Olahraga Lari Maraton

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada materi kali ini akan membahas materi olahraga lari maraton, yang akan kelaspjok.com bahas dengan jelas mulai dari pengertian, teknik, sejarah, manfaat serta tujuan dari olahraga maraton ini.

Apa itu lari maraton ?. Siapa yang tidak tahu tentang olahraga satu ini, olahraga lari maraton sangat populer di setiap kalangan dan di gemari karena tidak butu peralatan khusus untuk melakukannya dan mudah untuk dilakukan.

Olarahraga lari maraton adalah lari dengan jarak yang jauh dengan jarak 42,195 kilo meter. sehingga di butuhkan ketahanan fisik yang sangat kuat bagi seorang atlet dalam melakukan perlombaan olahraga lari maraton.

Apasaja yang ada dalam oalahraga lari maraton, langsung saja simak ulasan lengkap nya di bawah ini.
Berikut ulasannya :


Definisi Lari Maraton

Definisi Lari Maraton

Olahraga Lari Maraton adalah salah satu cabang olahraga atletik yang di lakukan dengan jarak 42,192 kilo meter yang di mulai dari garis star dan di akhiri dengan garis finis.

Dalam melakukan olahraga lari maraton ini tentu harus memiliki dayatahan tubuh serta fisik yang kuat dan terlatih apabila di lakukan dalam perlombaan, karena mengingat jarak dalam olahraga maraton ini sangat jauh.

Maka dari itu guna menunjang olahraga lari maraton ini tentu kamu perlu melakukan latihan-latihan yang menunjang serta asupan makanan yang dapat memenuhi gizi yang baik sehingga kamu dapat melakukan olahraga lari maraton ini dengan baik.


Teknik Dasar Lari Maraton

Sama seperti halnya dalam melakukan olahraga lainnya, dalam olahraga lari maraton ini memiliki teknik dasar yang perlu kamu pahami.

Baca Juga  Olahraga Dayung

Langsung saja simak penjelasannya dibawah ini :

1. Teknik Start

Teknik start merupakan teknik awalan sebelum melakukan lari maraton, ada beberapa tahapan dalam melakukan teknik start ini yang menunjang keberhasilan teknik start kamu.

Berikut tahapan teknik start dalam olahraga lari maraton :

a. Tahap Pertama

Tahap persiapan, untuk melakukannya ada penggunaan hitungan satu. Setelah itu pelari bersiap dengan tubuh menghadap arah tujuan lari sambil lutut direndahkan. Dalam tahapan ini, pastikan bahwa pandangan lurus ke depan.

b. Tahap Kedua

Teknik dalam keadaan siap seperti pada hitungan atau aba-aba dari hakim garis start.

c. Tahap Ketiga

Teknik dalam keadaan berlari dengan kaki ke depan dan hitungan du mulai seharusnya sudah mulai berlari.

2. Teknik Berlari

Dalam teknik berlari ini, perlu memperhatikan posisi tubuh yang benar, tubuh juga harus kuat agar mendapatkan teknik berlari yang benar.

a. Langkah Kaki

suatu hal yang dianggap paling efisien dalam olahraga ini sehingga dapat membantu setiap pelari dengan gerakan cepat membuat fisik lebih cepat lelah.

b. Postur Tubuh

Kekuatan saat berlari yang ditentukan postur tubuh selama berlari sehingga dapat melakukannnya dengan baik.

c. Gerakan Tubuh

Selanjutnya hal yang paling penting dalam olahraga ini adanya gerakan tubuh yang baik.

d. Pinjakan Kaki

Pijakan kaki merupakan poin vital setiap karena seorang pelari harus memfokuskan pada posisi injakan yang harus di perhatikan sewaktu berlari karena melangkah agak lebih ke depan dengan stride pendek.

e. Titik Pinjakan

Titiki pijakan pada telapak kaki akan menjadi pemicu otot betis yang lebih kuat sehingga pelari dapat berlari dengan cepat.

f. Gerakan Lengan

Teknik gerakan yang di lakukan oleh tubuh pada saaat lari maraton karena gerakan lengan harus diperhatikan untuk menyeimbangkan gerakan kaki, kamu perlu menyeimbangkan irama ayunan lengan sehingga dapat mempengaruhi dalam berlari.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas X Semester Ganjil

3. Teknik Memasuki Garis Finish

Setelah kamu memahami teknik awalan start dan teknik berlari, selanjutnya kamu perlu memahami teknik cara memasuki garis finish. Dalam teknik ini merupakan momen akhir yang menentukan pada posisi berapa kamu memasuki garis finish.

Pada saat kamu memasuki garis finish, sangat dianjurkan untuk pelari membusungkan dada ketika masuk ke garis finish karena untuk menentukan pemenang dalam perlombaan olahraga lari maraton.


Sejarah Olahraga Lari Maraton

Lari maraton merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 42,195 kilometer. Olahraga atletik ini ternyata bermula dari sejarah bangsa Yunani.

Pada tahun 490 SM terjadi sebuah pertempuran Maraton oleh tentara Yunani melawan pasukan Persia di Teluk Marathon.

Pertempuran itu dimenangkan oleh Yunani dan di dalam peristiwa itu ada seorang pembawa pesan bernama Pheidippides. Setelah ia menyampaikan pesan Pheidippides pun meninggal karena kelelahan. Guna menghargai perjuangannya pun di bentuk lah olimpiade olaraga lari maraton.

Olahraga lari maraton ini telah di kenal luas di berbagai negara sampai ke penjuru dunia, ini di karenakan telah banyak orang yang menyukai olahraga ini dalam Olimpiade di era modern disebut dengan Marathon.


Manfaat Olahraga Lari Maraton

Sama seperti setiap olahraga lainnya, tentu dalam melakukan olahraga lari maraton ini juga memiliki segudang manfaat yang dapat kamu rasakan bila kamu melakukannya dengann rutin dan teratur serta diimbangi dengna makann seta istirahat yang cukup.

Apa saja manfaat yang terkandung dalam olahraga lari maraton ini.

Berikut manfaat yang terkandung dalam olahraga lari maraton :

  1. Menguatkan Otot dan Tulang Kaki
  2. Meningkatkan Stamina dan Daya Tahan Tubuh
  3. Manfaat Psikologis
  4. Membakar Kalori
  5. Meningkatkan Kesehatan Jantung
  6. Melatih Pernapasan
Baca Juga  Peraturan Lompat Jauh

Baiklah itu tadi ulasan lengkap materi “Olahraga Lari Maraton“, yang telah diulas dengna jelas mulai dari pengertian, sejarah, manfaat serta teknik dalam melakukan olahraga lari maraton. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugs-tugas olahraga serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah tentang olahraga lari maraton. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Arikel Ini :