Pencak Silat

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pencak silat merupakan salah satu seni beladiri yang ada, tentu kamu sering mendengar tentang pencak silat, pencak silat merupakan seni beladiri melayu yang meliputi negara : Indonesia, Malaysia, Singapore, Brunei Darussalam, Filipina Selatan, Thailand Selatan, dan negara lainnya yang masih memiliki darah melayu.

Kali ini kelaspjok akan membahas materi pencak silat lengkap. Apa saja yang ada dalam seni bela diri, mari simak materi lengkapnya dibawah ini :


Pengertian Pencak Silat

Pengertian Pencak silat

Pencak silat merupakan seni belas diri melayu yang ada di indonesia. Nama pencak silat sendiri disepakati oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Didirikan pada tahun 1948 di Solo, Indonesia.
Dan selanjutnya dikembangkan oleh Federasi Pencak Silat Internasional yang didirikan pada tahun 1980 oleh Indonesia, Malaysia, Singapore, dan Brunei Darussalam sehingga sekarang dipakai oleh seluruh anggota yang tersebar di dunia.

Ada beberapa pengertian pencak silat secara umum :

  1. Pencak silat berasal dari dua kata, yakni pencak dan silat. Pengertian pencak ialah gerak dasar bela diri dan terikat dengan peraturan.Sedangkan silat berarti gerak beladiri sempurna yang bersumber dari kerohanian
  2. Pencak silat merupakan budaya orang Indonesia untuk membela, lalu mempertahankan kemandiriannya serta integritasnya untuk lingkungan hidup sekitarnya untuk mencapai keselarasan hidup dalam meningkatkan iman & taqwa terhadap Tuhan YME.
  3. Menrut KBBI, Pencak silat yaitu sebagai permainan (keahlian) dalam mempertahankan diri dengan keahlian menangkis, menyerang serta membela diri menggunakan ataupun tanpa senjata.

Sejarah Pencak Silat di Indonesia

Sejarah pencak silat

Seni bela diri pencak silat di indoneisa Sudah berkembang pesat dalam sejarah pencak silat di indonesia dan perkembangannya sudah dimulai sejak zaman kerajaan, berkembang pada zaman penjajahan Belanda, kemudian pada zaman pejajahan Jepang, hingga yang terakhir ketika masa kemerdekaan.

Baca Juga  Cabang Olahraga

Selain di indonesia, perkembangan pencak silat juga berkembang di negara-negara besar lainnya. Seperti Malaysia, Brunei Darusalam, Singapura. Bahkan hingga ke benua lain, seperti amerika, australia dan afrika.

Menurut ahli sejarah, pencak silat pertama kali ditemukan di Riau zaman Kerajaan Sriwijaya di abad ke VII, dan menyebar ke Semenanjung Malaka dan Pulau Jawa. Lalu pada abad ke XVI Kerajaan Majapahit memanfaatkan pencak silat sebagai ilmu perang untuk memperluas wilayahnya. Perguruan PSN ISMD (Pencak Silat Nasional Ikatan Seni Membela Diri).

Kemudian masuk IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) dan diresmikan tanggal 28 Oktober 1988.


Sejarah Pencak Silat di Dunia

Pada perkembangan pencak silat di dunia di abad ke-20 Masehi, pencak silat semakin berkembang pesat hingga mendunia dan telah resmi menjadi cabang ilmu olahraga kompetisi yang di naungi oleh Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (PERSILAT) atau The International Pencak Silat Federation. Sehingga, pencak silat telah dipromosikan oleh PERSILAT ke negara-negara sampai ke lima benua, agar pencak silat masuk dalam cabang olahraga yang dapat dijadikan cabang olahraga yang masuk dalam Olimpiade. Dengan kata lain, PERSILAT telah mempromosikan pencak silat untuk dijadikan kompetisi olahraga berskala internasional. Sehingga terdapat ketentuan dan kebijakan bahwa anggota yang mengikuti kompetisi pencak silat internasional ini merupakan anggota yang telah diakui oleh PERSILAT.

Beberapa federasi pencak silat telah bekerjasama dengan PERSILAT untuk mendirikan Federasi Pencak Silat Eropa. Federasi tersebut telah menghasilkan Kejuaraan Dunia Pencak Silat pertama di luar Asia pada tahun 1986. Menggunakan tempat di kota Wina, “Austria”.

Pencak silat mulai diperkenalkan sebagai bagian dari program pertunjukkan Asian Games pada tahun 2002, diselenggarakan di kota Busan , Korea Selatan.

Baca Juga  Lompat Jauh

Kejuaraan tersebut merupakan Asian Games pertama kali yang memasukkan pencak silat sebagai bagian dari program acara tersebut. Pada bulan Desember 2002 merupakan Kejuaraan Pencak Silat Dunia terakhir yang diadakan di kota Penang Negara Malaysia.


Teknik Dalam Pencak Silat

Teknik Pencak Silat

Beberapa teknik yang ada dalam seni bela diri pencak silat yang harus kamu pahami.

Sikap Dasar Dalam Pencak Silat

Teknik yang pertama harus kamu pahami dalam seni bela diri pencak silat adalah sikap, tujuannya untuk melatih kekuatan otot pada tungkai guna memperkuat kuda-kuda sebagai dasar kekuatan pda seni bela diri pencak silat.

Adapun untuk teknik dasar yang ada dalam seni bela diri pencak silat sebagai berikut :

1.Sikap hormat

Sikap hormat merupakan sikap awalan dalam seni bela diri pencak silat

  • Posisi sikap hormat berupa badan tegap diikuti dengan kaki yang rapat serta tangan berada di depan.
  • Posisi dada terbuka yang rapat dengan jari-jari pada tangan serta pandangan menghadap ke arah atas.

2.Sikap Tegak

Sikap tegak merupakan sikap bersiap dalam seni bela diri pencak silat, pada sikap ini ada beberapa sikap yang digunakan, meliputi :

  • Sikap Tegak 4.
  • Sikap Tegak 3.
  • Sikap Tegak 2.
  • Sikap Tegak 1.

3.Sikap Duduk

Sikap duduk merupakan sikap seni bela diri yang digunakan dalam permainan bawah, pada sikap ini pula dibagi menjadi beberapa sikap duduk, meliputi :

  • Sikap sila.
  • Sikap duduk.
  • Sikap simpuh.
  • Sikap sempok atau dempok.

4.Sikap Pasang

Sikap ini merupakan sikap pembelaan dan sebagai sikap awalan dalam permainan seni bela diri, terdapat empat sikap, yaitu :

  • Sikap Pasang pertama merupakan pasang satu.
  • Selanjutnya sikap pasang Dua.
  • Kemudian sikap Pasang Tiga.
  • Sikap Pasang Empat.

5.Kuda-kuda Pencak Silat

Pada teknik lanjutan berikutnya merupakan teknik kuda-kuda, sebagai pertahanan pertama. Dalam seni bela diri silat, kuda-kuda juga dapat diartikan sebagai posisi tumpuan untuk melakukan sikap pasang. Selanjutnya teknik-teknik serangan, sampai teknik pembelaan diri.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas 7 Semester Ganjil

Terdapat beberapa teknik kuda-kuda yang ada dalam seni bela diri pencak silat :

  • Posisi Kuda-Kuda Tengah.
  • Posisi Kuda-Kuda Samping.
  • Posisi Kuda-Kuda Depan.
  • Posisi Kuda-Kuda Belakang.
  • Posisi Kuda-Kuda Silang.

6.Pembentukan Gerakan

Sebagai teknik untuk memulai gerakan kamu perlu memahami pembentukan arah yang menunjang dalam memulai gerakan, Adapun 8 arahan yang harus kamu pahami, yaitu :

  1. Arah kebelakang.
  2. Arah serong kiri belakang.
  3. Arah samping kiri.
  4. Arah serong kiri depan.
  5. Arah depan.
  6. Arah serong kanan depan.
  7. Arah samping kanan.
  8. Arah serong kanan belakang.

Manfaat Seni Bela Diri Pencak Silat

Manfaat Pencak Silat

Tentu setiap olahraga mempunyai manfaatnya masing-masing, adapun manfaat dalam seni bela diri ini meliputi :

  1. Kesehatan dan Kebugaran.
  2. Membangkitkan rasa percaya diri.
  3. Melatih ketahanan mental.
  4. Mengembangkan kewaspadaan diri yang tinggi.
  5. Membina sportivitas dan jiwa ksatria.
  6. Disiplin dan keuletan menjadi lebih tinggi.
  7. Mengutamakan akhlaqul karimah.
  8. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME.

Lapangan Pencak Silat

Lapangan pencak silat

Setiap permainan olahraga memiliki bentuk dan ukuran lapangna yang berbeda, untuk ukuran dan bentuk lapangan pencak silat ini, meliputi :

  1. Berbentuk persegi dengan luas total 10m X 10m.
  2. Terdiri dari dua area yaitu area bertanding 8X8m di bagian dalam dan area pengaman 1m mengelilingi bagian luar area pertandingan(biasanya dibedakan dengan perbedaan warna).
  3. Terdapat 2 lingkaran lingkaran 1 berdiameter 3m digunakan sebagai jarak sikap pasang dan lingkaran ke-2 berdiameter 8m digunakan sebagai batas arena bertanding.
  4. Dua sudut-sudut yang berjauhan biasanya satu puzel matras berwarna merah dan satu puzel matras di sudut lainnya berwarna biru.

Baiklah itu tadi ulasan materi lengkap mengenai “Pencak Silat”. Semoga dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas dan bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah mengenai meteri olahraga seni bela diri pencak silat. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :