Materi Bola Basket

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! kali ini kelaspjok akan membahas artikel tentang cabang olahraga termasuk kedalam bola besar, cabang olahraga ini sangat populer di setiap kalangan dan di seluruh mancanegara. cabang olahraga yang akan di bahas adalah bola basket.

Tentu tidak asing lagi dengan cabang olahraga satu ini, cabang olahraga bola basket adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu yang satu regunya terdiri dari 5 orang pemain, setiap regu harus mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukan bola ke dalam ring lawan.

Sebelum kamu memahami lebih lanjut, kelaspjok kali ini akan mengulas materi tentang sejarah dan perkembangan bola basket di dunia dan indonesia.


Pengertian Permainan Bola Basket

Pengertian Permainan Bola Basket

Bola Basket adalah olahraga yang dimainkan secara berkelompok yang dimainkan oleh dua tim yang berlawanan. Masing-masing tim memiliki 5 orang anggota. Setiap tim harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola ke dalam ring lawan.

Standar internasional permainan bola basket ialah 4 babak, waktu pada setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan waktu istirahat 10 menit. Khusus untuk NBA berbeda, mereka menggunakan format 12 menit pada setiap babaknya (4×12 menit).

Pada aturan permainan di Indonesia sendiri, tentu saja mengikuti standar 4 x 10 menit.


Sejarah Awal Terciptanya Permainan Bola Basket

Sejarah Awal Terciptanya Permainan Bola Basket

James Naismith mengajar di YMCA, ditempat pemuda untuk umat Kristen di Springfield, Massachusetts, Amerika serikat. James Naismith mencoba untuk memainkan permainan ini bersama dengan peserta didiknya.

Pada awalnya, James Naismith hanya teringat waktu ia kecil yang memainkan permainan di Ontario yang sekarang ini dikenal dengan bola basket. Permainan bola basket ini dikenal pada tanggal 15 Desember 1981.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas 7 Semester Ganjil

Dikarena permainan ini terlalu kaku, akhirnya James Naismith mencoba membuat aturan dasar permainan dan menempelkan sebuah keranjang di dinding.
Perlu diketahui bahwa nama “basket” awalnya hanyalah sebutan yang diucapkan salah seorang muridnya pada saat mempermainkan pertandingan.

Dengan teknik permainan bola basket yang diciptakannya, barulah bola basket mulai dipertandingkan. Bola basket ini pertama kalinya dipertandingkan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja James Naismith.


Sejarah Bola Basket Menjadi Olahraga Internasional

Sejarah Bola Basket Menjadi Olahraga Internasional

Permainan bola basket ini mulai dikenal luas dikarenakan dedikasi YMCA sebagai lembaga tempat James Naismith bekerja. Dimana lembaga YMCA mendedikasikan dirinya demi kemajuan kesehatan dan kebugaran umat kristiani di Masachusetts.

Pada awal tahun 1894, bola basket mulai dikenal di daratan Asia. Hal ini karena YMCA memerintahkan Bob Baily untuk mengenalkan permainan bola basket pada masyarakat Asia.

Di tahun 1894 kedua pengelola sekolah YMCA mulai menyusun peraturan resmi sebagai kelanjutan permainan bola basket ini. Di satu tahun sebelumnya, kamus bahasa Inggris menambahkan kata basketball ke dalam daftar kosakata bahasa Inggris.

Yangkemudian menjadikan bola basket tidak lagi hanya milik YMCA melainkan menjadi temuan untuk internasional. Pada 1918 mulailah kejuaraan pertama bola basket antara Cina dan Filipina di Far Eastern dipertandingkan.

Tahun 1918 YMCA akhirnya memperluas pengaruhnya dengan memperkenalkan bola basket di kalangan masyarakat Eropa. Pada selanjutnya pertandingan ini diselenggarakan di Joinville, bola basket ini sebagai salah satu cabang olahraga dalam olimpiade resmi.


Permainan Bola Basket Menjadi Olahraga Resmi

Permainan Bola Basket Menjadi Olahraga Resmi

Permainan bola basket sudah dikenal oleh dunia internasional kini menjadi olahraga internasional yang dikenal luas. Selain itu juga masuk ke dalam beberapa olimpiade resmi olahraga. Sehingga berbagai pihakpun sepakat untuk mengadakan kongres.

Kongres pertama diselengarakan di Jenewa Swiss, yang menjadi kota pertama didunia untuk dilaksanakannya kongres bola basket pada tahun 1932. Hasil dari kongres ini salah satunya adalah dengan diresmikannya FIBA (Federation International de basketball) sebagai induk organisasi internasional bola basket. Dengan diresmikannya FIBA menandakan bahwa bola basket sudah menjadi olahraga internasional resmi di mata dunia.

Baca Juga  Lempar Cakram

Untuk pertama kalinya olimpiade bola basket digelar di Berlin, Jerman yang diikuti oleh 20 negara. Di tahun 1939, James Naismith meninggal dunia setelah mengantarkan Amerika Serikat menjadi pemenang di olimpiade Berlin tersebut.


Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Sejarah Bola Basket Di Indonesia

Perkembangan olahraga bola basket memiliki sejarah panjang di Indonesia, awal mulanya dimulai dengan masuknya imigran dari China ke Indonesia pada tahun 1920-an. Pendatang Cina membawa permainan bola basket yang telah dikembangkan di Tiongkok.

  • Awalnya Dimainkan Oleh Orang Tionghoa

Pada awalnya permainan bola basket hanya dimainkan oleh kaum elit Tionghoa dan menjadikan identik dengan kaum tersebut di Indonesia. Bangsa Indonesia sendiri masih belum memainkan bola basket karena pada saat itu masih di bawah penjajahan Belanda.

Meskipun Belanda tidak melarang kaum pribumi untuk bermain bola basket, tetapi pada saat itu masih sedikit sekali pemain bola basket Indonesia.

Karena itu lah, permainan bola basket terkenal Indonesia dominan dengan etnis Tionghoa. Pada saat itu pun setiap sekolah Tionghoa di Indonesia diwajibkan menyelenggarakan olahraga bola basket, dan setiap siswa pun akhirnya harus bermain bola basket.


Masuknya Permainna Bola Basket Kedalam PON Indonesia

Masuknya Permainna Bola Basket Kedalam PON Indonesia

Pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, olahraga bola basket ini sangat populer di kota-kota perjuangan seperti Solo dan Yogyakarta. Untuk kali pertamanya, bola basket dipertandingkan pada acara PON I di Solo pada tahun 1948.

Peserta yang mengikuti  PON I adalah putra-putra karesidenan yang kebanyakan pemain Tionghoa sehingga dengan mudah mengungguli pemain pribumi. Yang dimana para pemain berasal dari perkumpulan PORI Solo, Yogyakarta, dan Akademi Olahraga Sarangan.

Pada PON II ini dipertandingkan untuk putra dan putri di tahun 1951. Pada pertandingan ini, regu yang dikirim mewakili provinsi masing-masing.

Baca Juga  Permainan Bola Voli

Dipertandingan  PON II ini, regu dari provinsi DKI Jakarta, Jabar, Jatim, dan Sumatera Utara merupakan regu-regu terkuat di pentas PON tersebut. Pada akhirnya, Maladi, salah satu tokoh olahraga nasional untuk meminta Tonny Wen untuk membentuk organisasi basket Indonesia.

Maladi menjadi sekretariat Komite Olimpiade Indonesia (KOI) bersama Tonny Wen memprakarsai dibentuknya Persatuan Basketball Seluruh Indonesia pada 23 Oktober 1951 sebagai induk organisasi bola basket di indonesia.

Akan tetapi, pada tahun 1955, sesuai kaidah bahasa Indonesia nama “basketball” dirubah menjadi bola basket sehingga menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia dikenal dengan ungkapan Perbasi.


Terbentuknya Organisasi Basket Indonesia (PERBASI)

Terbentuknya Organisasi Basket Indonesia (PERBASI)

Tebentuknya PERBASI (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) pada tahun 1951 dan diterima sebagai anggota FIBA ​​(International Basketball Federation) pada tahun 1953. Pada tahun berikutnya, untuk pertama kalinya Indonesia mengirim tim bola basket di Asian Games di Manila.

Sejarah bola basket di Indonesia semakin menunjukkan kemajuan, dengan munculnya liga bola basket profesional pria yang awalnya dikenal sebagai Kobatama yang sekarang menjadi National Basketball League (NBL) Indonesia, liga basket profesional putri yang sekarang dikenal sebagai Women’s National Basketball League (WNNBL).


Itu tadi ulasan materi mengenai “Pengertian dan Sejarah Permainan Bola Basket Di Dunia & Indonesia”. semoga artikel ini dapat berguna dan bermafaat untuk kamu  dalam mencari tugas-tugas dan membuat makalah tentang cabang olahraga bola basket. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :