Lompat Jauh

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Artikel kali ini membahas tentang aktivitas olahraga melalui olahraga atletik lompat jauh. Tentu kamu tidak asing lagi dengan olahraga lompat jauh, olahraga ini sering kamu lakukan padasaat sekolah dasar maupun sekolah menengah.
Untuk melakukan olahraga lompat jauh kamu perlu memahami teknik sebelum pelaksanaan dan teknik saat melakukan lompat jauh.

Kali ini akan mengulas materi dengan lengkap dan jelas materi lompat jauh, untuk lebih lanjutnya lagi mari kamu simak materi lengkapnya dibawah ini :


Pengertian Lompat jauh

Pengertian Lompat Jauh

Lompat jauh adalah salah satu nomor lompat dari cabang olahraga atletik yang paling populer dan paling sering dilombakan dalam kompetisi kelas dunia.

Lompat jauh adalah suatu gerakan melompat ke depan atas dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya.

Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat yang menggunakan tumpuan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh mungkin. Sasaran dan tujuan lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke titik pendaratan atau bak lompat.

Jarak lompatan diukur dari papan tolakan sampai ke batas terdekat dari letak titik pendaratan yang dihasilkan oleh bagian tubuh.


Sejarah Singkat Lompat Jauh

Olahraga lompat jauh cukup populer sejak zaman Yunani kuno, pada awalnya olahraga ini dimaksudkan sebagai salah satu bentuk latihan militer guna melatih dan menguji kelincahan para prajurit ketika melewati rintangan seperti parit, dan jurang.
Dimasa itu, teknik permainan lompat jauh berbeda dengan yang kita kenal sekarang, para jumper harus berlari dengan mengangkat beban di kedua tangannya. Hal ini dibuktikan berdasarkan lukisan kuno yang ditemukan.

Pada awalnya event dalam Olimpiade Kuno diadakan untuk tujuan latihan militer perang. Lompat jauh dipercaya bisa melatih ketangkasan prajurit perang dalam melompati rintangan seperti jurang atau parit. Lompat jauh zaman dulu diawali dengan start lari pendek dan juga para pelompat harus membawa beban di kedua tangannya (dikenal dengan nama halteres) yang mempunyai bobot 1-4,5 kg.

Baca Juga  Start Berdiri

Pertama kali lompat jauh dipertandingkan pada Olimpiade 1896. Dan telah menorehkan rekor- rekor jarak lompatan, Di tahun 1935 Jesse Owen mencatatkan loncatan 8,13 m, yang sebelumnya dipecahkan oleh Bob Beamon pada 1968 dan dipecahkan kembali oleh Mike Powell pada 1991 dengan rekor lompatan 8.95 m.


Teknik Lompat Jauh

Teknik Lompat Jauh

 

Pada setiap olahrga yang dimainkan, tentunya semua meiliki teknik dasar dengan tujuan agar pertandingan berjalan dengan baik. Pada lompat jauh ada beberapa teknik yang perlu kamu pahami.

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak materi penjelasannya dibawah ini :

1.Teknik Awalan

Teknik Awalan

Pelompat mengambil ancang-ancang sekitar 20-30 m dari garis lompat, kemudian mendekati garis tersebut sambil meningkatkan kecepatan lari. Namun pelompat harus bisa mengendalikan kecepatan lari, terutama pada 3-5 akhir sebelum garis lompat dan mempersiapkan untuk melakukan pengalihan dari kecepatan lari awalan (gerak horizontal) menuju tolakan (gerek vertikal).

Pada teknik ini harus dilakukan dengan baik dan benar mengontrol sebaik mungkin untuk memasuki papan tolakan dengan tidak ragu-ragu.

2.Teknik Tumpuan

Teknik Tumpuan

Saat melakukan tumpuan, posisi badan tidak boleh terlalu condong. Tumpuan juga harus kuat, cepat dan aktif. Keseimbangan badan juga harus dipertimbangkan agar tidak goyang. Gerakan ayunan lengan sangat membantu untuk menambah ketinggian serta menjaga keseimbangan tubuh.

Teknik tumpuan ini lah yang menentukan seberapa jauh lompatan kamu dan sah atau tidaknya lompatan yang kamu lakukan.

Beberapa hal yang perlu kamu pahami untuk melakukan tumpuan :

  • Tolakan dalam lompat jauh harus dilakukan dengan kaki yang kuat.
  • Bagian telapak kaki yang sangat cocok dan kuat untuk bertumpu biasanya terletak di bagian tumit terlebih dahulu dan diakhiri di bagian ujung kaki.
  • Sesaat sebelum melakukan tumpuan, usahakan badan condong ke belakang.
  • Sebaiknya bertumpulah tepat di papan tumpuan.
  • Kedua lengan ikut diayunkan ke depan atas ketika bertumpu.
  • Ayunkan kaki dan angkat ke depan sampai setinggi pinggul dengan posisi lutut ditekuk.
Baca Juga  Teknik Lempar Cakram

3.Teknik Melayang

Teknik Melayang

Untuk memudahkan serta memperluas jarak pendaratan kamu, gerkan kaki seperti berjalan ketika posisi tubuh melayang diudara. Selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika tubuh jumper berada dalam posisi melayang :

  • Menjaga keseimbangan badan.
  • Berusaha melayang diudara selama mungkin
  • Mempersiapkan kaki untuk melakukan pendaratan.

4.Teknik Mendarat

Teknik Mendarat

Atlet harus berupaya mendarat dengan sebaik mungkin. Jangan sampai badan atau lengan jatuh ke belakang. Pendaratan pada bak lompat dimulai dengan posisi kedua tumit kaki dan kedua kaki agak rapat. Yang perlu diperhatikan saat mendarat dalam lompat jauh adalah kedua kaki mendarat secara bersamaan, diikuti dengan dorongan pinggul ke depan. Sehingga badan tidak cenderung jatuh ke belakang yang dapat berakibat fatal bagi atlet itu sendiri.

Agar mendapatkan hasil yang diinginkan pada teknik diatas, lakukan lah latihan dengan rutin, ada beberapa hal pendukung untuk mendapatkan hasil yang baik, meliputi :

  1. Mementukan jarak ancang-ancang yang tepat.
  2. Menentukan irama lari awalan.
  3. Mencoba beragam teknik tolakan, melayang dan juga pendaratan.

Gaya Lompat Jauh

Ada beberapa gaya yang ada pada olahraga lompat jauh, secara umum gaya yang digunakan ada tiga jenis gaya, yaitu :

1.Gaya Jongkok

gaya jongkok

Pada gaya ini merupakan gaya lompat jauh tertua. Gaya jongkok mudah dilakukan karena jumper hanya perlu menekuk kedua kaki mirip seperti posisi jongkok ketika melayang di udara.

2.Gaya Berjalan di Udara

berjalan diudara

Pada gaya ini cukup populer, karena biasa digunakan oleh para atlet,”walking in the air”.

Cara pelaksanaan gaya ini yaitu :

  • Sebelum melakukan tolakan, pinggang sedikit diturunkan.
  • Paha dan kaki diayunkan secara bebas.
  • Luruskan lutut, sendi mata kaki, dan pinggang ketika melakukan tolakan.

3.Gaya Menggantung

Gaya menggantung

 

Pada gaya lompat jauh ini tidak mengubah kecepatan ketika kaki akan bertumpu pada papan tolakan dan cara melakukannya dengan cara badan tegap.

Cara pelaksanaan gaya ini yaitu :

  • Kaki diayunkan ke belakang dan ke depan bersama dengan kedua lengan.
  • Pada saat melakukan pendaratan, kedua kaki diluruskan kedepan dan kedua tumit mendarat lebih dahulu.

Peraturan Lompat Jauh

Ada beberapa peraturan yang ada sesuai dengan pihak penyelenggara perlompaan, akan tetapi secara umum peraturan yang wajib kamu pahami sebagai berikut :

  1. Pada saat tolakan, kakinya melebihi batas titik tolak sehingga lompatan dinyatakan tidak sah. Peraturan dalam lompat jauh tak memperbolehkan sedikitpun ujung kaki melebihi batas titik tolak ketika melakukan lompatan.
  2. Pada saat melayang diudara, seorang jumper menggunakan gaya salto. Gaya ini sangat mungkin dilakukan dan akan menambah jarak lompatan secara signifikan. Namun hal ini dinyatakan sebagai diskualifikasi.
  3. Jumper menyentuh bagian tepi bak atau bagian luar bak saat melakukan pendaratan. Dengan kata lain, jumper tidak mendarat di arena yang disediakan.
Baca Juga  Peraturan Olahraga Tenis Lapangan

Lapangan Lompat Jauh

Lapangan lompat jauh

Pada olahraga lompat jauh memiliki lapangan atau lintasan tersendiri, berikut penjelasan mengenai lapangan dan ukurannya :

1. Lintasan Untuk Awalan

  • Lintasan untuk lari memiliki ukuran standar dengan panjang 40 m sebelum papan tolakan.
  • Lebar lintasan hanya berkisar kurang lebih 1,22-1,25 meter dan tepi-tepinya diberi tanda berupa cat warna putih agar pelari tak melampaui jalur lintasan lari.

2. Papan Tolakan

  • Papan tolakan ini terbuat dari kayu atau bahan lainnya yang di tanam sebelum bak pasir.
  • Jarak antara batas depan papan dengan tepi bak adalah 1 meter.
  • Ukuran papan ini adalah 1,22 meter untuk panjangnya, 20 cm untuk lebarnya, dan 10 cm untuk ketebalannya. Papan ini diberi warna putih agar mudah terlihat.

3. Bak Pasir

  • Bak pasir ini merupakan sebuah kolam persegi panjang dengan ukuran panjang kali lebar 9 x 2,75 meter.
  • Bak ini terisi pasir hingga penuh dan dipasang beberapa peralatan tertentu untuk meratakan kembali pasir setelah dipergunakan oleh seorang jumper untuk mendarat sehingga setiap jumper selalu akan mendarat di pasir dengan permukaan yang rata agar mudah dan akurat ketika diukur jarak lompatannya.

Baiklah itu tadi ulasan lengkap dengan materi “Lompat Jauh : Pengertian, Teknik, dan Peraturan Lengkap”. Semoga dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada dan bermanfaat bagi kamu dalam membuat tugas makalah mengenai olahraga atletik lompat jauh. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :