Renang Gaya Kupu-Kupu

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga renang yaitu Renang Gaya Kupu-Kupu ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Renang Gaya Kupu-Kupu. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Renang Gaya Kupu-Kupu

 


Pengertian Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang gaya kupu-kupu atau sering disebut juga dengan butterfly stroke adalah salah satu dari 4 gaya renang yang dipertandingkan pada olimpiade. Renang gaya kupu-kupu ini menjadi salah satu gaya renang yang paling populer. Gaya kupu-kupu juga sering disebut dengan gaya lumba-lumba atau dolphin. Karena gerakannya yang mirip seperti gerakan lumba-lumba.

Dibandingkan dengan renang gaya bebas, gaya punggung atau gaya dada, renang gaya kupu-kupu ini lebih memerlukan kekuatan dan kecepatan untuk melakukannya. Kecepatan dalam renang gaya kupu-kupu ini berasal dari ayunan kedua tangan yang dikombinasikan dengan sebuah dorongan gerakan kaki secara bersamaan.

 


Sejarah Renang Gaya Kupu-Kupu

Menurut sejarah olahraga ini didirikan pada tahun 1933 oleh seseorang yang ahli di bidang olahraga disebuah negara Amerika pada ajang perlombaan renang Central YMCA.

Dengan semakin berkembang nya zaman renang gaya kupu-kup ini masuk dalam Olimpiade pada tahun 1938 yang mewakili Amerika Serikat dan diskualifikasi kan dengan menyebut gaya itu dengan yang sudah kita kenal yaitu “Kupu Kupu”.


Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu

Renang Gaya Kupu-Kupu

Untuk melakukan sebuah gerakan yang benar, atlet renang harus mengetahui teknik dasarnya terlebih dahulu, agar tidak mudah cedera dalam melakukan gerakan gaya renang kupu-kupu. Adapun dibawah ini akan menjelaskan teknik renang gaya kupu-kupu, yaitu sebagai berikut :

Baca Juga  Olahraga Akuatik yang Harus Kamu Tahu

1. Teknik Start

Yang pertama renang gaya kupu-kupu adalah teknik start. Teknik ini dimulai dengan posisi berdiri diatas balok start dengan tubuh sedikit membungkuk ke depan dan lutut ditekuk sedikit.


2. Teknik Posisi Tubuh

Pada teknik ini menjadi bagian terpenting karena akan menentukan kesempurnaan gerakan. Usahakan posisi tubuh sedatar mungkin dengan permukaan air meski dalam prakteknya nanti terjadi gerakan naik turun secara vertikal.

Pada teknik ini, posisi tubuh mengambang dengan posisi telungkup yang sejajar dibawah permukaan air. Pertahankan posisi tubuh dari kepala, bahu, pinggang hingga kaki sedatar mungkin dengan permukaan air untuk memperkecil hambatan. Kedua tangan berada diatas kepala. Ada dua hal yang harus diperhatikan dalam melakukan teknik ini, yakni :

  • Bagian kepala naik sedikit ketika pengambilan nafas. sesudah mengambil nafas, tundukan kepala dengan cepat agar posisi tubuh tetap datar dengan permukaan air.
  • Tidak memukul terlalu dalam ketika melakukan sebuah hentakan kaki. Lakukan hentakan kaki dengan menekuk kedua kaki di persendian lutut lalu diluruskan kembali dengan keras.

3. Teknik Gerakan Lengan

Tahapan gerakan lengan ini adalah teknik yang harus di kuasai bagi peserta renang maka terdapat macam macam gerakan lengan yaitu :

  • Entry : suatu gerakan yang melawati daerah samping ke dalam air dan lengan lurus pada posisi depan hingga jari-jari melebar dan lebih rendah dari siku
  • Mengayun ke luar : suatu gerakan ke luar secara yang berkesinambungan yang sehingga gerakan ini bisa di lakukan sesudah kedua lengan dan bahu bersamaan mengarah ke bawah
  • Mengayun ke bawah: suatu gerakan dengan tangan ke arah bawah dari lingkaran jarak tempuh
  • Mengayun ke dalam : suatu gerakan bawah siku hingga masuk ke dalam lingkaran kecil ke bawah permukaan dasar air membentuk sudut 20 derajat
  • Recovery : yaitu gerakan yang di perlakukan secara rileks serta , pangkul lengan mengayun ke depan
Baca Juga  Cabang Olahraga Akuatik

4. Teknik Gerakan Kaki

Teknik Gerakan Kaki ini yang harus dipersiapkan untuk melakukan olahraga ini yaitu sebagai berikut :

  • Pinggang haru diturunkan ke arah bawah dan kaki bergerak ke belakang untuk melakukan cambukan
  • Memanfaatkan sebuah gerakan dengan pergelangan kaki dan punggung sehingga bisa menekan air ke bawah secara cepat
  • Gerakan kaki ke atas permukaan air
  • Gerakkan kaki dan punggung harus terangkat ke atas saat bergerak ke bawah

5. Teknik Gerakan Mengambil Napas

Pada teknik mengambil napas ini salah satu teknik yang penting di renang gaya kupu-kupu, karena jika salah menggunakan teknik gerakan mengambil napas, akan membuat perenang cepat kelelahan. Adapun teknik nya yaitu sebagai berikut :

  • Lakukan sebuah gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu dengan kepala diangkat ke arah dapan membentuk 20 derajat
  • Lakukan sebuah gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah samping kanan membentuk 45 derajat
  • Lakukan sebuah gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah samping kiri membentuk 45 derajat dengan cepat
  • Udara dihirup dengan melakukan sebuah gerakan dengan mengambil nafas pada saat renang gaya kupu-kupu posisi kepala diangkat ke arah atas membentuk 45 derajat dengan secara bersamaan.

Manfaat Renang Gaya Kupu Kupu Bagi Tubuh

Olahraga renang gaya kupu-kupu ini juga dapat menghasilkan manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Berikut empat manfaat yang terdapat pada renang gaya kupu kupu yaitu :

  • Melatih Otot Lengan : dapat melatih otot-otot lengan karena sebuah gerakan koordinasi bagaian lengan dan kaki sehingga terdorong dan membantu melatih otot lengan.
  • Melatih Otot Kaki : dapat membentuk otot-otot pada bagian kaki karena pada gerakan menggunakan koordinasi kaki yang sangat kuat sehingga dan mendorong membantu melatih otot kaki.
  • Membentuk Postur Tubuh : yaitu dapat melatih otot dada serta otot pada bagian bahu karena pendorong akan pembentukan postur tubuh yang ideal.
  • Menurunkan Berat Badan – yaitu bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan hingga membantu pembentukan otot pada bagian perut
Baca Juga  Teknik Renang Gaya Dada

Itulah materi Renang Gaya Kupu-Kupu : Pengertian, Sejarah, Teknik & Manfaatnya Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :