Posisi Pemain Bola Voli & Cara Rotasi pada Permainan Bola Voli

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! tentu nya permainan bola besar satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita, permainan bola voli. Permaina ini banyak disukai berbagai kalangan, permainan ini di mainkan oleh dua regu, yang satu regunya terdiri dari enam orang, selebihnya merupakan pemain pengganti atau cadangan.

Setelah kamu mengetahui teknik dasar dalam permainan bola voli, kamu juga harus tau dengan posisi pemain bola voli, posisi pemain bola voli pada saat bertanding tidak bolaeh salah, apabila salah dalam mengambil posisi maka akan terjadi pelanggaran, dan yang harus kamu ketahui juga cara rorasi yang benar pada permainan bola voli.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana posisi pemain yang benar dan cara melakukan rotasi yang benar saat melakukan prtandingan bola voli, langsung saja kita simak materi ulasan secara lengkap :


Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli

Posisi Pemain Bola Voli. Dalam permainan bola voli tentunya terdapat pemain yang mempunyai tugas dan fungsinya masing-masing yang sesuai dengan formasi dan posisinya pada saat bertanding. Karena wajib bagi pemain untuk mengetahui posisi dalam permainan bola voli, ini sangat penting agar saat pertandingan dapat bermain dengan baik serta sesuai arahan dari pelatih.

Pada permainan bola voli ini tidak hanya tahu mengenai teorinya saja, tetapi juga harus tahu tentang teknik dasar permainan bola voli yang wajib dikuasai oleh seorang pemain. Teknik dasar tersebut seperti cara passing, servis, blocking dan smash. Jika tidak menguasai tentunya pemain akan mengalami kesulitan saat menerapkan strategi yang diberikan oleh sang pelatih.


 

Macam Macam Posisi Pemain Bola Voli

  • Server

servis pemain bola voli

Server adalah posisi pemain yang melakukan servis, untuk memuali suatu pertandingan. Setiap pemain akan bergantian melakukan servis. Setelah itu pemain kembali lagi kembali keposisi awal seperti menjadi spiker atau tosser.

  • Libero atau Defender

libero pemain bola voli

Libero atau Defender adalah posisi pemain bola voli yang bertugas sebagai pemain bertahan, pada posisi ini pemain harus tahu arah gerak datangnya serangan lawan. Tugas utama dari defender atau Libero adalah menjaga supaya serangan lawan dapat dikembalikan atau ditahan, jika tim diserang defender berada di belakang blocker.

  • Spiker atau Smasher

smasher pemain bola voli

Spiker atau smasher adalah posisi yang sangat menentukan tim untuk mendapatkan poin, di posisi ini pemain berada di dekat net dan tosser baik di depan maupun belakang tosser. Tugas utama nya adalah untuk melakukan serangan dengan smash, smash yang baik, keras & waktu yang baik akan membuat bola masuk ke daerah pertahanan lawan sehingga tim memperoleh poin. Setelah melakukan smash posisi pemain smasher ini juga berfungsi sebagai blocker untuk menghadang serangan lawan.

  • Set-Upper atau Toser

toser pemain bola voli

Set-Upper atau Tosser adalah posisi pemain sebagai pengatur serangan dan pengumpan bola kepada smasher, tugas utama dari seorang tosser adalah memberikan umpan yang baik kepada smasher agar diperoleh pukulan yang baik. Perlu kecerdikan, ketepatan & kelincahan bila menjadi seorang tosser, umpan dengan waktu yang tepat, baik dan arah bola sangat penting untuk memperoleh poin. Selain itu tosser harus bisa menguasai teknik blocking dan smash karena tidak menutup kemungkinan saat pertandingan juga melakukan hal tersebut.

Baca Juga  Perwasitan Bola Voli

Manfaat Menggunakan Formasi dan Rotasi yang Benar

Bisa menempatkan pemain yang benar pada posisi nya, sehingga pemain dapat bermain dengan baik, apa bila salah dalam melakukan rotasi maka terjadi pelanggaran, kebijakan dari pemimpin pertandingan pada permainan bola voli.


Cara Melakukan Rotasi pada Permainan Bola Voli

rotasi pemain bola voli

  • Mengetahui posisi pemain di lapangan

Lapangan voli dibagi menjadi dua baris. Setiap tim berisi enam orang mengisi masing-masing baris tersebut. Setiap pemain di dalam tim memiliki nama dan posisi masing-masing yang berbeda. Posisi pemain di lapangan sangat menentukan rotasi yang akan dilakukan. Berikut merupakan posisi-posisi pada pemain bola voli:

  1. Posisi 1 berada di kanan belakang.
  2. Posisi 2 berada di kanan depan.
  3. Posisi 3 berada di tengah depan,
  4. Posisi 4 berada di kiri depan.
  5. Posisi 5 berada di kiri belakang.
  6. Posisi 6 berada di tengah belakang.
  • Mengetahui peran masing-masing pemain di dalam tim atau regu

Cara meakukan rotasi pada permainan bola voli selanjutnya adalah mengetahui peranan. Setiap pemain di dalam tim memiliki peranan masing-masing, pada peran pemain bola voli ini di dalam tim berbeda dengan posisi di lapangan yang akan berubah setiap kali melakukan rotasi. Peran pemain di dalam tim tidak akan berubah meskipun telah melakukan rotasi. Berikut adalah peranan masing-masing pemain bola voli :

  1. Tosser atau set-upper berperan mengatur serangan dari tim.
  2. Smasher berperan melakukan serangan atau pukulan smash untuk menambah point dalam tim.
  3. Libero berperan menerima dan menahan serangan lawan.
  4. Defender merupakan pemain bertahan yang menerima serangan dari lawan.
  • Mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan rotasi atau perputaran

Rotasi dalam bola voli dilakukan searah dengan perputaran jarum jam. Rotasi dilakukan ketika tim penerima mendapatkan tugas untuk melakukan server. Setelah posisi 1 melakukan servis, posisi 1 pemain tersebut akan berpindah ke posisi 6, lalu ke posisi 5, ke posisi 4, ke posisi 3, ke posisi 2.
Satu hal sangat penting yang perlu kamu ingat, dalam rotasi setiap pemain harus melakukan rotasi satu kali setelah timnya menerima server, rotasi selanjutnya pemain akan berputar ketika sesudah tim lain mendapat bola dan kehilangan point.

  • Mengetahui waktu melakukan yang tepat untuk melakukan pergantian

Pergantian dalam permainan bola voli ini ditentukan oleh kemampuan dan posisi pemain bola voli. Apabila seorang pemain barisan depan kemungkinan akan digantikan oleh pemain barisan belakang ketika berada pada posisi kanan belakang, pemain diperbolehkan menjadi server sebelum digantikan oleh pemain lain. Pemain barisan belakang kemungkinan akan digantikan oleh pemain barisan depan ketika pemain depan sampai pada kiri depan lapangan.

  • Mengetahui gerakan yang diizinkan sesudah melakukan rotasi

Seorang pemain boleh bergerak saat servis sudah berinteraksi dengan bola untuk mengoptimalkan posisi pemain tersebut. Apabila pemain tersebut seorang tosser dapat bergeser ke kiri depan sesudah server membuat kontak. Hal tersebut juga berlaku untuk posisi selain tosser. Yang perlu diingat adalah pemain tidak boleh bergerak sebelum bola dipukul server (bola mati). Apabila bergerak sebelum bila di pukul (servis), maka terjadi foul.

Baca Juga  Perwasitan Permainan Bola Basket

Selain hal tersebut, seorang pemain juga diperbolehkan berganti posisi, namun pemain belakang tidak diperbolehkan mendekati jaring untuk menembak dan diwajibkan membuat serangan di belakang garis serang.


Kesalahan Posisi Pemain dalam Permainan Bola Voli

  1. Seorang pemain bola voli dapat melakukan kesalahan posisi dalam pertandingan, Bila Pemain tidak berada di posisi yang seharusnya ketika bola dipukul oleh seorang penyervis.
  2. Seorang pemain dikatakan melakukan kesalahan apabila pemain seorang penyervis dan melakukan kesalahan servis pada posisi yang seharusnya. Bila hal itu terjadi, maka penyervis tersebut akan diberi hukuman. Sementara itu, apabila terjadi kesalahan setelah bola dipukul, maka yang diberi hukuman adalah kesalahan posisinya bukan pada pemainnya.
  3. Kesalahan posisi yang dilakukan pemain dapat mengakibatkan pemain kembali ke posisinya yang seharusnya dan kesalahan tersebut dihukum dengan dinyatakan kalah reli.

Kesalahan Rotasi dalam Bola Voli

  1. Servis yang tidak dilakukan sesuai dengan urutan yang telah ditentukan dapat menyebabkan kesalahan rotasi. Kesalahan rotasi tersebut juga dapat menyebabkan kesalahan posisi dan tim yang melakukan kesalahan akan dihukum sesuai hukuman yang telah ditentukan oleh wasit.
    Agar tim tidak menerima hukuman, seorang pemain bola voli harus benar-benar memperhatikan urutan giliran servis sesuai dengan aturannya.
  2. Seorang penilai harus menunjukkan letak kesalahan dengan tepat agar dapat menentukan semua nilai yang didapatkan tim selama membuat kesalahan harus dihapuskan.
  3. Nilai lawan tetap diakui apabila nilai didapatkan ketika pemain berada pada posisi yang salah atau salah melakukan urutan. Bila hal itu terjadi, servis hanya mendapatkan sanksi, bukan hukuman.

Itu tadi penjelasan mengenai materiPosisi Pemain Bola Voli & Cara Rotasi pada Permainan Bola Voli lengkap”. semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi pembaca, dapat berguna memudahkan dalam mnegerjakan tugas-tugas mengenai permainan, sejarah, teknik dasar, dan cara rotasi dalam permaina bola voli. Terima Kasih 🙂

Baca Juga  Soal PTS PJOK Kelas 9 Semester Ganjil

Baca Juga Artikel :