Sejarah Renang

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! aktivitas olahraga air atau renang merupakan olahraga yang di lakukan di air dengan teknik tertentu seperti yang telah di bahas pada Aktivitas Renang sebelumnya.

Setelah kamu mengetahui apa itu aktivitas renang kamu juga perlu mengetahui asalmula olahraga ini terbentuk.

Nah, pada kali ini kelaspjok.com akan membahas materi dengan lengkap sejarah renang. untuk itu langsung saja simak materi ulasannya lengkap dibawah ini :


Sejarah Renang di Dunia

Renang sudah lama dikenal sejak jaman prasejarah. Dengan dibuktikannya adanya temuan lukisan tentang perenang pada sebuah dinding batu di dalam gua sebagai bukti adanya aktivitas renang di masa lalu.

Pada cabang olahraga ini mulai dikenal pada abad ke-19 di London, Inggris. Pada tahun 1837, hanya ada enam buah kolam renang di kota. Sejak saat itu renang makin populer. Bahkan pada tahun 1869, munculah beberapa asosiasi olahraga renang. Peraturan perlombaan renang ditetapkan oleh badan dunia bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Sedangkan indonesia di naungi oleh. Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) adalah induk organisasi cabang olahraga renang di Indonesia.

Renang kemudian semakin dikenal dunia sehingga pada tahun 1896, renang resmi menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada Olimpiade modern yang diselenggarakan di Athena, Yunani.

Sejarah renang dunia diawali dengan perlombaan yang dimulai tahun 1800 setelah dibangunnya kolam-kolam renang. Sebagaian besar pada saat itu masih menggunakan gaya dada.
Dalam sejarah renang dunia, olahraga ini merupakan salah satu cabang dari permainan yang dilombakan pada saat Olimpiade Athene 1896. Olimpiade Athena dipilih sebagai tuan rumah, yang pertama pada tahun tersebut.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas XII Semester Ganjil

Sejarah Renang di Indonesia

Sejarah renang di indonesia di mulai di kota Bandung. Hal ini dibuktiakn dengan pembangunan kolam renang yang bernama Cihampelas pada tahun 1904.

Ada beberapa kolam renang pada beberapa daerah yang ditemukan, terutama pada kota-kota besar seperti : Jakarta dan Surabaya.

Perkembangan olahraga renang ditandai dengan dibentuknya perkumpulan renang, antara lain : Bandungsche Zwembond atau yang disebut dengan Perserikatan Renang Bandung pada tahun 1917.

Perlombaan cabang olahraga renang di Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 1948 di kota Surakarta di Pekan Olahraga Nasional (PON). Gaya renang yang diperlombakan pada saat itu adalah gaya bebas, gaya punggung, dan gaya dada.


Teknik Gaya Renang

Dalam setiap olahraga, tentunya memiliki teknik yang digunakan dalam melakukan olahraga dengan tujuan agar olahraga tersebut berjalan dengan baik, teknik apa saja yang ada dalam olahraga renang. Berikut teknik gaya renang yang ada :

1. Gaya Kupu-kupu

Gaya kupu-kupu

 

Gaya kupu-kupu merupakan salah satu gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Berikut cara pelaksanaannya :

  1. Kedua belah lengan secara bersamaan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayunkan ke depan.
  2. Sementara kedua belah kaki secara bersamaan menendang ke bawah dan ke atas seperti gerakan sirip ekor ikan atau lumba-lumba.
  3. Udara dihembuskan kuat-kuat dari mulut dan hidung sebelum kepala muncul dari air, dan udara dihirup lewat mulut ketika kepala berada di luar air.

2. Gaya Punggung

Gaya Punggung

Gaya punggung merupakan gaya berenang yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Pertama kali diperlombakan di Olimpiade Paris 1900, gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas.

Berikut cara pelaksanaanya :

  1. Gerakan lengan dan kaki serupa dengan gaya bebas, hanya saja dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.
  2. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan menuju pinggang seperti gerakan mengayuh.
  3. Mulut dan hidung berada di luar air sehingga mudah mengambil atau membuang napas dengan mulut atau hidung.
Baca Juga  Lompat Galah

3. Gaya Bebas

Gaya Bebas

Gaya bebas merupakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air.

Berikut cara pelaksanaannya :

  1. Kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh.
  2. Kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.
  3. Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air.
  4. Pernapasan dilakukan saat lengan digerakkan ke luar dari air.
  5. Saat tubuh menjadi miring dan kepala berpaling ke samping.
  6. Sewaktu mengambil napas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau ke kanan.

4. Gaya Katak (Gaya Dada)

Gaya Katak

Gaya dada merupakan gaya berenang paling populer untuk renang rekreasi, karena tidak sulit untuk di lakukan.

Berikut cara pelaksanaannya :

  1. Posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada di luar air dalam waktu yang lama
  2. Kedua belah kaki menendang ke arah luar sementara kedua belah tangan diluruskan di depan.
  3. Kedua belah tangan dibuka ke samping seperti gerakan membelah air agar badan maju lebih cepat ke depan.
  4. Gerakan tubuh meniru gerakan katak sedang berenang sehingga disebut gaya katak.
  5. Pernapasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air.
  6. Setelah satu kali gerakan tangan-kaki atau dua kali gerakan tangan-kaki.

Sejarah Renang Gaya Punggung

Dalam gaya punggung, gaya ini merupakan gaya gaya berenang dengan posisi tubuh menghadap ke permukaan air, dengan posisi wajah berada di atas air sehingga mudah untuk mengambil nafas.
Tentu pada gaya ini memiliki sejarah dalam perkembangannya. Berikut sejarah dalam gaya punggung.

Sejarah gaya renang punggung ini sudah dikenal sejak zaman kuno, untuk pertama kalinya secara resmi diselenggarakan perlombaan gaya punggung ini pada tahun 1900 di Olimpiade Paris.

Baca Juga  Renang Gaya Punggung

Seiringnya perkembangan jaman, gaya punggung akhirnya mulai terkenal saat sekitar tahun 1912, pada waktu itu ada perlombaan renang dengan tiga nomor yaitu: gaya dada, gaya punggung dan gaya bebas. Salah satu seorang perenang asal Amerika yang sudah berkali-kali memenangkan pertandingan adalah Adolf Kiefer, yang pertama kalinya memperkenalkan gaya punggung. Sampai sekarang gaya ini dikenal di dunia.


Sejarah Renang Gaya Bebas

Pada gaya bebas ini, posisi dada menghadap permukaan air dengan kedua tangan bergerak secara bergantian mengayuh dan kedua kaki di kepakan secara bergantian naik turun keatas dan kebawah. Nah, pada gaya ini juga memiliki sejarahnya. Berikut sejarah pada gaya bebas.

Gaya bebas ini sudah dikenal sejak zaman kuno. Pada gaya bebas ini diluar negeri pertama kali diadakan perlombaan di London pada tahun 1844.

Sampai sekarang gaya bebas ini sangat digemari kebanyakan orang, dikarena gaya ini mudah untuk dilakukan dan lebih cepat membuat tubuh melaju dengan lebih cepat di air saat berenang.

Meskipun perenang asal Inggris pernah berkata bahwa gaya renang ini tidak elegan dikarenakan memercikkan air kemana-mana terlalu banyak.


 

Baiklah itu tadi ulasan materi lengkap “Sejarah Renang. Yang telah diluas dengan jelas dan lengkap, semoga materi diatas dapat berguna bagi kamu pembaca dalam membuat tugas-tugas yang ada, serta dapat bermanfaat bagi kamu pembaca dalam membuat makalah olahrag aktivitas air lengkap. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :