Olahraga Bowling

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Olahraga Bowling, siapa yang tidak tahu tentang olahraga bowling. Olahraga bowling merupakan olahraga yang dimainkan menggunakan tangan dilakukan dengan teknik tertentu dan menggunakan lapangan area tertentu dalam pelaksanaannya. Kali ini kelaspjok.com akan membahas mengenai materi olahraga bowling mulai dari pengertian, sejarah, manfaat, teknik dasar, tujuan, contoh pelaksanaan beserta gambar untuk memudahkan kamu pembaca dalam memahami setiap materi yang ada.

Baiklah langsung saja simak materi lengkapnya dibawah ini :


Pengertian Bowling

Pengertian Bowling

Olahraga Bowling adalah suatu permainan olahraga yang dimainkan dengan menggelindingkan atau melemparkan bola dengan tangan. Bola bowling akan dilemparkan mengarah ke pin dengan jumlah sepuluh buah yang telah disusun menjadi bentuk segitiga.

Pin bowling dijatuhkan dalam sekali gelinding atau lemparan maka itu disebut dengan strike. Jika pin tidak dijatuhkan sekaligus maka diberikan satu kesempatan lagi untuk menjatuhkan pin yang tinggal. jika pada lemparan kedua tidak ada lagi pin tinggal disebut “spare”. Jika setelah dua kali masih ada pin yang tersisa maka disebut “open frame” (missed). Semuanya itu akan menentukan perhitungan angka yang diperoleh pada setiap permainannya. Pin akan kembali disusun seperti semula untuk frame berikutnya.


Sejarah Bowling

Pada olahraga bowling ini pertama kali dimainkan di Amerika. Permainan bowling sangat populer dari dahulu sampai sekarang. Diawal kemunculannya, permainan ini juga memiliki pasang surut. Masa-masa dimana orang mulai berjudi pada permainan ini.

Olahraga bowling sempat dinilai sebagai suatu permainan terlarang yang melanggar hukum. Kemudian setelah perjalanan panjang barulah sekitar tahun 1900-an olahraga bowling kembali diterima dimasyarakat sebagai bagian rekreasi. Pada tahun 1895 dibentuk organisasi resmi “American Bowling Congress” di Amerika. Mulailah permainan ini menyebar ke Benua Eropa dan tahun 1960-an masuk ke Asia, seperti Jepang, Filipina, Muangtai, Singapura serta Indonesia pada tahun 1970.

Baca Juga  Olahraga Bulutangkis

Teknik pada Olahraga Bowling

Pada olahraga bowling ini tentunya sama seperti pada olahraga lainnya yang memiliki teknik dasar. Olahraga bowling ini membutuhkan stamina serta kekuatan dalam melakukannya untuk menjatuhkan semua pin yang ada.

Umumnya bola bowling dipegang menggunakan 1 tangan, dimana jari tengah, jari manis, dan ibu jari dimasukkan ke dalam tiga lubang ynag ada di bola boling. Oleh karena itu, pemain sebaiknya memilih bola dengan ukuran lubang yang pas dengan jari-jarinya sehingga bisa masuk dengan mudah ke dalam lubang bola.

Langsung saja berikut teknik yang ada pada olahraga bowling :

  1. Pemain berdiri tegak.
  2. Posisikan bola di depan badan kira-kira setinggi pinggang.
  3. Menggunakan tangan satu lagi yang bebas untuk menopang berat bola.
  4. Melangkah ke depan dengan menekuk sedikit lutut dan mengayunkan tangan yang memegang bola ke belakang setinggi bahu untuk mengumpulkan momentum.
  5. Lalu mengayunkan tangan ke depan sambil melepaskan bola bowling ke lintasan menuju 10 pin yang ada di ujungnya dengan tidak melewati garis batas.

Jenis-jenis Bowling

Terdapat dua jenis bowling yang berbeda berdasarkan arena permainannya serta cara bermainnya. Tidak semua jenis permainan bowling dimainkan mendunia. Beikut jenis-jenis pada permainan bowling :

1. Pin Bowling

Pada permainan ini bisa dimainkan dalam sebuah ruangan “indoor”, memiliki arena berupa jalur dimana tempat bola digelindingkan. Jalur terbuat dari lapisana kayu alami ataupun sintetis.

Beikut jenis-jenis pin bowling :

a. Ten-Pin Bowling

Jenis bowling yang dimana pemain disebut “bowler” menggelindingkan bola di atas sebuah jalur yang terbuat dari kayu atau bahan sintetis, tujuannya untuk mendapat poin dengan menjatuhkan pin di ujung jalur. Sesuai dengan namanya, ini menggunakan 10 buah pin yang disusun membentuk piramid dengan satu pin yang berada di posisi paling luar.

Baca Juga  Lempar Lembing

b. Nine-Pin Bowling

Pada permainan ini, pin yang digunakan berjumlah 9 buah. Posisi peletakan pin berbentuk “diamond shape” dengan tali tersambung dengan pin. Yang membedakan Ten-Pin Bowling dengan Nine-Pin Bowling adalah pada bentuk pin serta bola yang digunakan. Pada Nine-Pin Bowling Bola berukuran kecil dan tidak ada lubang untuk jari.

c. Five-Pin Bowling

Permainan ini banyak dimainkan di negara asalnya, Kanada. Dalam segi ukuran jalur yang digunakan pada jenis ini 25% lebih kecil daripada jenis Ten-Pin Bowling. Total pin yang digunakan berjumlah 5 pin dengan posisi peletakan pin membentuk huruf ‘V’. Berbeda dengan kedua jenis pin sebelumnya, pada jenis ini terdapat lingkaran karet pada badan pin serta ukuran pin lebih kecil.

d. Duckpin Bowling

Selanjutnya, pada permainan ini jumlah pin yang dugunakan 10 buah, dengan bentuk pin triangular yang pendek dan diameter yang lebih besar. Bola yang digunakan juga lebih kecil daripada Ten-Pin Bowling, akan tetapi lebih besar jika dibandingkan dengan Candlepin serta bolanya juga tidak memiliki lubang jari.

e. Candlepin Bowling

Yangn terakhir, pada permainna ini pin yang digunakan sama dengan Ten-Pin Bowling hanya saja yang membedakannya adalah bentuk bola serta pin yang digunakan. Bola untuk candlepin merupakan bola bowling paling kecil diantara jenis bowling bola lainnya dan pin yang digunakan pun berbentuk silinder dan tinggi, tidak seperti bentuk pin bowling pada umumnya.

2. Target Bowling

Target bowling berbeda dengan pin bowling, pada jenis bowling ini biasanya dimainkan di luar ruangan “outdoor“. Permukaannya terbuat dari rumput alami, bebatuan, pasir, bahkan kerikil. Target utama dari permainan jenis ini bukan untuk menjatuhkan pin dengan menggelindingkan bola melainkan dengan melempar bola khusus sedekat mungkin dengan target. Beberapa olahraga cabang dari jenis bowling ini antara lain bowls. bocce, carpet bowls, pentaque, dan boules.

Baca Juga  Posisi Pemain Bola Voli & Cara Rotasi pada Permainan Bola Voli

Manfaat Olahraga Bowling

Manfaat Olahraga Bowling

Tentunya dalam melakukan olahraga, memiliki manfaat sama seperti olahraga lainnya, selain membuat badan menjadi sehat dan bugar olahaga ini juga meiliki manfaat tersendiri bila dilakukan dengna rutin.

Berikut merupakan manfaat yang terkandung dalam olahraga bowling :

1. Dapat Mencegah Penyakit

Olahraga bowling memiliki manfaat dapat mencegah penyakit yang akan terjadi pada tubuh kamu yang membuat tubuh aktif dengan bergerak hal ini dapat memperlancar peredaran darah serta mengurangi kolesterol tinggi.

2. Menurunkan Stres

Pada olahraga bowling ini juga mampu untuk menghilangkan stres pada tubuh manusia, melakukan permainan ini dengan baik juga akan membuat kita lebih baik dalam mengatasi stres pada tubuh.

3. Membakar Kalori

Beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa pada permainan bowling terdapat banyak sekali manfaat nya sehingga dapat membuat tubuh lebih aktif dan membakar kalori yang jahat pada tubuh. Dikarenakan banyak bergerak sehingga kalori yang terbakar sekitar 150 sampai dengan 300 kalori hal ini dapat dilakukannya dengan olahraga bowling, serta dapat juga membentuk otot-otot menjadi lebih kuat.

4. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata

Pada saat melempar bola bowling serta menggelinding dan menjatuhkan deretan pin tentu membutuhkan koordinasi tangan dan mata yang baik. Fokus seperti itu memancing kewaspadaan mental, konsentrasi, dan strategi taktik.


 

Baiklah itu tadi ulasan materi lengkap mengenai “Olahraga Bowling”. Yang telah dijelaskan dengan lengkap mulai dari : Pengertian, Sejarah, Teknik serta manfaatnya. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah tentang olahraga bowling. Terima Kasih šŸ™‚


 

Baca Juga Artikel Ini :