Ukuran lapangan Futsal

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui Ukuran lapangan Futsal ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Ukuran lapangan Futsal . Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Ukuran Lapangan Futsal

 


Ukuran Lapangan Futsal

Futsal merupakan Olahraga bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan 5 orang pemain. Tujuan dari Olahraga Futsal yaitu mamasukkan bola ke gawang lawan. Dengan menggunakan kaki, kepala, dan semua bagian tubuh kecuali tangan.

Tidak seperti Sepak Bola, Olahraga Futsal dimainkan di ruang tertutup dan di tempat yang rata. Dengan ukuran lapangan yang lebih kecil dan jumlah pemain yang lebih sedikit dari Sepak Bola. Untuk ukuran lapangan Futsal pun beda dengan sepak bola, Ukuran lapangan futsal yaitu sebagai berikut :

Ukuran Lapangan Futsal

 

Ukuran Lapangan Futsal Standar Internasional

Sesuai dengan peraturan futsal yang diberikan FIFA, ukuran lapangan futsal standar internasional mempunyai panjang yang berbeda dengan ukuran lapangan futsal nasional, panjang lapangan futsal internasional berbeda sekitar 13 meter dari panjang lapangan futsal nasional, cukup jauh juga ya perbedaannya. Untuk lebih detailnya dapat dilihat dibawah ini :

  • Panjang Lapangan yaitu : 38 meter sampai 45 meter
  • Lebar Lapangan yaitu : 18 meter sampai 25 meter
  • Tinggi Gawang yaitu : 2 meter
  • Lebar Gawang yaitu : 3 meter
Baca Juga  Permainan Bola Voli

 


Ukuran Lapangan Futsal Indoor/Standar Nasional

Sebenarnya ukuran dari lapangan indoor yang sering kalian sewa perjam lebih ke ukuran tanah yang tersedia saat membangun lapangan futsal tersebut, sehingga ukuran dari lapangan yang dibangun menyesuaikan dengan tanah yang tersedia, tapi masih dalam range panjang 25 meter sampai 45 meter. Selama masih dalam jarak tersebut, bisa dibilang sudah memenuhi ukuran standar lapangan futsal nasional. lebih detail ukurannya yaitu sebagai berikut :

  • Panjang Lapangan yaitu : 25 meter sampai 45 meter
  • Lebar Lapangan yaitu : 15 meter sampai 25 meter
  • Tinggi Gawang yaitu : 2 meter
  • Lebar Gawang yaitu : 3 meter

 


Titik Penalti Futsal

Titik Penalti Futsal

Ukuran Garis Gawang atau Wilayah Kiper dalam jangkauan busur dengan jari jari 6 meter atas tiang gawang pada masing-masing tim, untuk ukuran titik penaltinya yaitu sebagai berikut :

  • Titik pinalti yang pertama dari posisi tengah tepat di garis gawang dalam jarak 6 meter.
  • Titik kedua yang berjarak 10 meter dari titik pertengahan garis gawang.

Area Pergantian Pemain

Area Pergantian Pemain

Untuk pergantian pemain ada aturan yakni pemain yang diganti harus keluar lapangan terlebih dahulu kemudian pemain pengganti masuk lapangan. Jika terjadi kesalahan maka wasit akan memberikan sebuah hukuman kepada pemain tersebut, untuk detail ukurannya yaitu sebagai berikut :

  • Berjarak 5 meter dari garis tengah.
  • Lebar daerah pergantian yaitu 5 meter.
  • Lebar garis yaitu 8 cm.
  • Panjang Garis pembatas yaitu 80 cm (40 cm masuk ke areah lapangan dalam dan 40 cm di daerah luar).

Daerah Bebas

Daerah Bebas

Daerah Bebas ini fungsinya sebagai tempat wasit ketiga untuk melihat jalannya sebuah pertandingan dan pencatatan waktu. Dalam tempat ini terdapat meja yang jaraknya minimal 2 meter dari garis tepi lapangan, untuk ukurannya masing masing 5 meter dari garis tengah lapangan.

Baca Juga  Cabang Olahraga

Area Tendangan Sudut

Area Tendangan Sudut

Terletak pada titik ujung lapangan kanan dan kiri dari masing masing penjaga gawang.  Ujung dari lapangan biasanya diberi lingkaran dengan jari jari 25 cm.


Itulah materi Ukuran lapangan Futsal Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :