Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Secara umum, pengertian sepak bola merupakan suatu cabang olahraga yang menggunakan bola berbahan kulit/ karet dan dimainkan oleh kedua tim, dimana masing-masing tim mempunyai 11 pemain inti dan beberapa pemain pengganti. Nah itu merupakan pengertian secara umum, untuk melengkapinya dibawah ini merupakan pengertian dari sepak bola menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

1. Wikipedia

Pengertian sepak bolah menurut Wikipedia yaitu suatu cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing yang beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.


2. Soekatamsi (1994:3)

Menurut Soekatamsi mengungkapkan bahwasepakbola merupakan permainan beregu yang diperlombakan masing-masing regu yang terdiri dari sebelas orang pemainan termasuk penjaga gawang. Menurut Soekatamsi bahwa permainan sepakbola boleh dilakukan dengan seluruh anggota tubuh selain tangan keculi penjaga gawang yang bisa diperbolehkan menggunakan tangan.

Baca Juga  Peraturan Permainan Bola Voli

3. Nurhasan (2001:46)

Menurut Nurhasan sepak bola adalah suatu permainan sepak bola yang dilakukan dalam 2 (dua) babak, yang mana masing-masing dari babak pada umumnya berlangsung selama 45 menit. Permainan sepakbola dipimpin oleh seorang wasit dengan dibantu oleh dua hakim garis. Para pemain menggunakan sepatu bola serta kostum yang berbeda dengan lawan mainnya, sedangkan untuk penjaga gawan harus mengenakan kostum khusus yang berbeda dengan para pemain lainnya.


4. Joko Purwanto (2004:7)

Menurut Joko Purwanto sepak bola merupakan suatu bentuk permainan beregu yang menggunakan bola besar, yang dimainkan oleh 2 (dua) regu, dan tiap-tiap regu terdiri dari 11 pemain.


5. Sucipto Dkk (2000:7)

Menurut Sucipto dkk sepak bola merupakan permainan yang hampir seluruhnya dimainkan menggunakan kaki, kecuali seorang penjaga gawang yang dibolehkan menggunakan lengannya di daerah tendangan hukumannya.


6. Luxbacher (2008:2)

Menurut Luxbacher mengungkapkan bahwa sepak bola merupakan pertandingan sepak bola dimainkan oleh dua tim masing-masing yang beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim mempertahankan gawang dan berusaha menjebol gawang lawan.


7. Muhajir (2007:22)

Menurut Muhajir mengungkapkan bahwa sepak bola merupakan permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak, yang memiliki tujuan untuk memasukkan bola kegawang lawan dengan mempertahankan gawang tersebut supaya tidak kemasukan bola oleh lawan.


8. Herwin (2004:78)

Menurut Herwin mengungkapkan bahwa sepak bola merupakan suatu permainan kelompok yang melibatkan banyak unsur, seperti fisik, teknik, taktik, dan mental.


9. Alwi dalam KBBI (2003:918)

Menurut Alwi mengungkapkan bahwa sepak bola merupakan suatu permainan beregu yang menggunakan bola sepak dari 2 (dua) kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain.


10. Erick C. Batty (1982:5)

Menurut Erick C. Batty mengungkapkan bahwa suatu permainan yang sederhana dan rahasia permainan sepakbola adalah melakukan hal-hal sederhana sebaik-baiknya. Meskipn sepakbola adalah permainan beregu namun setiap pemain harus menguasai teknik dasar baik itu dengan bola ataupun tanpa bola.

Baca Juga  Teknik Dasar Permainan Bola Voli

11. Agus Salim (2008:10)

Menurut Agus Salim mengungkapkan bahwa sepak bola olahraga yang memainkan bola dengan menggunakan kaki. Tujuan utama dari permainan ini yaitu untuk mencetak gol atau skor sebanyak-banyaknya yang tentunya harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Untuk dapat membuat gol harus tangkas, sigap, cepat, dan baik dalam mengontrol bola.


12. Subagyo Irianto (2010:3)

Menurut Subagyo Irianto mengungkapkan bahwa suatu permainan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan maksud memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.


13. Muhyi Faruq (2008:17)

Menurut Muhyi Faruq mengungkapkan bahwa bentuk dari aktivitas fisik yang memberikan manfaat pada kebugaran tubuh dan mental serta sosial yakni prestasi. Pada kajian ini lebih menyoroti pada permainan dan olahraga sepak bola kaitannya dengan kebugaran tubuh. Permainan ini sendiri masuk dalam kegiatan gerak olahraga, karena bentuk kegiatan fisik yang terstruktur, terencara dan berkesinambungan dengan tujuan untuk kebugaran tubuh yang lebih baik.


14. Rohim (2008:1-2)

Menurut Rohim mengungkapkan bahwa sepakbola merupakan suatu permainan yang menantang secara fisik dan mental, kita yang harus melakukan sebuah gerakan yang terampil di bawah kondisi permainan yang waktunya terbatas, fisik dan mental yang lelah sambil menghadapi lawan, kita harus berlari beberapa mil dalam satu pertandingan, dalam permainan ini kita harus memahami sebuah teknik permainan individu, kelompok dan beregu dalam menentukan penampilan kita di lapangan.

Pada saat permainan, pemainan yang mampu berlari dengan jarak beberapa meter dalam pertandingan, mampu menyamai kecepatan sprinter dan bisa menghadapi bila suatu saat terdapat perubahan permainan dengan cepat.

Baca Juga  Sepak Takraw

Itulah materi Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :