Kebugaran Jasmani

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Kali ini kelaspjok akan membahas materi kebugaran jasmani, apa itu kebugaran jasmani. Tanpa di sadari kamu sering melakukan aktivitas kebugaran jasmani.
Kebugaran jasmani merupakan kemampuan seseorang dalam melaukan aktivitas sehari-harinya dengan mudah tanpa melakukan kesulitan dan kelelahan yang berarti, dan masih mampu untuk melakukan aktivitas lainnya.

Untuk memahami lebih lanjutnya lagi mengenai kebugaran jasmani dan apa gerakan apa saja yang menunjang dalam melakukan kebugaran jasmani, mari simak materi lengkapnya di bawah ini :


Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

kebugaran jasmani merupakan kegiatan keseharian yang sering di lakukan yang menjadikan jasmani semakin sehat, segar dan bugar.
Pada setiap individu tentu memiliki tingkat kebugaran jasmani yang berbeda. tingkat kebugaran jasmani ini dapat di tingkatkan dengan beberapa program latihan yang dilakukan secara rutin, serta diimbangi dengan makanan yang sehat dan bergizi.

Kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik yang dimiliki seseorang untuk melakukan aktivitas tanpa harus mengalami kelelahan yang cukup berarti.

Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa pengertian tentang kebugaran jasmani menurut beberapa para ahli. Berikut penjelasan pengertiannya :

1.Kebugaran Jasmani Menurut Rusli Lutan

Kebugaran Jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan segala bentuk kegiatan fisik dalam sehari-hari yang membutuhkan 3 unsur inti. Ketiga unsur inti tersebut adalah daya tahan, fleksibilitas, dan kekuatan.

2.Kebugaran Jasmani Menurut Muhajir

Kebugaran jasmani adalah kemampuan fisik dari seseorang dalam melakukan adaptasi terhadap beberapa kegiatan sehari-hari tanpa merasakan rasa capek dan lelah.

3.Kebugaran Jasmani Menurut Djoko Pekik Irianto

Kebugaran jasmani adalah kemampuan dari manusia dalam melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari dan masih tetap memiliki tenaga cadangan untuk melakukan kegiatan tambahan.


Macam-macam Kebugaran Jasmani

macam-macam kebugran jasmani

Banyak macam dari aktivitas kegiatan kebugaran jasmani yang perlu kamu pahami, beberapa macam kebugaran jasmani ini pula berbeda-beda dalam melakukan teknik latihannya karena memiliki tujuan yang berbeda meskipun manfaat nya tetap sama, menjaga kebugaran jasmani.

Berikut merupakan macam-macam bentuk kebugaran jasmani yang ada :

1.Latihan Kelanturan

Latihan kelanturan ini menggerakan anggota badan tertentu pada suatu persendian, di lakukan secara berulang ulang untuk menghasilakan kelenturan pada persendian.

Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

2.Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan ini bisa kamu lakukan seperti mengangkat satu kaki sampai stabil atau seimbang, latihan lanjutannya bisa kamu kembangkan seperti berjalan di atas tali tambang dan menjaga keseimbangan.

3.Latihan Kelincahan

Pada latihan kelincahan ini kamu harus melakukan perubahan arah gerak secepat mungkin. latihan yang menunjang untuk kelincahan ini adalah dengan berlali zig-zag dan naik turun tangga atau kursi.

4.Latihan Kecepatan

Latihan kecepatan ini tentunya mengandalkan kecepatan, latihan yang menunjangnya adalah dengan berlari secepat mungkin.

5.Latihan Daya Tahan

Latihan ini menguji ketahanan jantung dan paru-paru, latihan yang menunjang dengan berlari maraton serta naik turun bukit.

6.Latihan Otot

Latihan ini menggukur kemampuan dalam menggunakan kekuatan secara maksimal yang dikerahkan dalam waktu singkat, seperti lompatan. biasanya berguna pada atlet lompat jauh.

7.Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan ini merupakan kemampuan otot dalam menerima beban, seberapa kuat daya tahan otot. latihan yang menunjang dengan angkat beban, sit up, phus up.

8.Latihan Ketepatan

Latihan ini merupakn latihan mengandalkan keakuratan atau ketepatan, butuh konsentrasi khusus serta perhitungan yang akurat. Contohnya seperti memanah.

9.Koordinasi

Kemampuan untuk menyatukan gerakan menggunakan beberapa anggota tubuh pada satu gerakan.

10.Reaksi

Reaksi ini merupakan reflek seseorang dalam menanggapi suatu gerakan, seperti pada penjaga gawang.


Tujuan Latihan Kebugaran Jasmani

tujuan kebugaran jasmani

Guna mendapatkan hasil dari kebugaran jasmani yang maksimal, kamu perlu melakukan latihan yang rutin sehingga kebugaran jasmani kamu terjaga. Dibawah ini merupakan tujuan dari kebugaran jasmani :

  1. Meningkatnya sistem sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung.
  2. Meningkatnya komponen kelenturan, stamina dasn kecepatan.
  3. Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih atau bahkan pada kondisi-kondisi tertentu misalnya ibu hamil, orang tua dan pemulihan setelah sakit.
  4. Bagi olahragawan derjat kebugaran jasmani yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan prestasi.
  5. Merangsang perkembangan dan pertumbuhan bagi balita dan anak-anak.

Tes Kebugaran Jasmani

tes kebugaran jasmani

Ada beberapa cara untuk melakukan tes kebugaran jasmani sesuai dengan kebugaran yang ingin diketahui meliputi : kekuatan, kecepatan, kelincahan, kelenturan, dan daya tahan.

Setiap individu memiliki kebugaran jasmani yang berbeda, untuk mengetahui bagaimana cara melakukan tes kebugran jasmani sebagai berikut :

Baca Juga  Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli

1.Tes Kekuatan Daya Tahan Otot

Tes kekuatan daya tahan otot dikelompokan dalam beberapa tes pelaksanaan. Pada tes kekuatan ini mengukur bebas maksimum yang dapat diangkat oleh kelompok otot dengan sekali pengulangan. untuk tes ketahanan akan menghitung berapa lama kelompok otot dapat berkontraksi sebelum kamu kelelahan.
Berikut contoh tes keuatan dan daya tahan :

  • Push up
  1. Posisi tubuh lurus tengkurap dengan kedua lengan menumpu pada lantai atau matras di samping dada.
  2. Turunkan bahu Anda sampai membentuk siku lancip dan dada menyentuh lantai atau matras.
  3. Lakukan gerakan ini berulang semaksimal kemampuan kamu.
  • Sit up
  1. Posisi tubuh tidur telentaang dengan lutut ditekuk.
  2. Simpan tangan menyilang pada dada atau di belakang telinga.
  3. Angkat tubuh dari lantai hingga dada dekat dengan paha. Kembali ke posisi awal.
  4. Lakukan kembali beberapa kali semaksimal kamu.
  • Loncat tegak
  1. Posisi tubuh berdiri tegak dekat dinding.
  2. Tekuk lutut dan kedua lengan diayun ke belakang.
  3. Loncatlah setinggi mungkin sambil menepuk dinding dengan tangan yang telah diberi kapur untuk menandai tinggi loncatan yang berhasil kamu raih.

2.Tes Kelenturan

Tujuan dari tes ini untuk memeriksa ketidak seimbangnya postur tubuh, rentang gerak dan kekuatan lainnya.
Berikut beberapa cara untuk melakukan tes :

  • Menyentuh jempol kaki dalam posisi duduk
  1. Posisi duduk di lantai dengan kaki di luruskan ke depan.
  2. Angkat lengan ke atas dan turunkan badan serta lengan untuk menyentuh jari kaki.

Bila kamu bisa melakukannya maka tubuh kamu bisa dikategorikan cukup fleksibel, dan bila kamu tidak mampu melakukannya maka kamu untuk berlatih lagi.

  • Mencoba kedua tangan saling bersentuhan
  1. Posisikan satu tangan di belakang leher dan turun ke bawa.
  2. Satu tangan yang lain berusaha menggapainya melewati punggung.

Bila kamu bisa melakukannya maka lengan kamu termasuk lentur.

3.Tes daya tahan jantung dan paru-paru

Pada tes ini dilakukan dengan tujuan mengukur kekuatan daya tahan jantung dan paru-paru kamu dalam menggunakan secara efisien, untuk memasok oksigen dan energi dalam melakukan aktivitas fisik.
Tes ini pada umumnya bisa dilakukan dengan lari maraton, lari jarak jauh serta bisa dilakukan dengan berjalan sejauh mungkin.

Baca Juga  Soal PTS PJOK Kelas 12 Semester Ganjil

4.Tes Kelincahan

Tes ini dilakukan untuk mengukur kelincahan kamu dalam bergerak dan mengendalikan keseimbangan tubuh kamu ketika malakukan gerakan dalam mengubah arah gerak secara spontan.
tes ini biasanya dilakukan dengan lari bulak-balik dengan variasi latihan lari memindahkan bola dalam waktu yang ditentuka.

5.Tes Kecepatan

Pada tes ini mengandalkan kekuatan otot tungkai dalam melatih kecepatan gerak. Biasanya tes ini dilakukan dengan lari cepat dengan jarak 50 sampai 200 meter.
Pada tes ini mengukur kecepatan kamu dalam melakukan satu gerakan.

Perlu kamu ingat sebelum kam melakukan tes kebugaran jasmani ini, kamu perlu melakukan latihan yang sesuai dengan tes yang akan kamulakukan, tujuannya adalah untuk menyesuaikan kondisi tubuh kamu agar tidak kaget yang bisa mengakibatkan cedera.

Dan yang tidak kalah penting dari menyiapkan tubu kamu, tentu kamu juga perlu menyiapkan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan fit. jangan lupa sebelum melakukan tes kamu perlu melakukan pemanasan secara maksimal. tujuannya adalah untuk menghindari terjadinya cedera pada saat tes kebugaran jasmani berlangsung.


Manfaat Kebugaran Jasmani

manfaat kebugaran jasmani

Setelah kamu memahami setiap poin pada pembahsan materi kebugaran jasmani di atas, kamu juga pelu mengetahui manfaat yang ada dalam olahraga kebugaran jasmani ini. Berikut manfaat yang terkandung didalam kebugaran jasmani :

  1. Memiliki kemampuan pemulihan organ-organ tubuh secara tepat setelah latihan.
  2. Meningkatkan sirkulasi darah dan sistem kerja jantung.
  3. Memiliki respon tubuh yang tepat.
  4. Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih energik.
  5. Mencegah penyakit jantung.
  6. Mengatasi depresi.
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Terhindar dari osteoporosis “tulang keropos”.
  9. Mengurangi risiko obesitas.

Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi “Kebugaran Jasmani”. Semoga dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada, dan bermanfaat bagi kamu dalam membuat tugas makalah tentang materi olahraga kebugaran jasmani. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :