Cabang Olahraga Akuatik

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu Cabang Olahraga Akuatik ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Cabang Olahraga Akuatik. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Cabang Olahraga Akuatik

 


Cabang Olahraga Akuatik

Secara sederhana, olahraga akuatik adalah segala macam atau jenis olahraga yang kegiatannya yang berhubungan dengan air. Bila melihat dari definisinya, maka kita dapat melihat ada cukup banyak olahraga yang berhubungan dengan air. Adapun beberapa jenis olahraga akuatik yaitu sebagai berikut :

 

1. Renang

Renang

Renang adalah sebuah gerakan tubuh yang melintas di dalam air dengan menggunakan anggota tubuh yaitu dengan tangan dan kaki. Tujuan renang sendiri yaitu untuk berpindah tempat saat berada di dalam air. Seperti layaknya anda berjalan saat anda di darat. Berenang adalah salah satu olahraga favorit dan di anjurkan kepada semua orang, dikarenakan olahraga yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita yang susah kita temukan di olahraga lainya.

 


2. Renang Indah

Renang Indah

Renang Indah adalah salah satu cabang olahraga air yang madukan unsur renang dan di kolaborasikan dengan tarian dan juga senam. Olahraga ini bisa di mainkan dalam bentuk regu tunggal ataupun bertiga. Olahraga ini juga memadukan antara kekuatan fisik dan juga keluwesan. Penilaian dalam olahraga ini yaitu dengan nilai seni dan juga kemampuan menahan nafas di dalam air.

Olahraga ini sudah lama berkembang di Negara kanada pada awal tahun 1900 an akan tetapi olahraga ini hanya di gemari oleh kaum wanita saja. Agar bisa menjadi seorang atlet renang indah anda harus memiliki kekuatan fisik dan kelenturan tubuh seperti aerobic. Olahraga renang indah ini juga berada dalam naungan FINA atau federasi renang internasional.

Baca Juga  Olahraga Dayung

 


3. Surfing / selancar

Surfing

Selancar adalah salah satu olahraga yang di mainkan di pantai dengan menggunakan ombak yang tinggi. Olahraga ini di mainkan menggunakan papan selancar untuk melakukan maneuver-maneuver di atas ombak. Papan tersebut akan di gerakan oleh ombak akan tetapi arahnya akan di kendali kan oleh peselancarnya itu sendiri. Olahraga ini juga tergolong dalam olahraga ekstrem karna bisa memacu adrenaline dan anda juga di paksa untuk menjaga keseimbangan tubuh di atas ombak.


4. Flyboard

Flyboard

Flyboard merupakan salah satu olahraga air yang saat ini cukup nge-trend terutama dikalangan anak muda. Olahraga ini mungkin dapat dibandingkan dengan wakeboard dan olahraga air lainnya yang sejenis.

Flyboard merupakan kombinasi dari jet ski, ski air, snowboard, dan acrobatic dive yang pertama kali diperkenalkan oleh Franky Zapata, seorang pria asal Prancis dan merupakan mantan atlet jet ski profesional.

Flyboard terhubung dengan dengan pipa sepanjang 18 meter ke PWC/ personal water craft, dan nozzle yang ada dibawah kaki dapat menerbangkan pengendaranya hingga ketinggian 15 meter.

Untuk bisa menikmati olahraga yang seru satu ini, Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menyewa alatnya. Selain itu, mental juga adalah sesuatu yang perlu disiapkan.

 


5. Polo air

Polo air

Polo air adalah salah satu olahraga air yang biasanya di mainkan dengan beregu. Olahraga ini juga di anggap sebagai perpaduan antara renang, sepak bola, gulat , dan juga teknik dasar bola basket shooting. Meskipun bila kita lihat dengan seksama olahraga ini sangat menyenangkan dan menarik akan tetapi ternyata olahraga ini belum di kenal banyak orang.

Satu tim polo air akan terdiri dari enam orang pemain dan satu orang pemain berperan sebagai penjaga gawang. Olahraga ini juga memiliki peraturan yang hampir mirip dengan peraturan permainan sepak bola. Tim yang memasukan maka akan mendapat 1 poin. Olahraga ini juga adalah salah satu olahraga yang di tandingkan di Indonesia, bahkan olahraga ini juga di pertandingkan di pekan olahraga nasional atau PON pertama kali pada tahun 1948.

Baca Juga  Struktur Otot

 


6. Arum Jeram

Arum Jeram

Arum jeram adalah salah satu aktivitas yang memadukan unsur olahraga , edukasi, petualangan dan juga rekreasi. hal itu membuat arum jeram sangat di minati dan menyenangkan. Olahraga ini biasanya dimainkan dengan menggunakan boat karet , dayung dan kano. Olahraga ini termasuk dalam olahraga exstrem yang bisa menguji nyali dan memiliki resiko yang cukup besar.

 


7. Kano

Kano

Kano merupakan sebuah perahu kecil yang di gerakan menggunakan tenaga manusia. Kano memiliki kedua ujung yang berbentuk lancip dan pada bagian atasnya terbuka, akan tetapi bagian atas bisa juga di berikan penutup tergantung dari keinginan si pemakai. Kano digerakan menggunakan tenaga manusia dengan cara mendayung atau megayuhnya.

 


8. Snorkeling

Snorkeling

Snorkeling adalah salah satu olahraga berenang atau menyelam yang menggunakan peralatan seperti masker dan juga snorkel. Selain itu snorkeling juga menggunakan kaki kata supaya bisa bergerak lincah saat berada di dalam air. Olahraga ini bisa di mainkan oleh semua orang akan tetapi wajib harus bisa berenang. Ketika menyelam pada daerah yang suhunya rendah penyelam juga bisa menggunakan baju selam supaya tubuhnya tetap hangat, selain itu baju selam juga bisa melindungi tubuh kita dari batu karang.

 


9. Ski Air

Ski Air

Ski air merupakan olahraga yang di mainkan di permukaan air, dengan menggunakan sebuah papan yang di Tarik dengan perahu. Selain papan anda juga bisa menggunakantubin. ujuan dari penggunan tubing ini yaitu untuk melatih keseimbangan para pemula. Olahraga ini pertama kali dimainkan oleh orang Ralph Samuelson pada tahun 1922-an, ralph bermain dengan menggunakan sebuah drum dan kayu yang di Tarik oleh sebuah perahu.

Baca Juga  Teknik Renang Gaya Dada

 


10. Selam Scuba

Selam Scuba

Olahraga ini adalah kebalikan dari selam bebas, yakni si penyelam akan menyelam dengan menggunakan peralatan menyelam yang lengkap. Supaya bisa bertahan di dalam air dengan waktu yang lama maka si penyelam akan membawa tabung oksigen, dan penyelam juga bisa membawa alat penerangan untuk menerangi pandangan mereka karna pada dasarnya scuba adalah menyelam pada goa-goa bawah air atau area lainya. Dalam selam scuba kita juga harus mengerti cara bernafas, anda bisa latihan cara bernafas dengan menggunakan cara bernafas saat berlari karna caranya hampir sama.

 


11. Selam Bebas

Selam Bebas

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini, ya selam bebas juga termasuk dalam salah satu olahraga air. Selam bebas adalah menyelam tanpa menggunakan alat bantu apapun, olahraga ini bergantung dengan kemampuan penyelam untuk menahan nafasnya di dalam air. Semakin lama si penyelam menahan nafas maka semakin lama juga anda bisa menikmati pemandangan bawah laut. Akan tetapi selam bebas ini termasuk olahraga yang ekstreem karna memiliki resiko yang besar. Selam bebas juga memerlukan latihan fisik, latihan fisiknya hampir sama dengan latihan fisik sepak bola.

 


12. Memancing

Memancing

Siapa sangka memancing ternyata juga termasuk dalam salah satu olahraga air. Banyak orang yang memiliki hobi memancing atau malah sudah profesinya menjadi pemancing. Memancing adalah aktivitas menangkap ikan di pinggir atau di tengah laut, sungai , danau, dan juga peraiaran lainya yang ada ikannya. Akan tetapi tidak setiap anda memancing anda sudah pasti mendapatkan hasil ikan yang banyak semua itu tergantung skill dan perlengkapan yang anda gunakan.


Itulah materi Cabang Olahraga Akuatik Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :