Tujuan & Manfaat Kebugaran Jasmani

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olaraga..! kali ini akan membahas materi mengenai tujuan serta manfaat yang ada pada kebugaran jasmai, yang sebelumnya telah dibahas pengertian kebugaran jasmani.

Tanpa disadari terdapat banyak manfaat serta tujuan dari kebugaran jasmani in yang baik bagi tubuh, yang dapat membuat tubuh menjadi lebih aktif serta lebih aktif dalam menjalani keseharian.

Apa saja tujuan serta manfaat yang ada dalam kebigaran jasmani, mari simak materi ulasan lengkapnya di bawah ini.


Pengertian Kebugaran Jasmani

Pengertian Kebugaran Jasmani

Kebugaran Jasmani adalah suatu latihan fisik guna meningkatkan daya tahan pada tubuh dan kekuatan pada otot, serta guna melatih kelenturan dan keseimbangan tubuh.

Kebugaran jasmani ini juga sangat efektif untuk tubuh kamu dalam membakar kalori lemak yang ada di dalam tubuh kamu serta menurunkan resiko-resiko terjadi nya penyakit pada tubuh.

Beberapa contoh latihan kebugaran jasmani yang menunjang untuk kesehatan pada tubuh meliputi :

  • Latihan angkat beban.
  • Lari maraton.
  • Senam Aerobik.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Manfaat Kebugaran Jasmani

Terdapat banyak manfaat kebugaran jasmani untuk tubuh kamu, setelah kamu melakukan beberapa latihan yang menunjang latihan kebugaran jasmani.

Berikut manfaat pada latihan kebugran jasmani :

1. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit Kardiovaskular

  • Rutin melakukan latihan kebugaran jasmani dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung atau stroke.
  • Apabila dilakukan secara rutin, otot jantung akan terlatih dan menjadi lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung yang kuat dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu, risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah juga akan lebih rendah.
  • Latihan kebugaran jasmani juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik “HDL” dan menurunkan kadar kolesterol jahat “LDL” di dalam tubuh sehingga menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner.
Baca Juga  Vidio Bokeh Terbaru Full HD

2. Menjaga Berat Badan

  • Latihan kebugaran jasmani dapat membakar kalori.
  • Membuatnya bisa menjaga atau bahkan menurunkan berat badan.
  • Disamping itu kamu juga harus mengiringinya dengan pola makan yang sehat dan teratur.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

  • Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengendalikan serta menurunkan kadar gula darah.
  • Pada saat melakukan latihan kebugaran jasmani sel-sel tubuh jadi lebih mudah untuk mengambil gula dari dalam darah.
  • Latihan kebugaran jasmani yang rutin kadar gula darah bisa menjadi lebih stabil dan risiko untuk terkena diabetes tipe 2 pun berkurang.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

  • Latihan ini juga dapat memperkuat tulang.
  • Latihan kebugaran jasmani yang aktif terbukti memiliki kepadatan tulang dan kekuatan otot yang lebih baik.
  • Dapat mencegah osteoporosis, terutama pada orang yang masih berusia 20–30 tahun.
  • Latihan kebugaran jasmani bisa dilakukan untuk memperkuat tulang antara lain mendaki, naik turun tangga, dan angkat beban.

5. Mengurangi Stres serta Depresi

  • Latihan kebugaran jasmani yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi stres serta meringankan gejala depresi.
  • Latihan kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

6. Memperbaiki Mood

  • Latihan kebugaran jasmani juga mampu memperbaiki mood atau suasana hati.
  • Latihan kebugaran jasmnai dapat meningkatkan kadar hormon endorfin yang dapat memicu rasa senang dan perasaan positif.
  • Latihan kebugaran jasmani juga dapat mengalihkan hal-hal negatif.

Itu tadi manfaat yang ada pada latihan kebugaran jasmani, Lakukan latihan kebugran jasmani ini dengan rutin serta teratur, maka manfaat ini akan terasa pada tubuh kamu.


Unsur-unsur Latihan Kebugaran Jasmani

Berikut unsur-unsur yang ada pada latihan kebugaran jasmani :

1. Daya Otot

Daya otot atau muscular power merupakan unsur kebugaran jasmani yang memiliki hubungan dengan kemampuan otot saat melakukan aktivitas harian.

Baca Juga  Unsur Kebugaran Jasmani

2. Daya Tahan

Daya tahan atau endurance berhubungan dengan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik harian dalam jangka waktu yang panjang.

3. Kekuatan

Kekuatan atau strength merupakan kualitas tubuh yang sehat dilihat dari kemampuannya dalam menggunakan otot saat melakukan aktivitas sehari-hari. Otot yang memiliki massa cukup dan kekuatan yang baik merupakan salah satu unsur utama dari jasmani yang bugar.

4. Kelenturan

Kelenturan atau flexibility merupakan unsur jasmani yang bugar berhubungan dengan pergerakan otot-otot tubuh, khususnya otot sendi. Kelenturan ini dibutuhkan dalam setiap cabang olahraga.

5. Kecepatan

Kecepatan atau speed merupakan unsur kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kemampuan tubuh untuk melakukan aktivitas fisik harian dengan baik sehingga cepat selesai dibandingkan dengan yang lain.

6. Kelincahan

Kelincahan atau agility merupakan kemampuan manusia untuk beradaptasi dalam mengubah posisi tubuh, dari depan ke belakang, atau dari kiri ke kanan.

7. Keseimbangan

Keseimbangan atau balance merupakan kemampuan tubuh dalam mengendalikan syaraf otot dan organ-organ. Tujuan akhir yaitu bisa mengendalikan gerakan tubuh dengan baik.

8. Ketepatan

Ketepatan atau accuracy merupakan kesanggupan pada tubuh manusia untuk bisa mengendalikan gerakan agar sesuai dan tepat sasaran.

9. Reaksi

Reaksi atau reaction merupakan kesanggupan pada manusia dalam memberikan respon terhadap rangsangan atau stimulus yang diperoleh dari orang lain.

10. Koordinasi

Koordinasi atau coordination merupakan unsur pada kebugaran jasmani yang berhubungan dengan kemampuan tubuh guna menyatukan berbagai aneka gerakan yang berbeda menjadi satu gerakan yang lebih efektif.

Itu tadi unsur yang perlu kamu pahami pada saat kamu melakukan latihan kebugaran jasmani.


Tujuan dalam Latihan Kebugaran Jasmani

Tujuan dalam Latihan Kebugaran Jasmani

Setelah kamu memahami manfaat serta unsur yang ada dalam latihan kebugaran jasmani, kamu juga perlu memahami tujuan dalam latihan kebugaran jasmani.

Baca Juga  Pengertian Pendidikan Jasmani Menurut Para Ahli

Langsung saja simak ulasan lengkapnya dibawah ini, berikut tujuan pada latihan kebugaran jasmani :

  1. Meningkatnya sistem sirkulasi darah, sistem saraf dan fungsi jantung.
  2. Meningkatnya komponen kelenturan, stamina serta kecepatan.
  3. Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih bahkan pada kondisi tertentu contonya pada ibu hamil, orang tua dan pemulihan setelah sakit.
  4. Pada atlet derjat kebugaran jasmani yang tinggi dapat berfungsi untuk meningkatkan prestasi.
  5. Merangsang perkembangan serta pertumbuhan bagi balita dan anak-anak.

Manfaat latihan kebugaran jasmani ini dapat diperoleh dengan berolahraga selama 30 menit setiap harinya.

Dalam melakukan latihan kebugaran jasmani ini jangan memaksakan diri untuk tetap berolahraga apabila tubuh kamu sedang tidak fit. Melatih tubuh secara berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan serta tidak disarankan.

Pada saat melakukan latihan kebugaran jasmani ini ada baiknya diimbangi dengan makanan yang sehat serta bergizi, untuk lebih menunjang hasil serta manfaat pada latihan kebigaran jasmani.


 

Baik lah itu tadi ulasan lengkap dari materi “Tujuan & Manfaat Kebugaran Jasmani“. Yang telah di jelaskan secara lengkap. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah dan perkuliahan serta dapat bermanfaat bagi kamu pembaca dalam membuat makalah lengkap tentang kebugaran jasmani. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :