Olahraga Bulutangkis

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! kali ini kelaspjok akan membahas permainan bulutangkis, atau yang sering kamu dengar dengan badminton. untuk lebih jelasnya lagi mari simak materi sejarah dan pengertian dari permainan bulutangkis.

Permainan blultangkis ini atau yang suka disebut denga badminton, termasuk kedalam permainan bola kecil, permainan ini tidak kalah terkenalnya dengan permainna bola besar seperti permainan sepak bola, bola voli dan bola basket.

Bulutangkis merupakan olahraga yang menggunakan raket, yang di mainkan dua orang (singel), dua pasang (ganda) juga (ganda campuran) dimana rekan satu tim merupakan lakli-laki perampuan.

Permaianan blutangkis atau badminton ini bertujuan memukul bola yang disebut dengan shuttlecock. Kok di pukul melewati net atau jaring yang berada di tengah lapangan hinga jatuh di area lawan untuk mendapatkan point, pemain harus berusaha untuk menjaga area pertahanannya supaya kok tidak jatuh di area pertahanan.
Untuk ulasan yang lebih jelasnya tentang pengertian permainan bulutangkis, mari simak matri di bawah ini :


Pengertian Permainan Bulutangkis

Pengertian Permainan Bulutangkis

Permainan Bulutangkis adalah salah satu cabang olahraga yang terkenal di dunia. Olahraga ini di sukai berbagai kalangan, dari berbagai tingkat keterampilan, dan dari jenis kelamin pria maupun wanita. Olahraga bulutangkis dimainkan dengan permainan cepat yang membutuhkan gerak reflek yang baik dan tingkat kebugaran yang tinggi.

Permainan bulutangkis dapat dijadikan sebagai permainan untuk rekreasi bahkan sebagai ajang persaingan. Bulutangkis dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan, di atas lapangan yang dibatasi dengan garis-garis dalam ukuran panjang dan lebar tertentu. Lapangan bulu tangkis dibagi menjadi dua sama besar dan dipisahkan oleh net yang tergantung di tiang net lapangan. Bulutangkis atau badminton merupakan suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang berlawanan.

Baca Juga  Peraturan Olahraga Tenis Lapangan

Permainan ini mirip dengan tenis, bulutangkis dimainkan bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati net agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan. Pemain juga harus mencoba mencegah lawannya melakukan hal tersebut kepadanya dengan tekini dasar permainan ini.

Berikut ini adalah partai yang biasa dimainkan dalam pertandingan bulutangkis:

  1. Tunggal putra.
  2. Tunggal putri.
  3. Ganda putra.
  4. Ganda putri.
  5. Ganda campuran.

Setiap pemain atau pasangan mengambil posisi pada posisinya masing-masing. Tujuan permainan ini adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melompati jaring ke wilayah lawan sebelum pemain atau pasangan lawan bisa memukulnya balik.


Sejarah Permainan Bulutangkis

Pada permainan bulutangkis ini tidak ada yang tahu lebih pastinya tentang asal mula penciptaan olahraga bulu tangkis. Tetapi, banyak pendapat yang mengatakan kalau permainan tersebut sudah ada sejak zaman Mesir kuno, yaitu sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Bahkan ada juga yang berpendapat bahwa bulu tangkis sebenarnya berasal dari Tiongkok. Pada zaman dulu orang-orang Tiongkok punya permainan bernama jianzi. Aturan mainnya mirip seperti bulutangkis, menjaga agar kok tidak jatuh ke tanah.

Permainan yang serupa juga sudah berkembang di Inggris dengan nama “battledore and shuttlecock”. Dengan peraturan pemain harus menjaga kok agar tidak jatuh dan tetap di udara dengan cara memukulnya selama mungkin dengan tekini dasarnya.

Permainan bulutangkis  modern konon merupakan hasil improvisasi dari permainan tersebut. Zaman dulu, bangsawan pemilik istana Badminton House mengadakan pertandingan battledore and shuttlecock yang sedikit dimodifikasi, yaitu menggunakan tali untuk membatasi tengah lapangan.

Bulutangkis ini juga kemudian berkembang pesat sejak tahun 1850-an dan orang-orang mulai menyebutnya sebagai badminton. Jadi, badminton sendiri sebenarnya merujuk pada nama istana Inggris yang mengadakan pertandingan pada masa itu.

  • Sejarah Bulutangkis Dunia

Sejarah Bulutangkis Dunia

Pada sejarahnya di dunia di Inggris pun mempunyai permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak di sana. Permainan ini bernama  “Battledore and Shuttlecock”. Cara untuk memainkannya dengan memakai tongkat dan kok. Pemain harus menjaga kok tetap di udara tanpa menyentuh tanah atau lantai. Cara memainkannya dengan dipukul menjaga kok agar tidak jatuh selama mungkin.

Baca Juga  Peraturan Sepak Takraw

Bulutangkis mulai benar-benar dimainkan oleh masyarakat dunia sejak abad ke-17. Badminton (bahasa Inggris dari bulu tangkis) itu berasal dari nama Istana di Inggris, yakni Badminton House.

Pada awalnya, keluarga Duke of Beafourt, pemilik dari Badminton House mengadakan sebuah perlombaan bulu tangkis di istana. Bermula dari permainan Battledore and Shuttlecock yang sering dimainkan di Inggris. Tetapi keluarga ini melakukan improvisasi dalam permainan ini, yakni menggunakan tali di tengah area permainan. Nah, penambahan tali itulah yang menjadi cikal bakal bulu tangkis yang kita kenal.

Lalu pada akhir 1850-an, permainan Battledore and Shuttlecock terbaru buatan Duke of Beafourt ini justru berkembang pesat. Di tahun 1960 lewat pamflet buatan Isaac Spraat, nama permainan ini menjadi “Badminton Battledore a New Game” . Dan dari sinilah awal mula nama permainan ini menjadi badminton.

  • Sejarah Bulutangkis Indonesia

Sejarah Bulutangkis Indonesia

Sejarah permaiana bulutangkis di Indonesia sendiri dimulai pada tahun 1930-an. Pada masa itu, cabang olahraga ini ada di bawah perkumpulan yang bernama “Ikatan Sport Indonesia” (ISI). Namun bulu tangkis sempat dilupakan karena Indonesia menghadapi masa perang.

Dan pada saat Indonesia merdeka, bulu tangkis kembali berkembang di tahun 1947. Pada perkembangannya pula bulu tangkis sangat terlihat di tahun 1948 karena adanya kampanye yang dilakukan oleh Presiden Soekarno. Kampanye “Nation Building”, yaitu gerakan dalam membangun bangsa benar-benar digalakkan.

Bulutangkis menjadi cabang olahraga yang diperkenalkan dalam kampanye itu. Bahkan janji Presiden Soekarno tak main-main, yaitu menjadikan Indonesia akan sukses berprestasi tingkat dunia.

Melalui Keppres No. 263/1953, Presiden Soekarno mencanangkan Indonesia bisa berada di posisi 10 besar dunia. Tak main-main, harapan tersebut dapat diraih di tahun 1958. Ketika itu Indonesia sukses menjuarai Thomas Cup di Singapura. Hal itu menjawab tantangan negara-negara lain yang menganggap Indonesia hanyalah tim lemah. Prestasi membanggakan itu diikuti pula oleh penerus-penerusnya hingga saat ini.

Baca Juga  Olahraga Billiard

Induk Oraganisasi Bulutangkis

Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang cukup bergengsi di dunia. Tidak heran lagi jika beberapa negara mempunyai organisasi yang mengembangkan bulutangkis.

Inilah induk organisasi bulu tangkis tingkat dunia dan Indonesia :

1. Organisasi Bulutangkis Dunia

Pada sejarah bulutangkis modern tidak bisa lepas dari organisasi bulu tangkis, seperti IBF. “International Badminton Federataion” (IBF) organisasi ini berdiri pada tahun 1934. Pada saat itu terdapat 9 negara yang menjadi pelopor dari organisasi ini. Negara-negara tersebut adalah Inggris, Irlandia, Skotlandia, Wales, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru, dan Perancis.

Dan organisasi ini juga semakin berkembang dengan mengadakan kejuaraan-kejuaraan bergengsi . Tidak hanya itu saja anggota organisasi ini terus bertambah hingga kini telah mempunyai 186 negara pengikut sebagai anggotanya. IBF mempunyai 5 tingkat kepengurusan yang dimulai dari Executive Board, BWF Council, BWF Commissions, BWF Committees, dan Management Team.

2. Organisasi Bulutangkis Indonesia

Sementara organisasi bulutangkis yang pertama kali berdiri di Indonesia adalah “PORI” (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) yang berdiri  pada tanggal 20 januari 194. Pada tahun 1951, organisasi ini berubah nama menjadi “PBSI” (Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia).

Dan PBSI merupakan kepengurusan organisasi bulu tangkis di tingkat pusat. Kemudian di bawahnya terdapat dua kepengurusan lainnya, yaitu Pengda (Pengurus Daerah) yang juga merupakan kepengurusan di tingkat provinsi, dan pengcab (Pengurus Cabang) yang ada di kabupaten atau kota. PBSI ini sudah menjadi anggota IBF yang merupakan organisasi tingkat dunia.


Demikianlah ulasan materi tentang “Pengertian dan Sejarah Permainan Bulutangkis Lengkap & Gambarnya”. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dan bermanfaat dalam membuat tugas makalah. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :