Tujuan & Manfaat Senam Irama

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! kali ini akan membahas materi olahraga mengenai manfaat yang ada pada olahraga senam irama, sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian serta sejarah pada Senam Irama.

Banyak orang setiap kalangan menyukai olahraga senam irama ini, tanpa disadari banyak manfaat yang telah di dapatkan setelah melakukan aktivitas senam irama ini. Olahraga senam irama ini dilakukan dengan iringan musik baik musik slow maupun musik ritmik, dilakkukan dengan gerakan-gerakan semangat.

Apa saja manfaat yang ada setelah melakukan senam irama. Langsung saja simak materi ulasan lengkaonya di bawah ini.


Pengertian Senam Irama

Pengertian Senam irama

Senam irama adalah aktivitas gerakan tubuh yang di lakukan dengan iringan musik, baik musik slow maupun musik ritmik, dilakkukan dengan gerakan-gerakan semangat.

Olahraga senam irama ini bisa dilakukan dengan individu maupun kelompok, akan lebih bersemangat lagi apabila olahraga ini dilakukan dengan berkelompok.


Unsur Gerak Senam Irama

Terdapat beberapa unsur gerak yang terkandung pada olahraga senam irama ini yang perlu kamu pahami. Simak dan pahami ulasan lengkap nya.

Berikut ulasan lengkap nya :

1. Kekuatan Senam Irama

Kekuatan pada senam iarama atau ritmik merupanakan pondasi untuk atlet senam. Tanpa adanya kekuatan dalam melakukan berbagai macam gerakan senam, tentunya seorang atlet akan kesulitan dalam melakukan gerakan-gerakan.

2. Kelenturan Senam Irama

Kelenturan pada senam irama sangat berguna dalam membentuk pola gerakan tubuh.

3. Keseimbangan Senam Ritmik

Keseimbangan dalam senam irama adalah salah satu bentuk utama dari senam, yang berguna dalam koreografi gerakan. Keseimbangan ini sangat dibutuhkan dalam gerakan yang sulit sperti berputar dengan titik tumpu satu kaki.

Baca Juga  Guling Lenting

4. Keluwesan Senam Ritmik

Keluwesan merupakan gerakan dalam senam yang menunjukan kegigihan dalam latihan yang pernah dilakukan oleh atlet, semakin lama seorang atlet melakukan latihan, maka semakin luwes gerakan yang dihasilkan seorang atlet.

5. Keindahan Senam Ritmik

Keindahan senam menjadi poin yang paling penting yang harus diperhatikan. Menjadi point penting karena senam irama yang terlahir dari seni pertunjukan dan asih menjadi elemen yang terus menempel serta menjadi elemen utama selam senam ritmik.

6. Keterampilan Senam Ritmik

Keterampilan ini dilakukan dengan kreativitas atau keterampilan dalam gerakan senam. Umunya perlombaan senam irama memiliki banyak variasi gerakan dalam mendaoatkan nilai.

7. Ketepatan Senam Ritmik

Ketepatan dalam senam irama membutuhkan perhitungan yang matang. Tidak hanya menghitung pola langkah pada ruangan detik jatuhnya gerakan. Ketepatan ini dilakukan dengan gerakan yang seirama bersamaan dengan musik yang mengiringi.

Itu tadi unsur-unsur yang ada dalam olahraga senam baik di pahami sebelum kamu melakukan gerakan senam, guna menghasilkan gerakan senam yang indah dan menyenangkan.


Jenis Senam Irama

Pada olahraga senam irama ini bisa dilakukan dengan dua cara. Berikut jenis senam irama yang bisa kamu pilih sesuai dengan yang kamu igninkan dan menyenangkan.

  1. Kelompok : Senam irama kelompok yang dilakukan dengan cara berkelompok. Para atlet menggunakan salah satu dari sekian jenis alat guna mempertunjukkan koreografinya.
  2. Individu : Senam ini dilakukan oleh satu orang atlet atau individu dengan mempertlihatkan koreografinya menggunakan alat bantu ataupun tidak menggunakan alat bantu.

Manfaat Senam Irama

Setiap cabang olahraga tentunya memiliki segudang manfaat yang terkandung dalam setiap gerakan-gerakan olahraga, sama halnya seperti olahraga senam irama ini yang terdapat banyak manfaat.

Baca Juga  Cabang Olahraga

Tanpa disadari olahraga senam irama ini banyak mengandung manfaat bila dilakukan dengan rutin serta diimbangi dengan makanan serta istirahat yang cukup.

Apa saja manfaat yang terkandung dalam olahraga senam irama ini, berikut manfaat olahraga senam irama :

  • Mencegah timbulnya penyakit.
  • Menurutkan berat badan.
  • Memperbaiki bentuk fisik.
  • Meningkatkan kesehatan jantung.
  • Memperbaiki keseimbangan fisik.
  • Menyehatkan mental dalam kehidupan sehari-hari.
  • Kesehatan dan kebugaran badan.
  • Lebih percaya diri dan bahagia.
  • Membangun interaksi sosial dan dinamika kelompok yang terjalin dengan baik.
  • Perkembangan otak dengan pikiran yang berkoordinasi dengan tubuh dalam melakukan senam.
  • Membuat perasaan lebih bahagia.
  • Menghilangkan stres.
  • Memiliki pola hidup yang aktif.
  • Membakar lemak dan kalori yang ada pada tubuh.
  • Membantu Menurunkan Berat Badan.

Tujuan Senam Irama

Selanjutnya tujuan dari melakukan olahraga senam irama. Secara garis besar tujuan dari olahraga senam irama ini menciptakan gerakan-gerakan yang teratur dan indah, melakukan koreografi yang menarik untuk dilihat yang bertujuan menghibur dan membuat para penonton tekjub dengan hasil pertunjukan senam irama.

Senam irama ini membutuhkan tenaga serta ketahanan fisik yang kuat karena semakin sulit gerakan yang dilakukan maka akan semakin banyak tenaga yang dikeluarkan serta membutuhkan latihan yang rutin dalam melakukan gerakan tersebut.

Berikut tujuan dalam melakukan olahraga senam irama :

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh bagi orang yang memasuki usia renta.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Mencegah Anda dari berbagai penyakit, terma
  4. Meningkatkan fungsi jantung.
  5. Meningkatkan kinerja paru-paru dan meningkatkan stamina serta kekuatannya.

 

Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi “Tujuan & Manfaat senam Irama“. Yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugs-tugas serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah mengenai materi senam irama. Terima Kasih 🙂

Baca Juga  Senam Lantai

 

Baca Juga Artikel Ini :