Formasi Sepak Bola

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga Sepak Bola ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Formasi Sepak Bola. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Formasi Sepak Bola


Formasi Sepak Bola

Formasi dalam sebuah istilah sepak bola adalah hal utama karena mempunyai barisan atau susunan dari pemain dalam pertandingan. Dengan adanya formasi para pemain akan terlihat lebih mudah dalam melakukan pertandingan.

Seiring dengan perkembangan sepak bola dari tahun ke tahun, tidak hanya para pemain di atas lapangan saja yang penting, tapi juga persiapan sebelum pertandingan, termasuk diantaranya taktik dari sang pelatih. sehingga seorang pelatih harus benar-benar mempersiapkan formasi untuk tim asuhannya. Adapun formasi yang sering dipakai oleh pelatih, yaitu sebagai berikut :

Formasi 4-4-2

Formasi 4-4-2

Pada Formasi 4-4-2  ini lebih di utamakan bahwa para pemain menggunakannya sebagai formasi bertahan yang lebih kuat dan dalam melakukan akan ada penyerangan sehingga dengan mudah melakukan perlawanan terhadap lawan. formasi ini dengan mengimplementasikan dengan 4 pemain belakang, 4 pemain tengah dan 2 pemain depan.

Pada awal 90 an, AC Milan dan Italia merajai Eropa dengan formasi 4-4-2 di bawah asuhan seorang pelatih yang baik, yakni Arrigo Sacchi.

Dengan formasi ini, Ac milan tidak hanya baik dalam penyerangannya saja, akan tetapi dalam pertahanannya pun tidak dapat diragukan. Dan puncak kejayaan AC Milan dipegang oleh pelatih Fabio Capello.

Baca Juga  Posisi Pemain Bola Voli & Cara Rotasi pada Permainan Bola Voli

Formasi 3-5-2

Formasi 3-5-2

Jenis Formasi 3-5-2 ini juga lebih di utamakan bahwa para pemain menggunakannya hal ini sebagai bertahan yang lebih kuat yang sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan dua pemain inti.

Dibanding dengan formasi 4-4-2 ini penyerangan diharuskan menerima terus menerus antar para pemain yang dominan menggunakan mode pertahanan. Formasi ini fleksibel digunakannya karena sebagai salah satu formasi yang bisa bertahan dan menyerang pada saat pertandingan.

formasi ini memakai 3 bek yang sejajar berada di belakang. Sedangkan untuk pemain gelandang bersiap di kanan dan kiri untuk bertahan dan membantu penyerangan. Posisi tersebut biasanya akan terisi oleh wing bek.

Sementara itu, fungsi 1 pemain gelandang adalah bertahan, fungsi 2 gelandang akan turut menyerang dengan posisi di tengah.  Untuk 2 penyerang berfungsi untuk menyerang pertahanan lawan.


Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3

Formasi 4-3-3 ini sering di gunakan oleh pelatih” top dunia, formasi ini dengan susunan 4 pemain sebagai bek, 3 pemain berada di tengah sebagai gelandang, dan 3 pemain menjadi penyerang. Pelatih sepak bola menggunakan formasi ini dengan tujuan supaya penguasaan bola dapat dilakukan dengan baik, terutama pada daerah tim lawan.

Formasi ini tak hanya populer, tapi juga favorit dan masih banyak dipergunakan oleh klub besar di seluruh dunia. Barcelona adalah salah satu contoh klub yang selalu menggunakan formasi ini. Menggunakan formasi ini dengan pemain yang dapat mengoper sempurna.


Formasi 4-3-1-2

Formasi 4-3-1-2

Jenis formasi ini setiap para pemain di utamakan menjaga pertahanan yang kuat yang sehingga dalam melakukan penyerangan cukup dengan empat pemain inti saja.

Maka formasi 4-3-1-2 ini memiliki susunan pemain di dalamnya terdiri dari 4 pemain bek dan 3 gelandang bertahan 1 sebagai second striker dan 2 nya lagi sebagai pemain penyerang.

Baca Juga  Olahraga Futsal

Formasi 3-4-3

Formasi 3-4-3

pada formasi 3-4-3 ini diimplementasikan di mana ada 3 centerback, 4 pemain sebagai gelandang ( 2 gelandang yang berada disisi sayap) bertugas juga sebagai wingback, dan ada 3 pemain yang dijadikan sebagai penyerang.

Bek sayap atau wing bek adalah posisi di mana 2 pemain gelandang agak maju ke depan dan perannya fleksibel karna bertugas membantu pertahanan dan penyerangan sesuai dengan kondisi. Ada pula 2 gelandang yang posisinya ada di tengah yang bertugas sebagai playmaker yang mengalirkan bola dari belakang ke depan.


Formasi 4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1

Formasi 4-3-2-1 mirip dengan berbentuk pohon natal. Formasi ini juga sering digunakan oleh pelatih sepak bola. di mana susunan pemain yaitu 4 pemain bek, 3 pemain gelandang tengah, 2 pemain menjadi gelandang serang, sementara 1 lainnya yaitu striker.

Pada formasi ini, berfokus pada area pertahanan karena adanya 4 pemain berada di belakang dan 3 gelandang bertahan. Dalam penyerangan pun ada 2 orang pemain gelandang serang yang bertugas membantu penyerangan untuk melayani striker untuk mencetak gol.


Formasi 4-3-1-2

Formasi 4-3-1-2

Formasi 4-3-1-2 di mana fokus susunan pemain yaitu adanya 4 pemain bertahan ( 2 centerback dan 2 nya sebagai wing back), 3 pemain sebagai gelandang (1 pemain di tengah bertugas sebagai gelandang bertahan dan 2 lainnya yang berada di sisi kiri dan kanan sebagai gelandang serang), 1 pemain sebagai secondstriker, dan 2 pemain sebagai penyerang utama.

Secondstriker bisa disebut juga sebagai striker bayangan, karna posisi nya tepat dibelakang penyerang dan bertugas menyuplai bola ke penyerang.


Formasi 4-2-3-1

Formasi 4-2-3-1

Selanjutnya formasi yang sering digunakan oleh pelatih yaitu 4-2-3-1 di mana ada 4 orang pemain sebagai bek, 2 orang sebagai gelandang bertahan, ada 3 pemain yang berada di tengah sebagai gelandang serang dan 1 pemain sebagai penyerang.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas X Semester Ganjil

Formasi ini sangat populer karena sering digunakan oleh klub-klub didunia, salah satu contohnya. Ketika tim Belanda, Jerman dan Spanyol sukses menembus 4 besar pada Piala Dunia 2010, formasi ini mulai sering digunakan oleh pelatih seleuruh dunia.


Itulah materi Formasi Sepak Bola Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua. Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :