Unsur Kebugaran Jasmani

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga ateletik yaitu lompat harimau ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Lompat Harimau. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani


Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan tubuh dalam menyesuaikan beban fisik yang diterima sesudah melakukan aktivitas sehari-hari. Kesehatan jasmani menjadi kebutuhan yang penting yang perlu dipunyai supaya dapat menjalani aktivitas dengan lancar.

Oleh karena itu, penting memenuhi kebutuhan kebugaran jasmani supaya mampu menjalankan kegiatan sehari-hari dengan baik tanpa mengalami kelelahan yang berlebih.

Melalui latihan kebugaran jasmani, daya tahan tubuh mampu lebih meningkat. Tak hanya itu, kebugaran jasmani juga berguna untuk kesehatan tubuh kita agar selalu sehat. Masih banyak lagi tentunya manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani. Di sisi lain, kebugaran jasmani memiliki beberapa unsur yang perlu anda ketahui. yaitu sebagai berikut :

 

1. Kekuatan

Kekuatan atau strength merupakan unsur utama dari kebugaran jasmani. Kekuatan inilah yang buat kamu mudah melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Tanpa disadari, anda butuh kekuatan untuk mengangkat perabotan rumah tangga atau naik turun tangga kantor untuk sampai ditempat meja kerja anda.

Cara melatihnya pun sebenarnya cukup mudah bahkan anda dapat melakukannya setiap hari. Untuk bagian tubuh atas, anda dapat melakukan push up dan angkat beban. Bagian perut dapat dilatih dengan melakukan sit up dan back up. Lalu, squat untuk melatih otot besar di bagian paha.

Baca Juga  Olahraga Sit Up


2. Daya otot

Kekuatan tidak akan cukup tanpa daya otot dalam melakukannya. Daya otot merupakan kekuatan untuk melakukan sesuatu dalam waktu singkat. Unsur kebugaran jasmani yang satu ini sering juga disebut dengan explosive power.

Daya otot akan buat kamu mencapai kecepatan maksimal sesudah start atau melompat lebih tinggi tanpa ancang-ancang yang jauh. Latihan menguatkan daya otot pun harus melakukan suatu gerakan yang melibatkan kaki dan perut. Berikut ini latihan yang dapat anda pilih :

  • vertical jump atau lompatan ke atas setinggi-tingginya
  • jump box atau melompat ke atas kotak atau tempat yang lebih tinggi
  • front jump dan one leg front jump atau melompat ke depan baik dengan satu atau dua kaki
  • side jump atau melompat ke kanan dan kiri sejauh-jauhnya.

 


3. Daya tahan

Semua akan kurang lengkap jika kamu punya kekuatan dan kecepatan, tapi minim daya tahan tubuh. Unsur kebugaran jasmani ini berhubungan langsung dengan sistem kerja jantung dan paru-paru saat melakukan sebuah aktivitas. Semakin teratur kerja dua organ tersebut saat menjalani kegiatan, semakin tinggi daya tahan tubuh kamu.

Ada berbagai cara melatih daya tahan tubuh supaya lebih kuat. Kamu dapat berlari jauh dengan batas waktu yang sudah ditentukan. dapat juga dengan berlari dengan medan yang menanjak dan berliku, serta dalam kecepatan yang berbeda-beda juga.

Kamu pun dapat menguatkan daya tahan dengan cara angkat beban. Cukup melakukan dengan bobot ringan dan repetisi yang diperbanyak. Dijamin daya tahan kamu akan meningkat seiring berjalannya waktu.

 


4. Kelenturan

Kebugaran jasmani juga punya unsur kelenturan. Dengan mempunyai kelenturan, anda dapat menurunkan risiko cedera saat berolahraga atau melakukan kegiatan yang berat. Pasalnya, kelenturan akan membuat tubuh kamu mudah menyesuaikan diri secara otomatis saat mendapatkan tekanan.

Baca Juga  Olahraga Push Up

Anda mampu mendapatkan kelenturan dengan banyak cara. yaitu dengan melakukan perenggangan (stretching) setiap bangun dan sebelum tidur. Silakan juga ikut kelas yoga atau rutin berenang untuk mendapatkan kelenturan tubuh yang lebih baik.

 


5. Kecepatan

Unsur lain yang tidak kalah penting dalam kebugaran jasmani yaitu kecepatan. Dengan kemampuan ini, anda dapat melakukan berbagai kegiatan dengan cepat. Untuk melatih kecepatan, kamu cukup rutin berlari dan berjalan cepat setiap hari. Hal ini juga akan buat kerja jantung kamu bagus.

 


6. Reaksi

Reaksi ini buat kamu lebih cepat dalam mengambil keputusan fisik. Misalnya, anda dapat berpikir lebih cepat untuk menambah atau mengurangi kecepatan di tengah kegiatan  fisik. dapat juga, kamu jadi harus memiliki refleks cepat dalam menangkap atau menghindar dari bola yang mengarah ke kamu. semua itu harus dibiasakan dengan latihan reaksi melalui objek cepat yang datang ke kamu.

 


7. Kelincahan

Hampir semua atlet olahraga diharapkan mempuntai kelincahan tubuh, khsusnya mereka yang bergelut dalam olahraga fisik. Kelincahan yaitu kemampuan untuk mengubah posisi tubuh di tengah kecepatan tinggi. Anda mungkin sering melihat pemain sepak bola, bola basket, bulutangkis, dan bola voli.

Untuk mendapatkan kelincahan ini, kamu bisa melatihnya dengan latihan keseimbangan satu kaki. Kamu pun bisa latihan lompat tali dalam tempo yang cepat.


8. Ketepatan

Ketepatan atau akurasi adalah kemampuan seseorang untuk melempar atau mengarahkan sesuatu tetap sasaran. Unsur kebugaran jasmani ini dibutuhkan dalam olahraga memanah, bowling, bola basket, dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk beberapa olahraga, ketepatan harus disertai dengan kekuatan dalam melempar.

Latihan dari ketepatan ini juga akan berpengaruh kepada mental anda. Banyak orang menyerah saat harus latihan ketepatan setelah beberapa kali gagal. Hal yang perlu anda ketahui, melatih ketepatan tidak dapat dilakukan dalam tempo yang singkat.

Baca Juga  Aktivitas Fisik dalam Pencegahan Penyakit

9. Keseimbangan

Karena kebiasaan berdiri dan berjalan dengan dua kaki, banyak orang yang lupa untuk melatih keseimbangan mereka. Hal ini yang membuat mereka mudah terpeleset saat berjalan di jalan yang tidak rata. Lebih parahnya lagi, orang yang minim keseimbangan akan mudah jatuh saat berolahraga.

Latih keseimbangan anda dengan berjalan di atas daratan yang sempit atau melompat dari satu objek ke objek lainnya. Melakukan sikap lilin juga dapat melatih keseimbangan anda.

 


10. Koordinasi

Lebih mudahnya, koordinasi ini diartikan suatu keselarasan antara satu bagian tubuh dengan bagian lainnya. Mungkin anda dapat mengunakan tangan kanan untuk melakukan banyak hal, tapi tangan kiri sama sekali tidak dapat melakukan aktivitas berat.

Dalam kebugaran jasmani, ada baiknya anda dapat mengoordinasinkan seluruh bagian tubuh. Mulailah dengan bermain lempar tangkap bola. Tapi, gunakan tangan kanan untuk melempar dan tangan kiri untuk menangkap. Lakukan juga sebaliknya.


Itulah materi Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani secara lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :