Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli


Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Pengertian olahraga secara umum merupakan suatu bentuk kegiatan fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh yang berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Adapun pengertian olahraga menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

1. Menurut Soekarno

Menurut Soekarno Olahraga adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk melaksanakan 3 tujuan revolusi Indonesia, yakni negara kesatuan RI yang kuat, masyarakat adil dan makmur, dan tata dunia baru.


2. UNESCO

Menurut UNESCO olahraga merupakan suatu kegiatan fisik berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri.


3. KBBI

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) olahraga merupakan suatu gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh (seperti sepak bola, berenang, lempar lembing).


4. Jessika Doland

Menurut Jessika Doland olahraga merupakan sebuah media pereda stres terbaik yang ada di dunia yang dapat mengalirkan pikiran manusia dari rasa khawatir. Dengan adanya olahraga ini, ketegangan otot pada tubuh dapat relaks kembali.

Baca Juga  Tujuan dan Manfaat Olahraga

5. Kathryn Marsden

Menurut Marsden olahraga merupakan salah satu pengusir stres yang sangat mudah dilakukan oleh manusia. Tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.


6. Edward

Menurut Edward olahraga yaitu olahraga harus dilakukan dengan spontan dan melalui konsep yang diterapkannya. Melalui cara bermain, games maupun sport.


7. Suryanto Rukmono

Menurut Rukmono olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh manusia supaya terlihat sehat dan kuat secara jasmani maupun rohani. Dari adanya olahraga yang teratur dan terencana biasanya akan menjadi suatu objek terbaik dalam proses pembentukan tubuh.


8. Hans Tandra

Menurut Hans Tandra olahraga adalah suatu gerakan tubuh yang teratur dengan irama yang ditujukan untuk memperbaiki kebugaran tubuh dan berguna juga sebagai meningkatkan imunitas tubuh supaya terjaga kesehatannya.

9. Dewan Olahraga Eropa

Menurut Dewan Olahraga Eropa olahraga adalah kegiatan spontan yang dilakukan secara bebas dengan mencari waktu luang untuk pergerakan tubuh demi menjaga kesehatan jasmani dan rohani tiap manusia, yang nantinya tubuh akan terasa ringan dan fresh, dengan bantuan suplai oksigen menuju otak tidak terhambat.


10. Cholik Mutoir

Menurut Cholik Mutoir olahraga diartikan sebagai sebuah proses sistematik yang terdiri atas setiap aktivitas mampu membantu perkembangan yang membina potensi jasmaniah dan rohaniah.


11. Seno Gumira Ajidarma

Menurut Seno Gumira Ajidarma olahraga adalah sebuah sarana atau ajang kompetisi untuk menjadikan seseorang nomer satu. Selain menyehatkan tubuh, olahraga juga bertujuan sebagai pencarian bakat disetiap cabangnya.


12. Chatles C. Manz

Menurut Chatles C. Manz olahraga adalah sesuatu yang harus menjadi prioritas dan dijadwalkan tapi tetap realistis.


13. Wikipedia

Menurut Wikipedia olahraga adalah aktivitas yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, baik secara jasmani atau pun rohaniah / kejiwaan (contohnya olah raga catur).

Baca Juga  Lari Estafet

14. Shetha Dargazelli

Menurut Shetha Dargazelli Olahraga merupakan minyak yang membuat gerakan tubuh bergerak secara fleksibel dan mudah.


15. Menpora Malady

Menurut Menpora Malady Olahraga merupakan segala aktivitas manusia untuk melaksanakan misi hidup dan cita-citanya, cita-cita nasional politik, sosial, ekonomi, kultural, dan sebagainya


Itulah materi Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :