Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui apa itu pendidikan jasmani ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang pengertian pendidikan jasmani menurut para ahli. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

 

Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli Lengkap


Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli

Pengertian penjas secara umum adalah salah satu bagian integral yang mempnyai sebuah sistem pendidikan secara keseluruhan sehingga mampu melaksanakan pendidikan jasmani sesuai dengan tujuan pendidikan tersebut dan mampu melakukan kegiatan jasmani untuk mengembangkan potensi hehidupan. Adapun pengertian pendidikan jasmani yang sudah dikemukakan para ahli, yaitu sebagai berikut :

1. Depdiknas

Menurut Depdiknas Pengertian pendidikan jasmani merupakan proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang sudah direncanakan secara sistematik yang bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan manusia secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif dan emosional dalam kerangka suatu sistem pendidikan nasional.


2. UNESCO

Menurut Unesco pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan individu atau masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai aktivitas jasmani dalam rangka meningkatkan sebuah kemampuan dan keterampilan jasmani, serta pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan watak.

Baca Juga  Olahraga Push Up

3. Rosdiani

Menurut Rosdiani pendidikan jasmani adalah suatu proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang disusun secara sistematik untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neumuskuler, kognitif, perseptual dan emosional kaitannya dengan kerangka sistem pendidikan nasional.


4. Jackson R. Sharman

Menurut Jackson R. Sharman pendidikan jasmani merupakan bagian pendidikan yang berlangsung melalui kegiatan  yang melibatkan mekanisme motorik manusia yang menghasilkan sebuah pola perilaku manusia.


5. Aip Syarifudin, dkk.

Menurut Aip Syarifudin pendidikan jasmani adalah suatu proses melalui kegiatan jasmani yang dirancang dan disusun dengan sistematik guna merangsang pertumbuhan dan perkembangan, meningkatkan kemampuan dan keterampilan jasmani, kecerdasan dan pembentukan watak, serta nilai yang positif bagi setiap warga negara dalam mencapai tujuan pendidikan.


6. Badan Standar Nasional Pendidikan

Menurut BSNP pendidikan jasmani merupakan suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik individu, pengetahuan dan perilaku hidup yang sehat dan aktif, sikap sportif serta kecerdasan emosi


7. Firmansyah

Menurut Firmansyah bahwa pendidikan jasmani merupakan suatu proses pendidikan yang melibatkan interaksi peserta didik dengan lingkungan melalui kegiatan jasmani yang secara sistematik kearah pembentukan manusia seutuhnya.


8. Barrow

Menurut Barrow pendidikan jasmani adalah sebagai pendidikan melalui kegiatan gerak individu dimana banyak dari tujuan pendidikan yang dicapai melalui aktivitas otot besar yang melibatkan olahraga, senam, tari, permainan dan latihan.


9. Dauer dan Pangrazi

Menurut mereka Pendidikan jasmani adalah fase program pendidikan secara keseluruhan yang memberikan kontribusi yang paling utama melalui pengalaman gerak, untuk pertumbuhan dan perkembangan secara utuh kepada tiap anak.


10. Nash

Menurut Nash pendidikan jasmani dapat diartikan sebagai fase dari pendidikan keseluruhan dan memberikan sumbangan kepada semua tujuan dari pendidikan.

Baca Juga  Komponen Kebugaran Jasmani

11. Samsudin

Menurut Samsudin pendidikan jasmani adalah suatu proses pembelajaran melalui aktivitas jasmani yang dirancang untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif serta kecerdasan emosi.


12. Mulyanto

Muyanto Mendefinisikan pendidikan jasmani sebagai suatu proses belajar untuk bergerak dan belajar melalui gerak.


13. Nixom dan Cozens

Menurut Mereka pendidikan jasmani merupakan fase seluruh proses pendidikan yang berhubungan dengan kegiatan dan respon otot yang giat dan terkait dengan perubahan yang sudah dihasilkan oleh individu dari respons tersebut.


14. Jesse Fiering Williams

Menurut Jesse pendidikan jasmani adalah kegiatan fisik yang sudah dipilih dan dilakukan untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan.


15. Arma Aboellah

Menurut Arma Aboellah pendidikan jasmani sebagai bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan lewat kegiatan jasmani yang memiliki tujuan mengembangkan manusia secara organik, neuro muscular, emosional dan intelektual.


16. Bucher

Menurut Bucher pendidikan jasmani adalah bagian integral dari proses pendidikan secara keseluruhan. Proses pendidikan melalui kegiatan fisik yang dipilih untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan organik, neuro muscular, interperatif, sosial dan emosional.


17. Siedentop

Menurut Siedentop Menjelaskan pendidikan jasmani merupakan pendidikan dari, tentang dan melalui kegiatan jasmani.


18. Rink

Menurut Rink pendidikan jasmani merupakan pendidikan melalui fisikal. Kontribusi unik pendidikan jasmani terhadap pendidikan secara umum adalah perkembangan tubuh secara menyeluruh melalui kegiatan jasmani.


Itulah materi Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :