Aktivitas Atletik

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada artikel kali ini Kelaspjok akan membahas materi tentang aktivitas atletik, apa itu atletik. atletik adalah cabang olahraga yang terdiri dari gabungan beberapa jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, alan, lompat dan lempar.

Pada cabang olahraga atletik ini banyak pendapat yang bermunculan, yang mengatakan bahwa atletik merupakan jenis olahraga yang menggunakan lapangan lintas, seperti lati, jalan, lempar lembing, dan lompat tinggi. dengan kata lain cabang olahraga atletik ini mengacu pada latihan dan permainan yang sangat mengandalkan fisik manusia.

Langsung saja simak pengertian secara lengkap aktivitas atletik dibawah ini :


Pengertian Aktivitas Atletik

Pengertian Aktivitas Atletik

 

Aktivitas Atletik adalah jenis olahraga fisik yang menggunakan lintasan dan lapangan; seperti jalan, lari, lompat tinggi, dan lempar lembing.

 

Pengertian secara etimologis, istilah dari “Atletik” berasal dari bahasa Yunani, yaitu adalah “athlon atau athlum” yang mempunyai arti perlombaan atau kontes. Asal dari kata atletik, Jadi pengertian dari atletik dapat disimpulkan adalah sebagai suatu perlombaan cabang-cabang olahraga yang tertentu “seperti jalan, lompat, lari dan lempar”.

Dan menurut Ensiklopedia Indonesia bahwa definisi dari atletik adalah sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan yang ada di atas berati pertandingan dan olahraga pada atletik.

Sedangkan dalam istilah terminologi atletik adalah bentuk aktivitas manusia dalam sehari-hari yang diperlombahkan dalam bentuk jalan, melempar, berlari, dan melompat.


Pengertian Atletik Menurut Para Ahli

Untuk lebih pahamnya mengenai pengertian aktivitas atletik berikut pendapat dan penjelasannya dari beberapa para ahli :

Baca Juga  Soal PTS PJOK Kelas 11 Semester Ganjil

1. Eddy Purnomo

Menurut Eddy Purnomo, pengertian dari atletik adalah kegiatan atau beraktivitas jasmani yang terdiri dari berbagai gerakan yang dasar yang dinamis dan harmonis, yaitu adalah lari, jalan, lempar dan lompat.

2. Sukirno

Menurut Sukirno, pengertian dari atletik adalah induk dari semua cabang olahraga “Mother Of Sport” dan merupakan olahraga yang paling tua dari lainnya.

3. Mochammad Djumidar A.Widya

Menurut Mochammad Djumidar A. Widya, pengertian atletik adalah salah satu unsur pendidikan jasmani dan pendidikan kesehatan.

4. Eri Periatama

Menurut Eri Periatama, pengertian dari atletik adalah olahraga yang sebagian besar kegiatannya dilaksanakan di lintasan dan lapangan “Track and Field Sport”.

5. Muhajir

Menurut Muhajir, pengertian dari atletik adalah jenis olahraga yang tumbuh dan bisa berkembang bersamaan dengan kegiatan alami manusia, seperti berlari, melompat, berjalan dan melempar.

6. Woeryano

Menurut Woeryano, pengertian atletik adalah dasar untuk cabang olahraga seperti bulutangkis, basket, hockey, sepak bola dan lain-lain. Cabang-cabang olahraga ini memerlukan daya tahan, kekuatan dan memerlukan kecepatan. Sedang dalam atletik unsur itu sudah dibina dengan seksama.

7. Ballesteros

Menurut Ballesteros, pengertian dari atletik adalah aktivitas jasmani yang berkompetitif untuk dapat di adu, terdiri dari beberapa nomor lomba yang terpisah yang berdasarkan kemampuan gerak dasar manusia misalkan berlari, berjalan, melempar dan melompat.

Dari berbagai pendapat para ahli di atas, bisa disimpulkan bahwa aktivitas atletik merupakan suatu bentuk kegiatan olahraga sehari-hari dalam bentuk jalan, lompat, lempar, dan lari.


Sejarah Atletik di Dunia

Olahraga Atletik adalah suatu kegiatan  perlombaan lari berupa olimpiade pertama yang diadakan oleh bangsa Yunani pada tahun 776 atau abad ke 6 sebelum Masehi.

Olahraga tersebut dikenal dengan istilah pentahlon atau panca lomba.

Dalam sebuah buku karya Hemerun dijelaskan bahwa sejarah tersebut diawali oleh Odysus yang mengunjungi kepulauan selatan Yunani. Saat Odysus mengunjungi pulau tersebut, mendapatkan sambutan oleh kepala suku setempat. Dalam sambutan tersebut diadakan sebuah lomba, yaitu lempar cakram, lari, gulat dan tinju.

Baca Juga  Lempar Cakram

Setelah itu, orang-orang Yunani mengabadikan momen tersebut menjadi suatu perlombaan atau olimpiade, yang didalamnya terdapat pemenangnya yang dinyatakan juara olimpiade.

Ditahun 490 sebelum Masehi, ditetapkan nomor lari marathon. Nomor tersebut merupakan perlombaan lari yang diadakan di kota bernama Marathon. Pada tahun 1908, marathon mulai dibakukan menjadi perlombaan lari dengan jarak 42,195 km. Dari sejarah tersebut hingga akhirnya olahraga marathon menjadi puncak dan juga penutup dari kegiatan olimpiade atletik.

Selanjutnya pada tahun 1896, Baron Peire Louherbin mengadakan olimpiade modern di Athena Yunani. Olimpiade tersebut merupakan cabang olahraga tambang dan memperebutkan medali. Namun, atletik yang sekarang tidak sama lagi dengan zaman dahulu karena perubahan teknologi dan juga globalisasi yang semakin tinggi.

Dan pada tanggal 17 Juli 1912, organisasi atletik Internasional baru dibentuk pada olimpiade ke 5 di Swedia. Organisasi tersebut dikenal dengan IAAF, dan hingga sekarang atletik mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat hingga mulai masuk ke negara Indonesia pada tanggal 3 September 1950.


Sejarah Atletik di Indonesia

Olahraga Atletik mengalami banyak perkembangan termasuk di Indonesia. Indonesia mengenal atletik melalui bangsa Belanda yang pernah menjajah Indonesia selama 3,5 abad. Namun, pada saat itu atletik belum dikenal secara keseluruhan karena masyarakat belum dapat sekolah atau mengikuti berbagai kegiatan besar. Pada zaman Belanda, sudah didirikan organisasi atletik yang pertama di Indonesia. Organisasi tersebut bernama “NIAU” atau dalam bahasa Indonesia mempunyai arti “Perserikatan Atletik Hindia Belanda”.

Organisasi atletik tersebut diadakan pada tahun 1917 di Indonesia. Organisasi “NIAU” tersebut mulai melaksanakan berbagai lomba dengan cabang olahraga yang sudah ada. Usaha mengadakan cabang olahraga atletik tersebut terlaksana di kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Solo dan juga Semarang. Kota tersebut mempunyai sekolah dan beberapa tempat yang digunakan untuk kegiatan kemiliteran.

Baca Juga  Tolak Peluru

Di masa penjajahan Jepang tahun 1942 hingga 1945, olahraga atletik mulai berkembang dan meningkat. Berawal dari siaran radio dengan nama Radio Tasio. Semua pelajar mengetahui berbagai cabang olahraga tersebut melalui siaran radio yang diadakan dan membuka latihan dari berbagai olahraga termasuk senam dan atletik.

Selanjutnya pada masa Jepang, atletik mendapatkan perhatian yang baik. Dengan banyak perlombaan dari berbagai cabang olahraga terutama lari dan cabang atletik lainya. Perlombaan tersebut diadakan di berbagai sekolah, antar kota, dan sebagainya. Sehingga masyarakat mulai mengenal berbagai cabang olahraga atletik dengan antusias.


Macam Macam Cabang Atletik

Pada aktivitas olahraga atletik secara umum digolongakn menjadi tiga bagian yaitu :

1. Cabang Lari

Cabang lari ini terdiri dari :

  • Lari sprint.
  • Lari jarak pendek.
  • Lari jarak menengah.
  • Lari jarak jauh.
  • Lari estafet.
  • Lari gawang.

2. Cabang Lempar

Yang termasuk ke dalam atletik cabang lempar adalah :

  • Lempar cakram.
  • Lempar lembing.
  • Tolak peluru.

3. Cabang Lompat

Adapaun atletik cabang lompak yang meliputi :

  • Lompat tinggi.
  • Lompat jauh.
  • Lompat galah.
  • Lompat jangkit

Baiklah itu tadi penjelasan mengenai meteri “Sejarah, Pengertian Atletik Lengkap”. Semoga dapat berguna dalam mengerjakan tugas-tugas dan dapat berguna dalam membuat makalah mengenai materi sejarah dan pengertian atletik. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :