Teknik Renang Gaya Dada

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga Renang ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Teknik Renang Gaya Dada. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Teknik Renang Gaya Dada


Teknik Renang Gaya Dada

Renang gaya dada atau Breast stroke sering disebut juga dengan renang gaya katak. Karena gaya renang ini mirip dengan cara katak berenang.

Renang Gaya dada adalah salah satu cabang olahraga yang sangat populer karena olahraga ini masuk dalam perlombaan yang besar, yaitu Olimpiade, Sea Games, dan Lain lainnya. Dalam mengikuti ke ikut sertaan dalam perlombaan tersebut salah satu nya harus sudah menguasai teknik dari renang gaya dada. Adapun disini akan menjelaskan tentang teknik renang gaya dada, yaitu sebagai berikut :

1. Teknik Meluncur

Salah satu teknik yang harus di kuasai yaitu teknik meluncur, karena teknik adalah awalan dari renang gaya dada, Bila kamu mampu melakukan ini dengan baik maka dalam perlombaan kamu memiliki awalan yang bagus untuk renang gaya dada. Untuk melakukan teknik ini langkah-langkah nya yaitu sebagai berikut :

Teknik Meluncur Renang Gaya Dada

Langkah-Langkahnya :

  • Ambil posisi berdiri menempel di bagian pinggiran kolam renang menggunakan satu kaki di mana juga menempel di bagian dinding kolam.
  • Tubuh dibungkukkan yang di mana posisinya menjadi sejajar dengan permukaan air.
  • Tangan dalam posisi lurus ke arah depan saat melakukan langkah sebelumnya dengan mengapit kedua daun telinga.
  • Sesudah itu doronglah tubuh sekuat tenaga dengan kaki yang tadinya menempel di dinding kolam, lalu luncurkan tubuh ke depan.
Baca Juga  Renang Gaya Kupu-Kupu

 


2. Teknik Gerakan Tangan Pada Renang Gaya Dada

Yang Selanjutnya teknik gerakan tangan, karena gerakan tangan dari ayunan kedua tangan menghasilkan dorongan saat berenang. Pada saat mengambil nafas juga diperlukan sebuah gerakan tangan yang benar supaya air tidak masuk saat kita bernafas, untuk melakukan teknik ini langkah-langkah nya yaitu sebagai berikut :

Teknik Lengan Renang Gaya Dada

Langkah-Langkahnya :

  • Ambil posisi tubuh dalam kondisi bungkuk dan ada di atas permukaan air dengan kedua tangan yang sejajar dengan bahu lurus ke depan. pada saat melakukan ini, rapatkan seluruh jari-jari tangan.
  • Tariklah kedua lengan ke sisi samping bawah dengan meluruskan siku sambil menahan air. Lalu ketika siku sudah berada di bawah dada, bengkokkan kedua siku agar dapat membentuk sudut 45 derajat. ketika kedua lengan ditarik, maka gerakan yang benar yaitu seperti sedang mendayung dan perlu melewati garis bahu untuk dinyatakan tepat.
  • Hadapkan telapak tangan ke samping ketika melakukan sebuah proses menarik kedua lengan. Tak hanya itu, hadapkan kedua tangan kembali ke bawah saat hendak membentuk sudut.
  • Tarik lagi kedua tangan ke arah atas sampai di bawah dagu dan pastikan pada saat itu telapak tangan mengarah atau menghadap ke bawah.
  • Sesudah lengan sudah kembali posisinya di bawah dagu, maka lengan harus segera kembali pada sikap permulaan.

3. Teknik Latihan Gerakan Kaki Pada Renang Gaya Katak.

Cara melatih gerakan kaki pada gaya katak ini sangat penting, karena dengan gerakan kaki yang benar maka dapat menambah kecepatan kita saat berenang. Selain dilatih di kolam renang, usahakan untuk olahraga lari. Karena itu dapat membantu Anda dalam melatih ketahanan kaki saat berenang. Berikut ini cara melatih gerakan kaki saat berenang gaya katak.

Baca Juga  Olahraga Akuatik yang Harus Kamu Tahu

Teknik Kaki Renang Gaya Dada

 

Langkah-Langkahnya :

  • Setelah meluncur posisi badan harus terlungkup sejajar dengan air kolam.
  • selanjutnya tarik kaki secara bersamaan ke samping, kemudian kaki diluruskan kembali seperti posisi kaki katak saat berenang.
  • Terus lakukan lecutan saat kaki akan melakukan gerakan menutup.
  • Kemudian lakukan secara berulang sampai benar.

4. Teknik Pernapasan

Teknik pernapasan sangat penting, karena bila kita tidak bisa mengambil nafas dengan benar maka bisa mengakibatkan tenaga kita cepat habis dan akhirnya membuat gerakan kita lebih lambat. Untuk melakukan teknik ini berikut langkah-langkah nya yaitu sebagai berikut :

Teknik Pernapasan Renang Gaya Dada

Cara Melakukan Teknik Pernapasan:

  • Pada sikap awal untuk melakukan gerakan pernapasan, pastikan berdirilah lebih dulu di dalam kolam renang dangkal sambil membungkukkan tubuh yang hingga sejajar dengan permukaan air kolam.
  • Pada bagian wajah, silakan untuk menghadapkan wajah ke arah depan di mana harus berada juga di antara kedua lengan yang sedang diluruskan ke depan.
  • Saat sudah hendak mengambil napas, lakukan dengan kepala diangkat ke atas sampai mulut muncul di permukaan air. Tapi jangan terlalu atas dan hanya sampai sejajar dengan permukaan air.
  • Selanjutnya dalam waktu bersamaan silakan kedua lengan sudah mulai menekan ke dalam atau bawah air sambil mendorong air ke dalam.
  • Selanjutnya pada saat tangan sudah mencapai bawah dagu, luruskanlah ke arah depan secara pelan-pelan saja sambil menurunkan kepala juga dan udara dihembuskan saat kepala sudah masuk ke dalam air.
  • Selanjutnya kepala perlu menghadap ke bawah alias ke dalam air sebab bila menghadap ke depan maka leher akan terbeban dan bisa lebih tinggi risiko cederanya. Saat menghembuskan udara di dalam air lakukan perlahan saja.
  • Yang terakhir pada teknik gerakan pernapasan ini, bisa dilakukan setiap 4 kali gerakan atau 2 kali gerakan juga boleh, dan untuk perenang yang sudah handal malah biasanya dapat melakukan pernapasan dalam 8 gerakan karena sudah terbiasa dan terlatih dengan baik
Baca Juga  Polo Air

Itulah materi Teknik Renang Gaya Dada Secara Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :