Cabang Olahraga

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui apa saja jenis jenis dari Cabang Olahraga ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Cabang Olahraga. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Cabang Olahraga

 

Cabang-Cabang Olahraga

Olahraga mengandung kata dasar olah dan raga. Olah merupakan suatu proses aktivitas, sedangkan raga yaitu badan atau tubuh. Jadi, olahraga bisa diartikan sebagai suatu aktivitas menggerakan seluruh atau sebagian tubuh baik untuk kesehatan maupun hiburan.

Olahraga juga sering diartikan sebagai suatu kegitan yang melibatkan pengerahan tenaga fisik dan pikiran untuk melatih tubuh manusia baik secara jasmani maupun rohani.

Ada begitu banyak jenis olahraga yang bisa anda lakukan. Setiap jenis olahraga tersebut memiliki tantangan dan aturan tersendiri dalam permainan. Semuanya dapat di pilih sendiri sesuai hobi dan tujuan masing-masing.

Diantara semua olahraga-olahraga, ada olahraga yang sangat menantang untuk dilakukan. Olahraga semacam skydiving, bungee jumping ataupun arum jeram. Sangat cocok dilakukan oleh anda yang menyukai tantangan.

Secara umum, selain bermanfaat untuk kesehatan olahraga juga dapat dijadikan sumber penghasilan atau pekerjaan. Anda bisa menjadi atlit olahraga dan tentu saja jika anda dapat menjuarai kejuaraan tertentu ada hadiah dan bonus yang anda dapatkan.

Jenis olahraga itu banyak sekali. Tapi, ada beberapa diantara jenis olahraga mempunyai cabang-cabang tersendiri dan biasa dipertandingkan dalam event besar misalnya sea games, asian games ataupun olimpiade. Adapun berikut cabang-cabang olahraga tersebut yaitu :

1. Sepak Bola

Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga permainan yang menggunakan bola dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Satu orang bertugas sebagai penjaga gawang dan lainnya menjadi pemain, di mana ada yang menempati posisi kiper, Bek, Gelandang dan penyerang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini sudah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara. Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia.

Dalam permainan sepak bola yang berhak untuk menyentuh bola hanya penjaga gawang saja. Penjaga gawang bisa menyentuh bola dengan tangan atau lengan, dan itu pun hanya dibolehkan di dalam daerah gawangnya. Bila penjaga gawang menyentuh bola di luar daerah gawangnya, maka dianggap pelanggaran.

Sedangkan 10 (sepuluh) pemain yang lain hanya dibolehkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan. Bila 10 pemain tersebut menggunakan tangan, bisa dikatakan handsball dan termasuk jenis pelanggran. Biasanya 10 pemain tersebut menggunakan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan dinyatakan sebagai pemenang. Bila hingga waktu berakhir skor antara satu tim dan tim lainnya sama, maka akan dilakukan sebuah perpanjangan waktu dan bila skor masih imbang, dilanjutkan dengan adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan itu sendiri.

Baca Juga  Peraturan Lari Jarak Pendek

 


2. Bola Basket

Bola Basket

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga bola yang berkelompok. Setiap tim bola basket terdiri dari 5 orang. Kelima orang ini akan bekerja sama untuk memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke ring dari tim lawan. Tim yang mampu mencetak poin lebih banyak pada ring lawan akan keluar sebagai pemenangnya.

Bola basket ini biasanya dimainkan di indoor dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil bila dibandingkan dengan olahraga sepak bola, oleh sebab itu sangat cocok untuk ditonton secara langsung dengan lebih santai. Selain itu, bola basket juga mudah untuk dipelajari karena bentuk bolanya yang besar, sehingga bagi yang baru pertama kali belajar bola basket tidak akan sulit karena ukuran bolanya yang besar.

 


3. Bola Voli

Bola Voli

Bola voli adalah olahraga permainan yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing tim terdiri dari 6 orang. Ada juga variasi permainan bola voli ini. Variasi tersebut yaitu voli pantai. Bedanya, voli pantai tidak dimainkan oleh 6 orang, tetapi hanya 2 orang saja.

Dalam permainan bola voli dilakukan dengan menggunakan tangan. Tujuan utama dari permainan olahraga bola voli ini yaitu memukul bola permainan melewati jaring atau net supaya jatuh di bidang permainan lawan yang ukurannya memang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.


4. Bulu Tangkis (Badminton)

Bulu Tangkis (Badminton)

Bulu tangkis atau disebut juga badminton merupakan salah satu cabang olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang pada sektor tunggal atau dua pasangan pada sektor ganda. Permainan bulu tangkis bertujuan untuk memukul bola yang disebut juga dengan kok atau shuttlecock. Bola ini harus bisa melewati net dan jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Pemain atau pasangan pemain dinyatakan memenangkan pertandingan bila sudah memenangkan 2 set permainan. Bila kamu memenangkan set pertama dan lawan memenangkan set kedua maka akan ada tambahan set ketiga yang menentukan siapa pemenangnya. Hal ini disebut dengan rubber game.

Induk organisasi internasional dari bulutangkis yaitu BWF atau Badminton World Federation. Sedangkan untuk Induk organisasi bulutangkis di Indonesia yaitu PBSI atau persatuan bulutangkis seluruh Indonesia. Bulutangkis juga dipertandingkan pada ajang-ajang olahraga besar semisal olimpiade, Asian games atau skala regional seperti sea games.

Beberapa perlombaan bulutangkis yang terkenal dan bergengsi yaitu all England dan kejuaraan dunia. Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, antara lain tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.


5. Tenis

Tenis

Tenis, sama halnya sepeti bulu tangkis, yaitu olahraga yang dimainkan antara dua pemain untuk sektor tunggal atau antara dua pasangan untuk sektor ganda yang tentu saja saling berlawanan. Setiap pemain menggunakan raket untuk memukul bola yang terbuat dari karet. Tenis, seperti halnya dengan bulu tangkis, yaitu salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade. Tenis juga bisa dimainkan pada semua tingkat masyarakat di segala usia.

 


6. Tenis Meja

Tenis Meja

Tenis Meja, atau yang juga sering disebut dengan ping pong, adalah olahraga yang dimainkan oleh dua orang baik untuk permainan tunggal atau dua pasangan pada sektor ganda secara berlawanan. Permainan tenis meja ini menggunakan bat. Bat yaitu adalah sebuah raket kecil yang terbuat dari papan kayu dan bat sendiri dilapisi olaeh bahan karet diluarnya. Tenis meja juga membutuhkan sebuah bola pingpong dan lapangan permainan yang berbentuk meja dan ada net di tengah meja tersebut. Induk Olahraga tenis meja di Indonesia adalah PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) dan di dunia adalah ITTF (International Table Tennis Federation).

Baca Juga  Aktivitas Atletik

 


7. Tinju

Tinju

Tinju merupakan salah satu perpaduan antara olahraga dan seni bela diri yang mempertandingkan dua peserta dengan berat dan kelas yang sama untuk bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian ronde. Pengertian ronde di sini yaitu pertandingan berinterval satu atau tiga menit. Dalam pertandingan tinju, atlet menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya bisa mendaratkan pukulan mereka sendiri ke arah lawannya.

 


8. Cabang Olahraga Akuatik

Olahraga Akuatik

Satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Sea Games adalah cabang olahraga akuatik. Cabang olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang semuanya berkaitan dengan air. Jadi cabang olahraga seperti berenang, polo air, lompat indah, dan masih banyak olahraga air lainnya pun diikutkan dalam Sea Games. Seperti diketahui setiap olahraga tersebut biasanya akan dibagi menjadi beberapa nomor pertandingan yang berbeda sesuai karakteristiknya.

 


9. Cabang Olahraga Panahan

Olahraga Panahan

Seperti diketahui cabang olahraga panahan adalah cabang olahraga yang dipertandingkan baik oleh perorangan maupun regu. Pertandingan panahan ini adalah pertandingan yang diadaptasi dari kebiasaan memburu manusia bahkan sejak 5000 tahun yang lalu. Cabang panahan ini diperlombakan dengan nomor yang berbeda-beda. Berbagai perlombaan panahan dilakukan dengan alat panah dan busur yang ditargetkan pada target yang berbeda beda jaraknya, bergantung pada nomor olahraga panahan itu sendiri.

 


10. Cabang Olahraga Atletik

Olahraga Atletik

Pertandingan olahraga di belahan bumi manapun, pastinya tidak akan pernah meninggalkan pertandingan atletik. Seperti diketahui, cabang olahraga atletik adalah cabang dengan nomor pertandingan terbanyak dalam pertandingan olahraga. Berbagai pertandingan atletik mulai dari berlari, melompat, melempar, dan masih banyak nomor pertandingan lainnya. Sebagai pertandingan yang populer di dunia, tentu sangat disayangkan bila tidak ada atlet dari Asia Tenggara yang dapat mewakili di nomor atletik. Oleh karena itu, Sea Games pun terus mempertahankan cabang olahraga ini sebagai cabang olahraga yang pasti dipertandingkan setiap perhelatannya. Jadi cabang olahraga atletik ini pun sering disebut sebut tempat untuk mendapatkan medali terbanyak untuk diperebutkan.

 


11. Cabang Olahraga Senam

Olahraga Senam

Tahukah anda bahwa senam pun juga turut dipertandingkan dalam perhelatan Sea Games. Senam adalah olahraga yang dilakukan dalam urut urutan gerakan untuk melatih fisik juga otot. Olahraga senam ini dipertandingkan juga dalam beberapa nomor yang berbeda. Sehingga, setiap nomornya menghasilkan pemenang yang berbeda juga.


12. Cabang Olahraga Karate

Olahraga Karate

Karate merupakan olahraga bela diri dari negara Jepang yang dipertandingkan pada ajang Sea Games. Sebenarnya cabang olahraga karate ini tidak hanya populer untuk masyarakat Asia. Dengan berdasarkan data yang didapatkan, negara negara bagian barat juga banyak yang menggunakan karate sebagai cara bela dirinya. Karena itu olahraga karate dan sejarahnya tergolong populer hingga saat ini.

Baca Juga  Aktivitas Atletik Jalan Cepat

 

 


13. Cabang Olahraga Judo

Olahraga Judo

Judo adalah cabang olahraga bela diri yang juga dipertandingkan selama Sea Games berlangsung. Olahraga Judo ini diketahui adalah jenis olahraga yang dipopulerkan oleh masyarakat Jepang. Hanya sedikit saja perbedaan jurus yang digunakan dengan olahraga bela diri lainnya. Itu sebabnya menjadi menarik juga untuk bisa menyaksikan pertandingannya.

 

 


14. Cabang Olahraga Pencak Silat

Olahraga Pencak Silat

Olahraga pencak silat merupakan satu lagi jenis olahraga bela diri, selain beberapa jenis olahraga bela diri populer lain di pertandingan Sea Games. Pencak silat ini adalah bela diri yang asli berasal dari Indonesia, sehingga malu rasanya bila Indonesia tidak da pat memenangkan pertandingan ini

 


15. Cabang Olahraga Sepak Takraw

Olahraga Sepak Takraw

Sepak takraw merupakan olahraga yang mirip seperti sepak bola, hanya saja menggunakan net dan lapangannya pun lebih kecil dari lapangan pada umumnya. Jenis olahraga sepak takraw ini adalah olahraga yang juga tidak kalah seru untuk dipertandingkan. Keunikan lain dari permainan ini yaitu bola yang digunakan terbuat dari bahan seperti kayu.

 


16. Cabang Olahraga Taekwondo

Olahraga Taekwondo

Sebelumnya sudah menjelaskan olahraga beladiri yang lainnya, selanjutnya olahraga bela diri yang dipertandingkan di Sea Games selain bela diri yang lainnya yaitu taekwondo. Taekwondo merupakan olahraga bela diri asal negeri Korea yang juga banyak dipertandingkan di tingkat dunia. Termasuk juga dalam pertandingan Sea Games yang mempertandingkan taekwondo secara rutin.


17. Cabang Olahraga Angkat Besi

Olahraga Angkat Besi

Olahraga angkat besi merupakan salah satu nomor penyumbang wajib medali emas untuk Indonesia. Cabang ini mempertandingkan atlet dengan suatu kemampuan mengangkat beban paling berat. Bila pemain tersebut bisa mengangkat beban terberat, maka akan dinyatakan pemenangnya. Oleh karena itu, atlet angkat besi biasanya yaitu atlet atlet dengan otot yang besar besar.

 


18. Cabang Olahraga Wushu

Olahraga Wushu

Wushu merupakan cabang olahraga beladiri. Olahraga wushu ini diketahui yang memiliki jurus jurus tertentu untuk melumpuhkan lawan. Indonesia pun diketahui cukup langganan menyabet medali emas dari nomor pertandingan ini.

 


19. Renang

Renang

Olahraga air satu ini memang cukup menyenangkan tetapi bila anda tidak menguasai tekniknya maka akan berujung fatal ketika terjadi kram di dalam kolam. Ada berbagai jenis gaya renang yang dapat dicoba dan tentunya mempunyai tantangannya sendiri-sendiri.

Jenis olahraga ini banyak juga disarankan untuk orang yang ingin menambah tinggi badan atau sedang menurunkan berat badan karena  jenis olahraga ini yang mampu membakar cukup banyak kalori.

 


20. Cabang Olahraga Golf

Olahraga Golf

Golf merupakan olahraga yang cukup eksklusif dalam masyarakat. Tapi ternyata olahraga ini pun ada nomor pertandingannya dalam pertandingan Sea Games. Pertandingan golf dilakukan dalam beberapa nomor pertandingan. Tujuan dari olahraga golf ini dilakukan untuk memasukkan bola golf (kecil) ke dalam lubang yang ada di jarak jauh.


Itulah materi Cabang Olahraga dan Penjelasannya + Gambar Terlengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :