Tujuan & Manfaat Sepak Takraw

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! pada kali ini materi yang akan di ulas Tujuan & Manfaat Sepak Takraw yang akan diulas dengan lengkap. Apa itu sepak takraw, sepak takraw adalah permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dimainkan menggunakan semua anggota badan terkecuali tangan. Sebelumnya telah kelaspjok.com bahas dalam judul materi Sepak Takraw.

Apa saja manfaat serta tujuan dalam olahraga sepak takraw, langsung saja simak materi ulasannya lengkap dibawah ini. Berikut ulasannya :


Defisini Sepak Takraw

Permainan sepak takraw ini dilakukan oleh dua regu yang masing-masing regunya terdiri dari tiga orang, lapangan sepak takraw berbentuk persegi panjang yang di bagian tengah lapangan dibatasi sebuah jaring/  atau net. Salah satu regu dinyatakan menang apabila berhasil memasukkan atau mengembalikan bola sedemikian rupa ke pertahanan lawan sehingga bola dapat jatuh di area lawan tanpa bisa dikembalikan.

Sepak takraw adalah olahraga permainan yang menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dimainkan menggunakan semua anggota badan terkecuali tangan.


Tujuan Olahraga Sepak Takraw

Tujuan Olahraga Sepak Takraw

Sama seperti olahraga lainnya tentunya dalam melakukan olahraga memiliki tujuannya masing-masing. seperti dalam melakukan olahraga sepak takraw ini.

Berikut tujuan dari permainna sepak takraw :

  1. Untuk mengembangkan budaya Melayu yang sudah ada sejak zaman dahulu.
  2. Untuk melatih kedisiplinan dan kerjasama antar tim.
  3. Untuk melatih ketangkasan dan fokus memukul bola menggunakan kaki.
  4. Untuk menghasilkan prestasi non akademik.

Teknik Dasar Sepak Takraw

Setiap permainan olahraga tentunya memiliki teknik dasarnya masing-masing pada setiap cabang olahraga, dengan tujuan agar permainan berjalan dengan baik, seperti pada permainan sepak takraw yang memilliki teknik dasar yang perlu kamu pahami.

Baca Juga  Peraturan Permainan Bulutangkis

Berikut teknik dasar pada permainan sepak takraw :

  1. Sepak sila : menyepak bola dengan menggunakan kaki bagian dalam gunanya untuk menerima dan menimang bola, mengumpan dan menyelamatkan serangan lawan.
  2. Sepak cungkil : menyepak bola dengan menggunakan kaki (jari kaki). Digunakan untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.
  3. Sepak kuda atau sepak kura : sepakan dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki. Digunakan untuk, mengontrol, memainkan bola (menimang) yang datangnya rendah dan kencang atau keras, dan pada saat mengawal atau menguasai dalam usaha menyelamatkan bola.
  4. Sepak badek : menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar. Digunakan untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam usaha penyelamatan.
  5. Main Kepala (heading) : memainkan bola dengan kepala. Digunakan untuk menerima bola pertama dari pihak lawan, meyelamatkan bola dari serangan lawan.
  6. Menapak : menyepak bola dengan menggunakan telapak kaki. Digunakan untuk: smash ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola dekat net (jaring).
  7. Membahu : memainkan bola dengan bahu dalam usaha mempertahankan dari serangan pihak lawan yang mendadak, dimana pihak pertahanan dalam keadaan terdesak dan dalam posisi yang kurang baik.
  8. Mendada : memainkan bola dengan dada, digunakan untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.
  9. Memaha : memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola, digunakan untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

Pelanggaran Permainan Sepak Takraw

Setelah kamu memahami teknik dasar dalam permainan sepak takraw, selanjutnya kamu perlu memhami pelanggaran pada permainan sepak takraw yang secara umum sering terjadi dalam pertandingan permainan sepak takraw.

Apa saja pelanggaran yang sering terjadi dalam permainan sepak takraw. Berikut pelanggaran permainan sepak takraw :

  1. Servis pertama gagal, keluar dari garis, menyangkut di net, dll maka bola akan diberikan ke tim lawan dan tim lawan mendapat 1 poin.
  2. Dalam babak yang sama telah menerima kartu kuning atau kartu peringatan maka akan dikenakan kartu merah.
  3. Melakukan perilaku yang kasar seperti memukul, menendang, berbicara tidak sopan, dll akan dikenakan kartu kuning.
Baca Juga  Ukuran lapangan Futsal

Manfaat Olahraga Sepak Takraw

Manfaat Olahraga Sepak Takraw

Sama seperti pada olahraga umumnya setiap olahraga yang di lakukan tentu memiliki manfaatnya yang di hasilkan dari gerakan-gerakan olahraga. Seperti halnya dalam olahraga sepak takraw ini, apa saja manfaat yang ada dalam melakukan olahraga sepak takraw. Berikut manfaat yang ada dalam melakukan olahraga sepak takraw :

Pada olahraga sepak takraw ini tergolong dalam olahraga aerobik yang menyegarkan dan membantu untuk meningkatkan setiap pemainnya dalam menjaga kardiovaskular kebugaran dan koordinasi fisik, Manfaat kesehatan juga mencakup peningkatan kekuatan, stamina dan daya tahan.

Melakukan olahraga sepak takraw ini memungkinkan pemain untuk memperoleh keterampilan akrobatik dan fleksibilitas ekstremitas seperti melakukan olahraga seni bela diri.

Pada pemain sepak takraw akan belajar untuk melakukan jungkir balik dan tendangan overhead yang dengan presisi dan kekuasaan untuk memberikan bola rotan ke lawan.

Gerakan dalam olahraga sepak takraw ini juga memerlukan tindakan otot yang kuat, terutama dari otot-otot yang mengontrol kembali, pinggul, lutut dan pergelangan kaki sendi. Pada pemain juga akan melayani bola dengan melakukan split dan memutar gerakan pinggul mendukung untuk membawa kaki bawah untuk melayani bola.

Tindakan ini memerlukan substansial fleksibilitas ekstremitas ke bawah, koordinasi tubuh dan keseimbangan sangat diperlukan dalam mengatur bola datang.

Striker di sepak takraw juga sering melompat dan mendarat di punggung dan bokong mereka.

Karena olahraga sepak takraw ini bersifat sebagai olahraga akrobatik, cedera sangat umum dan wajar. Hal ini sangat normal ketika pemain mendapatkan hamstring, sakit punggung, pergelangan kaki terkilir dan cedera lutut akibat melompat, menendang dan mendarat. Olahraga ini juga bisa mempertahankan fleksibilitas kaki.

Karena itu latihan yang teratur serta pemanasan yang maksimalpun sangat menunjang unutk mengurangi resiko terjadinya cedera pada pemain sepak takraw.

Baca Juga  Renang Gaya Punggung

 

Baiklah itu tadi ulasan materi lengkap mengenai materi “Tujuan & Manfaat Sepak Takraw“, yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini berguna bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah mengenai materi olahraga sepak takraw. Terimma Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :