Olahraga Push Up

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! pada kali ini mteri yang akan diulas olahraga push up. Hampir setiap kalangan mengetahui olahraga ini, mungkin banyak yang sering melakukan olahraga satu ini, karena olahraga in selain bertujuan membugarkan tubuh olahraga ini bisa membentuk otot lengan bila di lakukan dengan rutin dan pelaksanaan yang benar.

Pada olahraga ini juga tidak memerlukan ruangan khusus maupun lebar, kmau bisa melakukan olahraga ini di atas matras, lantai, ruangan sempit sekalipun.

Untuk itu langasung saja simak materi penjelasan di bawah ini dengan lengkap dan jelas yang akan dibahas mulai dari : Pengertian, manfaat, terknik dan lainnya :


Pengertian Push up

Pengertian Push up

Push up merupakan latian kekuatan otot, selain membuat tubuh menjadi bugar latihan push up ini juga bisa membentuk otot lengan bila dilakukan dengan pengulangan yang rutin.

Push up adalah olahraga jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep.

Dengan melaukan pengaturan yang benar pada push-up standar dengan memposisikan tangan selebar bahu atau sedikit lebih lebar. Pada saat hendak menekuk siku dan turun ke tanah, siku kita harus berada pada sudut 45º pada tubuh. Jari-jari harus direntangkan. Jari  mengarah ke depan.


Pengertian Push up Menurut Para Ahli

Berikut pengertian push up menurut para ahli :

1. Merriam-Webster

Push up adalah latihan pengkondisian yang dilakukan dalam posisi tengkurap dengan mengangkat dan menurunkan tubuh dengan meluruskan dan menekuk lengan sambil menjaga punggung tetap lurus dan menopang tubuh pada tangan dan kaki.

2. Cambridge Dictinary

Push up adalah latihan fisik di mana kita berbaring dengan wajah menghadap lantai dan mencoba mendorong tubuh dengan lengan sambil menjaga kaki dan punggung tetap lurus.

3. Collins English Dictionary

Push up adalah latihan untuk menguatkan otot lengan dan dada. Ini dilakukan dengan berbaring dengan wajah menghadap ke lantai dan mendorong dengan tangan untuk mengangkat tubuh hingga lengan lurus.


Teknik pada Push up

teknik push up

Berikut merupakan teknik pelaksanaan pada olahraga push up :

Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

1. Tengkurap di atas lantai

  • Posisi awal saat ingin melakukan push up dengan cara tengkurap dengan kedua telapak tangan berada diatas lantai.
  • Posisi baadan harus dibebankan pada bagian dada sehingga dapat melakukan dengan gerakan maksimal.
  • Gerakan selanjutnya lakukan dengan telapak tangan di atas lantai dengan lebar bentangan sebahu sehingga posisi siku akan mengarah pada jari kaki dan harus menyentuh lantai.

2. Angkat tubuh menggunakan lengan dengan kuat

  • Dorong tubuh keatas menggunakan kekuatan dari kedua otot lengan.
  • Posisi dari ujung kepala sampai ujung kaki tetap lurus.
  • Selanjutnya sampai akhir melakukan push up.

3. Pilih gaya push up

Terdapat beberapa gaya untuk melakukan push up, kamu bisa memilih gaya pada push up sesuai dengan yang kamu inginkan. Berikut merupakan beberapa gaya dalam olahraga push up. Wide Grip Push up

  • Triangle Push Up
  • Single Red Raised Push Up
  • Clap Push Up
  • Spiderman Push Up

4. Turunkan tubuh membentuk sudut 90 derajat

  • Setelah kamu mendorong tubuh keatas selanjutnya turunkan tubuh membentuk sudut 90º usahakan untuk tetap menjaga posisi badan dan juga kaki tetap lurus.
  • Dengan tujuan untuk menghasilkan resistensi yang lebih besar sehingga dapat membentuk tubuh.

5. Angkat tubuh dengan mendorong lantai

  • Pada teknik ni merupakan teknik yang di lakukan dengan menghembusankan nafas ketika mendorong tubuh.
  • Hal ini dapat menambah kekuatan mendorong tubuh yang lebih maksimal.
  • Otot trisep akan jauh lebih mudah terbentuk dan terkontraksi dengan melakukan gerakan-gerakan dorongan pada posisi awal sampai mengunci.

6. Ulangi kedua cara diatasa

Tahapan selanjutnya merupakan tahapan pengulangan, lakukan pengulangan pada kedua tahapan diatas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membentuk otot, lakukan pengulangan dengan baik.

Baca Juga  Komponen Kebugaran Jasmani

7. Istirahat yang cukup

Setelah melakukan olahraga push up, beristirahat lah dengan waktu 1 menit dan lakukan lagi teknik tahapan-tahapan yang ada di atas dan seterusnya.


Manfaat Olahraga Push up

Setiap olahraga tentunya memiliki manfaat, selain menyehatkan jasmani dan rohani olahraga juga memiliki manfaat nya tersendiri tergantung olahraga apa yang dilakukan. Berikut manfaat pada olahraga push up :

1. Meningkatkan kekuatan dan massa otot

Pada setiap push up memiliki manfaat nya tersendiri dalam membentuk masa otot, semakin sering kamu melakukan olahraga push up maka semakin cepat masa otot tubuh kamu terbentuk.

2. Menguatkan otot bahu

Selain meningkatkan masa pada otot kamu, pada olahraga push up ini pula dapat menguatkan otot bahu serta pada otot dan tendon di area bahu ini yang bertanggung jawab menjaga tulang lengan pada bahu.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 10 tahun, peneliti menemukan, pria yang bisa melakukan push up sebanyak 40 kali berturut-turut, terhindar dari penyakit jantung sebanyak 96% dibandingkan dengan mereka yang tidak bisa push up, sebanyak 10 kali.

Para pria yang ada dalam studi ini kebanyakan berusia di bawah 40 tahun, dan memiliki berat badan berlebihan, namun tidak sampai obesitas. Sekitar 1.562 pria yang berada di dalam studi ini merupakan anggota pemadam kebakaran. Studi ini juga membuktikan, pembentukan serta penguatan otot mampu menyehatkan jantung.

4. Meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia

Melakukan push up dengan rutin juga dapat meningkatkan jumlah hormon pertumbuhan manusia, pada hormon ini berfungsi untuk mendukung kesehatan tubuh serta dapat memperbaiki sel-sel yang rusak.
Hormon ini juga dapat memiliki peranan penting dalam pembesaran otot jika tidak ada hormon ini maka kamu akan kesulitan dalam meningkatkan masa otot.

Baca Juga  Unsur Kebugaran Jasmani

5. Memperbanyak testosteron dalam tubuh

Pada olahraga push up ini juga dapat memperbanyak testoteron. Testosteron sangat dibutuhkan untuk meningkatkan performa fisik, massa otot, produksi hormon lainnya, pertumbuhan rambut, hingga dorongan seks. Push up tersebut, diyakini bisa meningkatkan jumlah produksi testosteron dalam tubuh.


Tips pada Olahraga Push up

Setelah kamu memahami materi olahraga push up, kamu juga perlu memahami tips yang ada dalam olahraga push up sebelum kamu malakukan olahraga ini. Berikut tips pada olahraga push up :

  • Mengambil posisi yang benar dan posisi tubuh lerus ke depan.
  • Setelah meraih tujuan lakukan pengulangan dengan baik.
  • Lakukan push up dengan pengulangan dan jumlah yang tepat, untuk mengurasi resiko terjadinya cedera.

Resiko pada Push up

Setiap melakukan aktivitas olahraga apa saja tentunya memiliki resiko, perlu kamu ketahui untuk mengurangi terjadinya resiko dalam olahraga maka lakukanlah teknik-teknik yang ada dalam olahraga tersebut sama halnya seperti olahraga push up ini.

Maka bila hendak melakukan olahraga push up ini sebaiknya pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan fit, dan melakukan pemanasan serta lakukan teknik dengan baik.


 

Baiklah itu tadi ulasan mengenai materi olahraga “Push up”. Yang telah di jelaskan dengan lengkap dan jelas mulai dari : Pengertian, Teknik, Manfaat, Tips serta resiko yang ada dalam melakukan olahraga push up ini. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah olahraga yang ada. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :