Renang Gaya Katak

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga, kembali lagi dengan saya yang hobinya memberikan informasi materi PJOK. Sudahkah anda mengetahui salah satu olahraga renang yaitu Renang Gaya Katak ?? Jika Belum. pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi tentang Renang Gaya Katak. Untuk itu mari simak ulasan yang ada dibawah berikut ini

Renang Gaya Katak

 


Pengertian Renang Gaya Katak

Renang gaya katak adalah salah satu gaya berenang yang umum dilakukan, renang ini juga dapat disebut dengan renang gaya dada. Disebut dengan gaya katak bukanlah tanpa alasan, mengingat gaya renang ini mirip dengan gaya katak.

Renang gaya katak dilakukan dengan menggunakan tangan dan kaki untuk bergerak, sedangkan dada menghadap ke permukaan air bertujuan untuk memunculkan daya apung. Renang ini cenderung lebih mudah dilakukan dari pada gaya renang lainnya.

 


Sejarah Renang Gaya Katak

Renang gaya dada sudah sangat populer pada tahun 1875 setelah mampu mencatatkan sebagai olahraga dalam berenang dan bisa menyeberangi sungai dan lautan, dan pada tahun 1904 olahraga ini sudah menjadi salah satu cabang Olimpiade yang mempertandingkan jenis olahraga dalam tingkat dunia.

Sampai saat ini jenis olah raga ini di Indonesia sudah banyak yang menyukai renang gaya katak ini bahkan sampai ke seluruh dunia sangat menyukai renang gaya katak ini.

 


Teknik Renang Gaya Katak

Renang Gaya Katak

Teknik renang gaya katak atau gaya dada adalah salah satu teknik renang yang banyak digunakan. Gaya renang yang satu ini memang mudah untuk dilakukan karena tidak memerlukan banyak tenaga. Selain itu, cara melakukannya juga tidak terlalu sulit, apalagi bagi pemula yang mau belajar renang dengan gaya katak ini. jika ingin mempelajari renang gaya katak ini harus menguasai tekniknya terlebih dahulu, adapun tekniknya yaitu sebagai berikut :

Baca Juga  Olahraga Dayung

1. Teknik meluncur

  • Tempelkan badan pada pinggiran kolam dengan posisi membelakangi
  • Letakkan telapak kaki pada dinding kolam dan kaki satunya lagi tetap berdiri menyeimbangkan badan
  • Dorong badan dengan menggunakan telapak kaki yang berada di dinding kolam dan diikuti dengan kaki satunya lagi
  • Biarkan badan meluncur ke depan

2. Teknik Gerakan kaki

  • pertama-tama Tekukkan kedua kaki kemudian tendang ke arah luar samping
  • Lalu rapatkan kedua kaki dalam posisi lurus
  • selanjutnya ketika merapatkan kaki, pastikan kedua telapak kaki kanan dan kiri bersentuhan sehingga badan akan lebih terdorong ke depan
  • dan ulangi kembali gerakan di atas dengan urutan tetap tekuk-tendang-rapat

3. Teknik Gerakan tangan

  • pertama-tama rapatkan kedua telapak tangan dengan posisi lengan lurus
  • Lalu tarik kedua tangan ke arah samping dengan gerakan mendorong air yang dilanjutkan dengan gerakan tangan ke bawah
  • Terus bawa kembali kedua tangan ke posisi semula dan ulangi terus
  • Selanjutnya ketika melakukan gerakan ini, pastikan supaya kepala tetap berada di atas air
  • Dan gerakan tangan pada gaya dada atau katak ini bisa dilatih dengan menggunakan papan seluncur

4. Cara mengambil nafas

  • Nafas hanya bisa diambil dalam satu gerakan saja
  • Ketika kepala berada di atas air akibat terdorong oleh sebuah gerakan tangan ke samping, ambil nafas melalui mulut sebanyak mungkin.
  • Lalu kembali tahan nafas ketika kepala sudah berada di dalam air lagi
  • Terus ulangi pengambilan nafas di setiap kesempatan kepala berada di luar air
  • Dan usahakan untuk tidak mengambil nafas melalui hidung untuk mencegah masuknya air ke dalam paru-paru

 


Manfaat Renang Gaya Katak

Berenang memang salah satu cabang olahraga yang sangat menyenangkan sehingga banyak sekali masyarakat yang senang dengan melakukan olahraga tersebut, Karena olahraga ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk manusia. Diantara yaitu sebagai berikut :

Baca Juga  Sejarah Renang

1. Menguatkan tulang dan otot

Renang bermanfaat untuk membuat tulang dan otot-otot seluruh tubuh menjadi lebih rileks dari kepala sampai kaki bahkan sampai keseluruh tubuh, berenang bisa menguatkan kekuatan otot sehingga menambah stamina massa otot di usia muda


2. Efektif bakar lemak

Olahraga renang juga bermanfaat untuk membakar kalori hingga 60 kalori bahkan otot perut akan terlihat indah, Pembakaran lemak terjadi sesudah 20 menit melakukan renang sehingga pada awal mulai membakar karbohidrat cadangan dan sesudahnya baru membakar lemak yang terdapat pada tubuh. dengan demikian otomatis jumlah kalori yang terbakar akan lebih banyak.


3. Menjaga Kadar Kolesterol

Saat melakuan olahraga renang harus 15 sampai dengan 30 menit,  agar kolesterol dalam tubuh dapat dengan mudah akan menghilang karena hasil yang didapatkan mengandung lemak dalam darah menjadi meningkat dan menyebabkan kolesterol yang berlebihan.


4. Menghilangkan Stres

Selain bisa mencegah kolesterol dalam olahraga renang juga dapat menghilangkan beberapa penyakit dan dapat juga menghilangkan stres tapi ada juga dapatmenghilangkan berbagai macam penyakit.


5. Cegah risiko penyakit kronis

Rutin dalam berenang akan meningkatkan daya tahan tubuh bahkan bisa meningkatkan kekebalan dari penyakit dan berfungsi untuk melancarkan aliran dara pada jantung bahkan dapat juga mencegah penyakit struke.


Itulah materi Renang Gaya Katak : Pengertian, Sejarah, Teknik & Manfaatnya Lengkap. semoga apa yang dijelaskan diatas mudah dipahami dan bermanfaat bagi anda semua.Sekian dan terimakasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :