Peraturan Lari Jarak Pendek

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada materi kali ini akan membahas mengenai peraturan pertandingan pada olahraga atletik nomor lari jarak pendek. Sebelumnya telah kelaspjok.com bahas mengenai pengertian, sejarah serta teknik nya yang telah di bahas dengan jelas dan lengkap.

Pada cabang olahraga lari jarak pendek ini termasuk dalam pembahasan pada jenjang pendidikan SD, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.

Olahraga lari jarak pendek ini adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan.

Apasaja peraturan pertandingan dalam olahraga lari jarak pendek ini. Simak materi penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Peraturan Lari Jarak Pendek


Peraturan Pertandingan

Pada peraturan pertandingan lari jarak pendek ini telah ditetapkan oleh IAAF (International Association of Athletics Federation) yang merupakan Federasi Atletik seluruh dunia dan juga PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) yang merupakan induk Olahraga Atletik di Indonesia.

Pada lari jarak pendek atau sering disebut dengan ari cepar (Sprint) terbagi menjadi beberapa nomor yang diperlombakan, diantaranya yaitu nomor lari 100 meter, lari 200 meter dan lari 400 meter. Sebelum kamu mengikuti perlombaan lari jarak pendek ini ada baiknya kamu menguasai teknik lari jarak pendek.


Tanda atau Aba-aba

Pada lari jarak cepat ini sebelum melakukan atau berlalari, harus menunggu aba-aba atau tanda untuk dimulainya para atlet berlari. Aba-aba ini biasanya nya dilakukan setelah para atlet sudah bersiap di tempar start nya masing-masing.

Aba-aba yaitu “Bersedia – Siap – YA” pada aba-aba terakhir diikuti dengan suara tembakan sebagai tanda utnuk berlarinya para atlet.

Baca Juga  Tujuan dan Manfaat Olahraga

Dalam ajang perlombaan lari internasional yang besar maka pada lari dengan jarak 800 meter hingga pada akhir ujung lintasan, maka peserta harus berada pada lintasannya masing-masing.


Peraturan Lintasan

Pada peraturan perlintasan ini di peruntukan untuk pelari pada lintasan jarak menengah.

Berikut penjelasannya :

  1. Pelari pada lari jarak menengah mulai start dalam lintasan yang terpisah. Yang mana baru boleh ditinggalkan setelah tikungan yang pertama.
  2. Proses start tanpa pembagan lintasan dari belakang garis start dibuat sedemikian rupa sehingga semua pelari menempuh jarak yang sama.

Peraturan Jarak Lintasan

lintasan larii jarak pendek

Peraturan jarak lintasan pada lomba jarak lari menegah ini sebagai berikut :

  1. Satu keliling lintasan pada lari jarak mengah dibuat agar panjangnya dapat mencapai 400 meter, dibatasi dengan garis yang terbuat dari semen, kayu atau bahan yang lain yang mempunya lebar 5 cm dan tinggi 5 cm.
  2. Untuk perlombaan lari jarak menengah idealnya terdapat 8 lintasan, tapi boeh juga 6 lintasan minmal jika kondisi tidak mendungkung.
  3. Lebar lintasan untuk lari jarak menengah sendiri adalah 1.22 meter dan mempunyai garis lebar sebesar 5 cm.
  4. Kemiringan lintasan tidak boleh melebihi 100.

Kesalahan pada Perlombaan

Pada perlombaan lari jarak pendek ini tentunya sering terjadi kesalahan-kesalahan yang harus dihindar oleh para atlet atau peserta lomba.

Sama halnya seperti perlombaan cabang olahraga lari jarak pendek ini. Untuk menghindari terjadinya kesalahan-kesalahan sehingga dapat merugikan kamu perlu memahami hal-hal dibawah ini.

Berikut kesalahan yang harus dihindari :

  1. Pelari menggunakan jenis lari yang berlebihan dan tidak ekonomis. Sehingga pelari akan mudah lelah.
  2. Tubuh pelari terlalu condong atau miring ke arah belakang saat melakukan gerakan lari.
  3. Menengadahkan kepala atau kepala dibiarkan berputar.
  4. Pelari dalam lari jarak menangah mengayunkan bahu dan kepala ke samping ketika melakukan gerakan lari.
  5. Pelari menggunakan langkah yang kurang baik dan buruk ketika melakukan gerakan lari, gerakan tersebut adalah menekuk kaki.
  6. Pelari tegang ketika melakukan gerakan lari.
Baca Juga  Cabang Olahraga

Pelanggaran atau Diskualifikasi

Selain hal yang dihindari, kamu juga perlu mmenghindari hal-hal yang dapat membuat kamu terkena pelanggaran atau diskualifikasi.

Apasaja yang dapat menimbulkan terjadinya diskualifikasi. Berikut penjelasannya :

  1. Pelari melakukan kesalahan start lebih dari 3 kali.
  2. Memasuki lintasan dari pelari lain dan tidak berlari pada lintasannya sendiri.
  3. Menggangu pelari atau atlet lain.
  4. Keluar dari lintasan.
  5. Atlet terbukti memakai obat perangsang (Doping).

Wasit Perlombaan Lari

Dalam setiap pertandingan olahraga, tentunya memiliki wasit sebagai pengatur dalam pertandingan. tujuannya agar pertandingan berjalan dengan baik.

Berikut penjelasannya :

  1. Starter : Merupakan pengawas yang bertugas pada saat pemberangkatan pelari, starter juga bertanggung jawab ketika pelari melanggar ketika melakukan start.
  2. Recall Starter : merupakan pengawas yang bertugas mengecek para pelari sebelum pertandingan dimulai.
    Timer yaitu pengawas yang bertugas mencatat waktu pelari.
  3. Pengawas Lintasan : merupakan pengawas yang bertugas mengawasi pelari apabila pelari melakukan pelanggaran pada saat berlari ketika pertandingan berlangsung.
  4. Juri kedatangan : Merupakan penngawas yang bertugas mencatat dan menentukan yang pertama kali sampai finish, hingga pelari yang terkahir kali sampai di garis finish.
  5. Juri pencatat hasil : merupakan pengawas yang bertugas mencatatat hasil perlombaan setelah pelari berhasil sampai di garis finish.

Sarana yang Digunakan

Setiap cabang olahraga tentunya memiliki saranan prasarana khusus yang digunakan dalam berlatih maupun bertanding. Apasaja sarana dan prasaranan yang digunkana dalam olahraga lari jarak pendek ini.

Berikut penjelasannya :

  1. Sepatu Spikes : Sepatu merupakan hal yang sangat penting dalam olahraga berlari, selain sebagai alas kaki sepatu yang digunakan khusus untuk pelari juga sudah didesain untuk bisa mengoptimalkan kecepatan anda ketika berlari.Untuk itu anda harus tahu cara memilih sepatu lari yang tepat untuk anda.
  2. Start Block : merupakan peralatan yang digunakan untuk melakukan start.
  3. Nomor Pelari : setiap pertandingan, setiap pelari harus menggunakan yang nantinya dijadikan sebagai identitas dalam setiap pertandingan.
Baca Juga  Lompat Jangkit

 

Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi “Peraturan Lari Jarak Pendek“, yang sebelumnya telah dijelaskan mulai dari pengertian, sejarah serta teknik nya lengkap. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu pembaca dalam membuat tugas-yugas sekolah serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah olahraga lari jarak pendek. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :