Cabang Olahraga Atletik

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui Cabang Olahraga Atletik itu apa saja ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Cabang Olahraga Atletik. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Cabang Olahraga Atletik

 


Cabang Olahraga Atletik

atletik merupakan cabang olahraga (terutama yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan). Di mana terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lompat dan lempar.

Olahraga atletik ini adalah ajang olimpiade kuno pertama di dunia yang diselenggarakan pada 776 Sebelum Masehi. Atletik menjadi salah satu cabang olahraga tertua saat ini.

Satu-satunya event yang sempat dimeriahkan kala itu adalah perlombaan lari atau stade. Seiring berjalannya waktu, permintaan terhadap pertandingan olimpiade semakin berkembang kreativitasnya.


1. Lompat Galah

Lompat Galah

Berbeda dengan olahraga lompat tinggi, Walaupun sama-sama mengharuskan atlet untuk melompat tinggi melewati palang, pada cabang olahraga lompat galah, teknik melompat jauh berbeda dimana atlet harus menggunakan galah sebagai alat bantu untuk melompat.

Lompat galah adalah salah satu cabang olah raga atletik lainnya, dimana lompat galah ini menggunakan sebuah galah panjang dengan ukuran tertentu. Tekniknya yaitu para atletik ini berlari kemudian pada jarak tertentu menancapkan galahnya di sebuah lubang kemudian baru melakukan loncatannya.

 


2. Lompat Indah

Lompat indah

Lompat indah merupakan salah satu cabang olahraga yang mengutamakan keindahan dan kekuatan meloncat. pada awal mulanya lompat indah ini diadakan hanya dinegara – negara eropa.

Lompat indah merupakan olahraga yang dimana pesertanya meloncat pada ketinggian tertentu yang kemudian melakukan gerakan akrobatik yang indah saat sedang di udara. yang dinilai disini yaitu ketinggian loncatan yang bisa dicapai dan keindahan gerakan yang dilakukan saat di udara. Lompat indah ini diawali dengan sikap lompat dan teknik lompatan yang sama pada umumnya sehingga tidak ada teknik khusus disini.

 


3. Lompat Tinggi

Lompat Tinggi

Lompat Tinggi adalah salah satu Cabang olahraga atletik yang sudah sering dipertandingkan dalam event-event olahraga dunia. Sesuai dengan namanya, pada cabang olahraga atletik ini, atlet lompat tinggi harus melompati palang tinggi dan harus berhasil mendarat dengan sempurna.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas XII Semester Ganjil

Lompat tinggi adalah cabang olahraga atletik yang lainnya. Tentu anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang satu ini, Lompat tinggi biasanya juga diikutkan dalam pertandingan-pertandingan olahraga besar di dunia. dalam lompat tinggi ini yang diukur yaitu ketepatan ketika anda mendarat. Tapi dalam cabang olahraga ini terdapat aturan-aturan yang harus kalian ikuti

 


4. Lompat Kangkang

Lompat Kangkang

Lompat kangkang (straddle vault) merupakan sebuah unsur keterampilan gerak “manipulatif” sebab selain unsur kelincahan, untuk dapat melewati rintangan berupa peti lompat (box), didukung juga oleh unsur kelenturan dan kecepatan berlari secara maksimal (explosive). Oleh karena itu gerakan lompat kangkang bisa diklasifikasikan sebagai unsur kelincahan.

Lompat kangkang ialah jenis lompatan yang dilakukan dengan menggunakan peti loncat dengan posisi badan agak sedikit condong ke depan dan kedua kakinya terbuka (kangkang) ketika melewati peti lompat. Alat yang dipakai untuk peti lompat tersebut biasanya dikenal sebagai kuda-kuda lompat.

 


5. Lompat Jauh

Lompat Jauh

Selain lompat tinggi, cabang olahraga lompat lainnya yaitu lompat jauh dimana yang diukur pada olahraga atletik satu ini yaitu jauhnya jarak pendaratan oleh atlet yang melompat.

 


6. Lari Estafet

Lari Estafet

lari estafet adalah cabang olahraga atletik yang umum di pertandingkan, biasanya menggunakan stadion yang cukup luas,

lari estafet merupakan olahraga yang menggunakan tongkat pada setiap pelari di setiap tim yang dilakukan pada sebuah arena pertandingan yang sudah tersedia, Nomor lari estafet ini yang sering diperlombakan yaitu nomor 4 x 100 meter meter dan nomor 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian, kemahiran dan juga kerjasama dalam penerimaan tongkat dengan cepat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

 


7. Lari Jarak Pendek

Lari Jarak Pendek

 

Salah satu cabang olahraga atletik paling umum yaitu lari. Tapi olahraga lari sendiri terbagi menjadi beberapa cabang, salah satunya adalah lari jarak pendek.

Lari jarak pendek yaitu olahraga atletik lari yang dilakukan dengan kecepatan penuh, yang dilakukan pada lintasan yang jaraknya bisa terbilang tidak jauh. Nomor lari yang terdapat disini antara lain yakni 100, 200, dan 400 meter. Pada umumnya pada olahraga ini menggunakan start jongkok yang sama. Tapi yang membedakannya dengan yang lain yaitu pada jarak tempuh yang dicapai.

Baca Juga  Gaya Lompat Jauh

 


8. Lari Jarak Jauh

Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh atau yang sering disebut juga dengan lari marathon adalah salah satu cabang olahraga lari yang dilakukan dalam lintasan yang luas dan jauh, biasanya berjarak 3000m, 5000m, 10.000m dan di atasnya, lari jarak jauh ini berbeda dengan lari estafet, akan tetapi jarak keduanya sebenarnya mirip. Pada lari jarak jauh ini sebenarnya tekniknya tidaklah jauh berbeda, yang membedakannya yaitu jarak lintasan tempuh pelari.


9. Jalan Cepat

Jalan cepat pada umumnya bisa dilakukan oleh segala usia pada era modern ini, tetapi dalam hal ini hanya sedikit saja yang menjadikan hal ini sebagai lomba wajib yang di ikuti.

Jalan cepat merupakan gerak melangkah maju ke depan yang dilakukan secara terus menerus tanpa adanya hubungan terputus dengan area tanah. Setiap kali melakukan langkah kedepan harus menyentuh tanah sebelum kaki yang satunya akan melangkah kedepan, maka kaki harus dalam posisi lurus dan lutut tidak boleh bengkok, tapi tumpuan kaki harus dalam keadaan posisi tegak lurus.

 


10. Lempar lembing

Lempar lembing

Lempar lembing adalah cabang olahraga atletik yang berikutnya, lempar lembing ini diukur dari jarak lemparan lembing terjauh setiap atlet yang ada. olah raga yang satu ini biasanya ada di setiap olimpiade besar di dunia. Lempar lembing ini memang sangat populer sehingga tidak sedikit orang yang mengikuti ini.

Aturan dalam lempar lembing. Ukuran, bentuk, berat minimum dan pusat gravitasi dari lembing sudah ditentukan oleh aturan dari International Association of Athletics Federations (IAAF).

 


11. Lempar Cakram

Lempar Cakram

Lempar cakram adalah salah satu cabang olah raga atletik lainnya yang di lombakan pada olimpiade dunia. di sini yang digunakan adalah cakram dan lapangan yang berkriteria khusus. Cakram tersebut dilakukan dengan adanya latihan khusus yang dilakukan supaya di dapat lemparan yang kuat.

Cara melempar cakram dengan melakukan awalan dengan dua kali putaran badan caranya yaitu memegang cakram ada 3 cara :

Berdirilah dengan membelakangi arah lemparan, lengan yang memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong ke depan.

Baca Juga  Lompat Harimau

 


12. Lempar Martil

Lempar Martil

Lempar Martil adalah salah satu cabang olahraga atletik yang lumayan sering diperlombakan pada suatu event olahraga dari tingkat nasional hingga internasional. Lempar martil ini biasanya diikuti kaum pria, tetapi mungkin ada atlet wanitanya, akan tetapi sangat jarang. Dalam teknik-teknik dasar lempar martil yang harus dikuasai oleh atlet pelempar dimulai dari posisi awalan dan ayunan, putaran dan transisi, fase akhir, dan lemparan

 


13. Angkat besi

Angkat besi

angkat besi diawali di negara-negara seperti Eropa dan Amerika. angkat besi biasa dilakukan secara bertahap dan dilakukan secara individu. Dalam olahraga angkat besi, ada beberapa jenis angkatan yang sering sekali dilombakan baik di indonesia sendiri ataupun di dunia, yaitu angkatan clean and jerk dan snatch.


14. Panahan

Panahan

Panahan adalah cabang olahraga yang menggunakan busur panah yang dilesatkan dalam sebuah papan target yang berbentuk lingkaran. Panahan ini harus mengikuti aturan yang benar, Seperti cara memegang busur panah, cara memasang anak panah, hingga cara Memanah dan mengarahkannya ke papan target.


15. Menembak

Menembak di dalam keseharian pasti sudah tidak asing lagi, namun apakah kamu tau bila menembak ini termasuk dalam cabang olah raga yang dipertandingkan? Menembak yaitu cabang olahraga yang menggunakan senjata berupa pi*tol yang ditembak secara tepat pada sasaran yang disediakan.

Olahraga menembak ini pun untuk sekarang hanyalah dijadikan sebagai hobi semata saja, tetapi ada saja cara menembak yang tepat dan benar, sulit sekali untuk melakukannya jika tidak ada dasar tujuan dalam melatih menembak ini, saat ini yang melakukan hal tersebut hanyalah didalam militer dan kepolisian.


Itulah materi Cabang Olahraga Atletik Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :