Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu Olahraga Bulu Tangkis ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Ukuran Lapangan Bulu Tangkis. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Lengkap

 


Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Badminton atau yang disebut dengan bulu tangkis adalah salah satu permainan antara dua pemain baik itu satu lawan satu ataupun dua lawan dua dengan menggunakan sebuah raket dan shuttlecock

Olahraga bulu tangkis merupakan salah satu permainan yang diikutsertakan sebagai pertandingan dalam taraf Internasional, seperti pada olimpiade maupun Sea Games. Lebih dari itu juga banyak kejuaraan yang digelar untuk sebuah pertandingan Badminton atau Bulu Tangkis, tapi sebelum bertanding juga harus menguasai atau mengetahui ukuran lapangan bulu tangkis standar Nasional dan Internasional. Oleh karena itu disini akan menjelaskan ukuran lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

 


Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Internasional

Ukuran lapangan bulu tangkis yang ditetapkan dan ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang saat kini kita kenal dengan nama Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation).

Sedangkan di Indonesia yang berada dibawah naungan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia). Berikut ukuran internasional lapangan bulu tangkis yang ditetapkan oleh standar internasional yaitu :

Baca Juga  Peraturan Olahraga Tenis Lapangan
  • Panjang dari lapangan bulu tangkis yaitu 13,40 m
  • Lebar dari lapangan bulu tangkis yaitu 6,10 m
  • Jarak dari garis servis depan dari garis net yaitu 1,98 m
  • Jarak dari garis servis tengah dari garis samping lapangan yaitu 3,05 m
  • Jarak dari garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan yaitu 0,76 m
  • Jarak dari garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan yaitu 0,46 m
  • Tinggi dari tiang net yaitu 1,55 m
  • Tinggi net 1,52 m

Adapun untuk lapangan bulu tangkis yang berukuran kecil atau mini pada umumnya diperuntukkan untuk anak yang berumur di bawah 9 tahun ini berbeda dari ukuran yakni panjang lapangannya berukuran sekitar 10.05 meter, sementara untuk lebarnya yaitu 4,40 meter.

 


Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra atau Putri

Dalam permainan bulu tangkis terdapat dua partai permainan, yakni partai tunggal dan partai ganda, masih menggunakan lapangan yang sama tapi panjang dan lebar kedua pertandingan tersebut berbeda, pada ukuran lapangan bulu tangkis untuk pertandingan tunggal, bisa dilihat pada gambar dibawah berikut ini :

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra atau Putri

  • Panjang dari bidang lapangan permainan yaitu 13,40 m
  • Lebar dari bidang lapangan permainan yaitu 5,18 m
  • Panjang dari bidang lapangan penerima servis yaitu 4,77 m
  • Lebar dari bidang penerima yaitu servis : 2,59

 


Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Putra atau Putri dan Campuran

Setelah membahas ukuran lapangan bulu tangkis pada pertandingan tunggal sekarang untuk lapangan partai ganda ukurannya jauh lebih besar dibandingkan dengan pertandingan tunggal.

Pada permainan partai ganda ukuran lapangan yang dipakai yakni menggunakan garis terluar yang ada pada lapangan bulu tangkis, untuk detail ukurannya bisa dilihat dibawah berikut ini :

  • Panjang bidang lapangan permainan : 13,40 m
  • Lebar bidang lapangan permainan : 6,10 m
  • Panjang bidang lapangan penerima servis : 3,96 m
  • Lebar bidang lapangan penerima servis : 3,05 m
Baca Juga  Teknik Dasar Permainan Softball

Tampak jelas bahwa perbedaan ukuran dari bidang permainan partai tunggal dengan partai ganda, pada permainan partai ganda menggunakan garis terluar pada lapangan bulu tangkis sehingga ukurannya sedikit lebih besar.

Meski mempunyai ukuran bidang permainan yang lebih besar tapi panjang bidang permainan tetaplah sama yakni 13,40 m. yang perlu diperhatikan yaitu panjang dan lebar bidang penerimaan servis diantara keduanya sangatlah berbeda.

Untuk pemain yang usianya dibawah 9 tahun, maka ukuran lapangan bulu tangkis yang digunakan yaitu panjang 10,05 m sedangkan untuk lebarnya yaitu 4,40 m.

 


Area Permainan dan Servis Badminton

Area Permainan dan Servis Badminton

Pada area servis yang digunakan dalam pertandingan bulu tangkis match tunggal dengan match ganda berbeda, Bila Pada match tunggal area servis yang digunakan yaitu garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar sehingga mempunyai ukuran lebar yaitu 5,18 meter dan panjang yaitu 13,40 meter.

Sedangkan pada match ganda yang digunakan yaitu garis samping bagian dalam dengan garis belakang bagian luar yang sehingga mempunyai ukuran lebar 6,10 meter dan panjangnya yaitu 11,88 meter.

Dalam permainan bulu tangkis untuk mengetahui ukuran bidang area servis sangatlah penting dikarenakan sangat erat kaitannya dengan peraturan untuk mendapatkan poin, Bila anda salah mengarahkan bola dari garis yang  sudah ditentukan maka lawan akan mendapatkan poin tambahan.

 


Ukuran Net Bulu Tangkis

Ukuran Net Bulu Tangkis

Sama seperti dengan ukuran lapangan bulu tangkis yang sudah ditentukan berdasarkan standar nasional maupun internasional ukuran net serta warnanya pun sudah ditentukan, berikut ukuran net bulu tangkis sesuai standar. yaitu sebagai berikut

  • Net bulu tangkis wajib berwarna gelap
  • Kecuali bagian bibir jaring harus berwarna putih dengan ketebalan yaitu 75 mm.
  • Pada lebar net bulu tangkis yaitu 0,75 m dengan panjang yaitu 6,10 m.
  • Pada tinggi tiang net yaitu 1,5 m
Baca Juga  Tujuan dan Manfaat Olahraga

 


Itulah materi Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :