Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Sebelum kamu memainkan permainan bola basket, tentunya kamu perlu memahami teknik dasar dalam permainan bola basket, ada beberapa teknik dasar dalam permainan bola basket yang perlu kamu pahami. setelah kamu memahami teknik dasar dalam permainan bola basklet, kamu juga perlu memahami taktik serangan yang berguna dalam pertandingna bola basket, yang berguna untuk memudahkan dalam mendapatkan poin saat bertanding.

Kali ini kelaspjok akan membahas materi mengenai teknik dasar permainan bola basket dan taktik serangan dalam pertandingan bola basket, yang akan kita ulas secara lengkap dan jelas.

Berikut materi tentang teknik dasar dalam permainan bola basket :


Teknik Dasar Permainan Bola Basket

  • Teknik Passing

Passing merupakan teknik dasar dalam permainan bola basket yang paling sering dilakukan dalam pertandingan bola basket. Passing merupakan teknik memberikan bola atau mengoperkan bola ke rekan tim dalam satu regu. Pada teknik ini menjadi salah satu bukti bahwa permainan bola basket merupakan permainan beregu yang memerlukan kerjasama antar tim untuk memenangkan suatu pertandingan.

Yang terpenting yang harus diketahui bawah dalam melakukan passing diperlukan suatu akurasi ketepatan dan Timming waktu agar passing yang dilakukan benar-benar bermanfaat dalam permainan. Teknik ini merupakan bagian dari komunikasi antar pemain ketika sedang berlangsungnya pertandingan.

Umumnya operan sering dilakukan dengan cepat, keras dan terarah. Namun operan yang terlalu keras akan sulit untuk dikuasai dan diterima oleh pemain lain, kadang pula operan juga harus dilakukan dengan lambat dan tidak terlalu keras. pada dasarnya teknik ini harus disesuaikan dengan kebutuhan tim.

Jangan sekali-kali kamu melakukan operan bola kepada teman yang sedang dijaga ketat oleh lawan. Hal tersebut akan menyulitkan bagi si penerima bola.

Operan yang tidak terarah dan sebaliknya tangkapan yang tidak sempurna akan memberikan peluang bagi pihak lawan untuk mencetak poin.

Ada beberapa teknik passing, berikut penjelasannya :

1.Chest Pass

Chest Pass

Chest pass adalah teknik passing yang dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan diletakan didepan dada. Bola harus dipegang menggunakkan ujung jari dari kedua tangan, sedangkan ibu jari berada dibagian belakang bola, seperti mencengkram.

Baca Juga  Olahraga Futsal

Lemparkan bola dan kedua lengan diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke bagian bawah bola. Pergerakan bola harus lurus dan tidak boleh melambung atau mengarah ke bawah.

2.Bounce Pass

Bounce Pass

Bounce pass merupakan teknik operan dengan cara mendorong bola ke arah bawah dan memantulkannya ke lantai. Saat melakukan bounce pass, kalian tidak dapat melakukannya dalam jarak dekat.

Lakukan dengan cara hampir sama dengan chest pass, hanya saja bounce pass di lakukan dengan cara dipantulkan.

3.Overhead Pass

overhead pass

Overhead pass adalah teknik mengoper dengan tangan berada diatas kepala dan siku membentuk sudut 90 derajat.

Lakukan dengan cara melambungkan bola dari atas kepala.

4.Base Ball Pass

Base Ball Pass

Base ball pass merupakan teknik mengoper bola basket dengan cara seperti halnya mengoper bola baseball. yaitu dengan menggunakan satu tangan dengan mengayunkan bola dari samping badan. Teknik operan ini sangat berguna untuk passing jarak jauh.

Biasanya teknik ini dipakai ketika kita akan melakukan serangan cepat, dimana rekan satu tim sudah berlari jauh mendekati daerah lawan, sedangkan kamu masih berada di daerah sendiri.

Pelaksanaan teknik ini dimulai dengan memegang bola dengan satu tangan dengan posisi tangan berada di samping badan. Lalu mengayunkan bola dari belakang ke depan melalui samping badan  dibantu dengan dorongan pergelangan tangan sambil melangkahkan satu kaki yang berlawanan ke depan.

5.Hook Pass

Hook Pass

Hook pass merupakan teknik yang lakukan dengan satu tangan yang membentuk seperti hook (pancing, kait). Lekukan lengan kamu ke atas dan melewati bahu kamu. Kamu harus melepaskan bola di depan wajah kamu untuk operan datar, atau lebih jauh lagi menuju bahu kamu untuk operan yang lebih tinggi. Pada teknik ini biasanya digunakan apabila anda mendapati lawan anda memberikan pertahanan yang defensif, misalnya saja ada dua defender yang menghadang kamu. Teknik ini pula bisa digunakan apabila lawan memotong sudut dimana anda seharusnya melakukan operan langsung atau direct passing kepada rekan satu tim kamu.

6.Under Pass

Under Pass
Under pass merupakan teknik passing yang dilakukan sepinggang dengan bola yang diarahkan secara lurus ke teman satu tim, teknik ini pula bisa diterapkan ketika ingin melakukan operan jarak pendek. Teknik ini terbilang aman namun kamu juga perlu harus hati-hati karena lawan kamu bisa memotongnya sewaktu-waktu.


Teknik Menangkap Bola (Catching)

Teknik Menangkap Bola (Catching)

Dalam permainan bola basket tentu teknik dasar mengoper dan menangkap merupakan satu teknik yang saling berhubungan, apabila ada yang mengoper maka akan ada yang menangkap bola. teknik ini juga berguna untuk menangkap bola dari lawan.

Baca Juga  Teknik Dasar Sepak Bola

Pada teknik ini cara pelaksanaannya bisa menggunakan dengan satu tangan ataupun dua tangan.

Bagaimanakan cara melakukan teknik menangkap bola dalam permainan bola basket, berikut merupakan cara pelakasanaan teknik dasar menangkap bola dalam permainan bola basket :

  1. Posisi badan berdiri tegap menghadap pemain yang sedang mengoper bola.
  2. Tangan rileks dengan jari-jari direnggangkan dalam posisi siap.
  3. Ketika bola datang, jemput bola ke depan dengan mendorong kedua tangan.
  4. Ketika bola mengenai telapak tangan, jangan ditahan. Namun tangan mengikuti gerakan bola ke belakang mendekati anggota badan. Apabila ditahan maka bola akan membentur jari-jari sehinnga resiko terjadi cedfera sangatlah besar.

Dribbling (Menggiring bola)

Dribbling (Menggiring bola)

Pada umumnya prinsip dasar menggiring bola dalam permainan bola basket terletak pada kontrol jari-jari, kepala tegak, mempertahankan posisi tubuh yang rendah, melindungi bola, dan melatih kedua tangan agar dapat menggiring bola dengan baik.

Pada teknik menggiring bola ini ada dua cara teknik dasar dalam melakukan teknik menggiring bola basket.

Berikut penjelasan teknik dasar menggiring bola basket :

a. Dribble Tinggi
Dribble ini dilakukan untuk menggiring bola secara cepat memasuki pertahanan lawan dengan cara jalan cepat dengan berlari, teknik ini juga digunakan ketika pemain lawan cukup jauh dari pemegang bola.

b. Dribble Rendah
Dribble ini dilakukan untuk mempertahankan bola dari rebutan tim lawan. Teknik ini juga digunakan ketika sedang berhadapan langsung dengan lawan dan ingin membuat sebuah terobosan yang memanfaatkan celah yang dibuat oleh lawan ketika lengah.

Pada kedua teknik menggiring bola diatas, dua-duanya sangat penting karena dalam permainan bola basket kamu harus cepat mengambil keputusan akan menggunakan teknik yang mana. sehingga dapat dengan mudah mencetak poin.


Teknik Shooting

Teknik shooting merupakan teknik dalam permainan bola basket, yang berguna untuk melakukan tembakan langsung ke ring untuk mencetak poin. Teknik ini juga merupakan teknik yang wajib di pahami dalam permainan bola basket.
Ada banyak cara untuk melakukan teknik ini, simak penjelasannya di bawah ini :

Free Throw

Free Throw

Dalam melakukan teknik ini, kamu harus berdiri dengan dua kaki sejajar dengan bahu, pada saat ingin menembak tekuk lutut kamu sedikit dan lepaskan bola dengan jari tangan mengarah ke depan.

Baca Juga  Perwasitan Bola Voli

Jump Shot

Jump Shot

Posisi jump shot yang diambil hampir sama dengan free throw. Hanya saja pada saat melakukan shooting, kamu harus melompat dan mengangkat bola ke atas kepala secara bersamaan.

Lay Up

Lay Up

Pada teknik shooting ini dilakukan dari arah samping kiri maupun kanan. Kunci utama dalam lay-up adalah ketepatan kaki. Sebab, lay up hanya dilakukan dalam tiga hitungan. Kecepatan dan ketepatan waktu akan menentukan keberhasilan dalam melakukan teknik ini.


Pivot (Cara berputar)

Pivot (Cara berputar)

Teknik pivot (cara berputar) merupakan teknik dasar dalam permianan bola basket dengan gerakan memutar badan dengan menggunakan salah satu kaki sebagai poros putaran. Pivot dapat dilakukan sebelum melakukan dribbling, passing ataupun shooting.


Rebound

Rebound

Teknik Rebound merupakan suatu usaha untuk mengambil atau menangkap bola yang datangnya memantul dari papan atau ring akibat dari tembakan yang tidak berhasil masuk.

Teknik rebound merupakan teknik dasar permainan bola basket yang bisa membuat tambahan poin dari lemparan rekan tim yang gagal. Banyak pelatih yang mengatakan bahwa rebound merupakan hal penting yang bisa saja memberikan tim kamu kemenangan atau setidaknya posession ball yang bagus. Rebound merupakan teknik mengambil bola basket yang gagal masuk ring, ada 2 tipe rebound yaitu rebound ofensif dan rebound defensif. Rebound ofensif artinya lemparan yang gagal dalam satu tim diambil oleh teman yang masih satu tim kemudian mencoba shot lagi kedalam ring, bila bola masuk ring maka tim kamu dapat 2 point. Sedangkan defensif rebound adalah teknik merebut bola basket yang gagal dimasukkan oleh lawan agar tidak ada usaha memasukkan bola lagi kedalam ring. Menguasai teknik rebound defensif akan menyelamatkan tim kamu dari kekalahan dan berpeluang melakukan counter attack.


Baiklah itu tadi ulasan mengenai materi “Teknik Dasar Permainan Bola Basket Lengkap & Gambarnya“, semoga dapat berguna bagi anda untuk pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas, dan mebuat makalah. semoga bermanfaat. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :