Lompat Kangkang

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga ateletik yaitu Lompat Kangkang ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Lompat Kangkang. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Lompat Kangkang

 


Pengertian Lompat Kangkang

Lompat kangkang (straddle vault) adalah sebuah unsur keterampilan gerak “manipulatif” sebab selain unsur kelincahan, untuk dapat melewati rintangan berupa peti lompat (box), didukung juga oleh unsur kelenturan dan kecepatan berlari secara maksimal (explosive). Oleh sebab itu gerakan lompat kangkang bisa diklasifikasikan sebagai unsur kelincahan.

Lompat kangkang ialah jenis lompatan yang dilakukan dengan menggunakan peti loncat dengan posisi badan agak sedikit condong ke depan dan kedua kakinya terbuka (kangkang) ketika melewati peti lompat. Alat yang dipakai untuk peti lompat tersebut biasanya dikenal sebagai kuda-kuda lompat.

 


Teknik Lompat Kangkang

Teknik lompat kangkang umumnya dibagi menjadi beberapa jenis yaitu lompat kangkang dengan panggul ditekuk dan lompat kangkang dengan panggul lurus.

Adapun untuk melakukan kedua teknik tersebut berbeda-beda tekniknya. berikut teknik lompat kangkang yaitu :

Lompat Kangkang

1. Awalan Teknik Lompat Kangkang

Awalan adalah sebuah gerakan permulaan sebelum melakukan tolakan. Dimana awalan pada teknik lompat kangkang tidak terlalu jauh dengan melakukan teknik lompat jauh, bedanya yaitu bila lompat jauh, anda harus melakukan sprint dari awal, sedangkan lompat kangkang sprint dilakukan ketika mendekati sebuah titik tolakan. Adapun beberapa tahapan dalam melakukan awalan teknik lompat kangkang yaitu sebagai berikut :

  • pada tahapan awal berdirilah dengan jarak beberapa langkah dari peti tumpuan, biasanya berjarak antara 10 sampai dengan 15 meter.
  • Sesudah anda siap, berlarilah menuju peti tumpuan dengan menggunakan ujung kaki, dengan kepala tegak, dan pandangan lurus kedepan.
  • Lalu berlarilah dalam kecepatan sedang, ketika sudah mendekati peti tumpuan, percepat laju lari anda, sehingga anda dapat tenaga loncatan yang bagus.
Baca Juga  Gaya Lompat Tinggi

 


2. Tolakan Kaki Teknik Lompat kangkang

Selain mengangkang, dalam melakukan lompat kangkang, anda harus mencapai ketinggian yang diharapkan untuk mencapai peti tumpuan, dimana teknik ini mirip dengan teknik lompat tinggi. Sesudah melakukan awalan dengan berlari dan meningkatkan kecepatan lari saat mendekati peti tumpuan. Maka anda harus bersiap untuk meloncat dan menyiapkan tangan anda untuk selanjutnya melakukan tumpuan pada balok, agar meningkatkan gaya jangkau supaya dapat sampai pada seberang peti tumpuan. Adapun tahapan tolakan kaki dalam lompat kangkang yaitu sebagai berikut :

  • pertama yang anda lakukan fokus pada peti tumpuan
  • Lalu sedikit jongkokkan kaki anda, supaya mendapatkan tenaga pantulan yang bagus
  • Lakukan lompatan dengan menggunakan kaki, dengan tangan bersiap untuk menopang badan untuk memberikan lecutan ke depan.
  • Selanjutnya ketika dalam kondisi melayang antara tolakan kaki dan akan menumpukan tangan pada box tumpuan, terus condongkan sedikit badan anda dan julurkan tangan kedepan supaya tangan dapat meraih tumpuan untuk melakukan tolakan.

3. Sikap disaat diatas peti tumpuan Teknik Lompat Kangkang

Sesudah anda melakukan loncatan, secara otomatis tubuh anda akan terdorong keatas dan karena dorongan dari sikap awalan, akan membuat laju loncatan anda lebih maju kedepan. Ketika posisi tangan anda sudah mencapai pada peti tumpuan. Tahap selanjutnya yaitu sebagai berikut :

Lompat kangkang dengan panggul lurus

  • pertama-tama ketika tangan sudah menumpu pada peti tumpuan, usahakan posisi badan anda membentuk sudut antara 20 hingga 30 derajat ke depan.
  • Sesudah itu, kuatkan tangan untuk mengangkat tubuh anda, dan angkat panggul anda dan buka kaki anda, dan gunakan tangan untuk menopang tubuh dan lecutkan tubuh kedepan.
  • Lalu kaki melewati peti tumpuan, angkat tangan dari tumpuan dan luruskan badan anda kedepan.

 

Lompat kangkang dengan Panggul menekuk

  • Setelah melakukan sebuah tolakan pada kaki, angkat pinggul ke atas setinggi mungkin.
  • Ketika tangan anda sudah menyentuh peti tumpuan, selanjutnya yaitu tekuk panggul anda, dan buka kaki ada dengan menggerakkan kesamping (mengangkang)
  • Tolakkan tangan kearah depan dan angkat kepala dan dada ke atas
  • Sesudah kaki melewati peti tumpuan, luruskan panggul dan bersiaplah untuk mandarat.
Baca Juga  Teknik Tolak Peluru

4. Sikap Mendarat Teknik Lompat Kangkang

Setelah anda melewati peti tumpuan dengan berhasil, maka anda harus bersiap untuk melakukan sebuah pendaratan. Dan ini adalah tahapan terakhir dalam melakukan lompat kangkang. Dimana pendaratan ini cukup berbeda dengan teknik lompat harimau yang juga sama-sama sebagai locatan dalam senam ketangkasan. Berikut adalah langkah-langkah dalam melakukan pendaratan lompat kangkang.

  • Sesudah melakukan tolakan dengan tangan anda pada peti tumpuan, pindahkan beban dari berat badan ke depan, dengan cara mengayunkan pinggul dan tungkai ke depan.
  • Ketika pinggul nada dalam keadaan terdorong ke depan, kedua tungkai masih dalam posisi lurus di samping.
  • Sesudah kaki anda melewati peti tumpuan, segera majukan kaki anda ke depan dengan rapat dan lurus.
  • Jangkaukan kaki kedepan menuju tempat tumpuan dengan memberikan tenaga pada tangan untuk memberikan sebuah tenaga pada tubuh supaya tubuh dapat sampai depan.
  • Lalu lepaskan tumpuan tangan anda pada peti tumpuan dan bersiap mendarat
  • Selanjutnya dalam pendaratan hampir sama dengan teknik lompat jauh yaitu dengan menggunakan dua kaki. Dan ketika kaki sudah menyentuh tempat untuk mendarat, tekukkan lutut anda seperti pegas untuk mengurangi tekanan pada kaki, sehingga tidak terjadi cidera.
  • Terakhir tempat untuk mendarat biasanya menggunakan matras atau pasir sebagai pengaman.

 


Manfaat Lompat Kangkang

Dalam melakukan olahraga satu ini anda juga akan mendapatkan manfaat dari lompat kangkang, adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut :

1. Otot Lebih Kencang

Melakukan sebuah gerakan ini secara berulang dan terus menerus akan membuat sistem otot perut anda menjadi lebih kuat dan kencang karena terbiasa terlatih.

Jika otot perut kita kuat maka otot perut akan maksimal bekerja dalam mempertahankan postur tubuh supaya tetap tegak ketika berdiri atau duduk. Selain dari itu, menyeimbangkan tubuh saat berlari dan menyokong pergerakan organ bawah tubuh anda.

Baca Juga  Aktivitas Atletik Jalan Cepat

2. Menjaga keseimbangan tubuh

Manfaat yang kedua menjaga Keseimbangan tubuh adalah salah satu aspek penting semua orang dalam beraktivitas. Kondisi tubuh yang seimbang nantinya akan berdampak pada kegiatan keseharian yang cenderung lebih fokus.

Tentunya semua itu karena pembiasaan sikap lilin yang dilakukan secara rutin. Hasil dari sebuah gerakan mengangkat kaki ke atas membuat peredaran darah ke semua organ tubuh menjadi lebih lancar dan terkontrol.


3. Tubuh Jadi Lebih Indah

Bukan suatu hal yang mustahil bila kalian menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan indah. Tujuannya supaya meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian yang tinggi. Untuk mendapatkan itu cukup melakukan gerakan dengan rutin dan sungguh-sungguh, kalian akan merasakan hasilnya.


4. Membuat tubuh lebih lentur

Mempunyai badan lentur akan mempermudah kita dalam melakukan kegiatan sehari-hari. karena tubuh yang lentur mempunyai kelenturan tubuh yang menghasilkan otot yang sehat.

Sehingga mudah bergerak, dan tubuh pun jauh dari resiko cedera pada bagian persendian dan otot di sekitarnya. Tentu, tidak semua orang mempunyai tubuh lentur. Untuk mewujudkannya kalian bisa mencoba sebuah gerak dasar ini secara rutin.


5. Kebugaran

Tubuh yang bugar jelas akan membuat anda akan semakin bersemangat dalam melakukan kegiatan, serta kalian akan jauh dari penyakit. Supaya kesehatan tubuh terjaga, terhindar dari berbagai penyakit, baik penyakit yang ringan sampai penyakit yang berat (kronis).

Kalian bisa melakukan sebuah gerakan dasar secara rutin untuk menjaga kondisi tubuh supaya tetap fit sehingga bebas berkegiatan setiap harinya.


Itulah materi Lompat Kangkang : Pengertian, Teknik dan Manfaatnya Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :