Teknik Dasar Permainan Softball

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada artikel kali ini Kelaspjok akan membahas materi yang berjudul “Teknik Dasar Permainan softball, Peralatan yang digunakan dan Cara Bermainnya Lengkap”. sebelum kamu memahami mengenai teknik dasar permainan softball, tentunya kamu sudah mengenal apa itu permainan softball. Permainan softball adalah permainan yang dimainkan oleh dua regu yang satu regunya terdiri dari 9 orang pemain, dengan tujuan mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.
permainan ini dimainkan di lapangan softball yang berbentuk persegi empat, yang di lapangna nya terdapat base.

Permainan ini cukup digemari di indonesia.
Setelah kamu memahami apa yang dimaksud dengan permainan softball, selanjutnya kamu memahami tentang teknik dasar dalam permainan softball, peralatan apasaja yang digunakan dan bagaimana cara bermainnya.

Baiklah langsung saja simak dan pahami pada materinya dibawah ini yang akan dijelaskan secara lengkap :


Peralatan yang Digunakan

Sebelum kamu memulai melakukan permainan softball ini, kamu wajib tahu apa saja saran dan prasarana yang akan digunakan dalam permainan softball ini, berikut penjelasan lengkapnya :

1.Bats atau Alat Pemukul

Bats atau Alat Pemukul

Bats atau alat pemukul yang digunakan untuk memukul bola softball yang berbentuk seperti tongkat terbuat dari bahan alumunium berbentuk bulat dengan bagian pegangan yang lebih kecil denga ukuran :

  • Diameter Bats : 2¼ inchi
  • Panjang Bats : 34 inchi atau 86,4 sentimeter
  • Bahan Bats : kayu atau logam “alumunium”
  • Safety grip : 15 inchi (karet)

2.Ball atau Bola

Ball atau Bola

Bola yang digunakan untuk permainan softball berbentuk bulat dengan ukuran :

  • Berat Bola : 6 sampai 7 ons
  • Diameter Bola : 11 7/8 sampai dengan 12 1/8 inchi

3.Gloves (sarung tangan)

Gloves (sarung tangan)

Pada permainan softball ini juga menggunakan sarung tangan untuk menangkap bola yang berbahan dasar kulit.

Pada bagian antara jari telunjuk dengan ibu jari terdapat anyaman untuk menahan bola supaya tidak terlepas dari tangan.

  • Gloves : untuk semua jenis pemain.
  • Mits : Jenis mits hanya dipakai oleh first basemant dan catcher
Baca Juga  Perwasitan Bola Voli

4.Body Protector dan Helmet

Body Protector dan Helmet

Pada perlengkapan ini digunakan untuk catcher atau penangkap bola dan base “tempat hinggap pemain lawan”. denga tujuan melindungi diri, helmt sebagai pelindung kepala dan body protector dengan tujuan untuk melindungi bagian diri “tubuh”.

5.Home Plate

Home Plate

Home plate ini digunakan untuk menentukan zona strike

  • Berbentuk pipih
  • Terbuat dari karet atau kayu.
  • Dengan warna biasanya putih.

6.Base I,II,III

Base I,II,III

Base I.II.III merupakan tempat yang harus di kelilingi untuk mengumpulkan angka “poin”, dan juga merupakan tempat untuk singgah pemain lawan. dengan bentuk :

  • Bentuknya segi empat.
  • Terbuat dari keset atau karung gula.

7.Pitcher plate

Pitcher plate

Pitcher plate adalah tempat pelempar untuk melakukan lemparan bola. yang berbentuk :

  • Pitcher plate berbentuk pipih.
  • Pitcher plate terbuat dari kanvas.

Ukuran Lapangan Pada Permainan Softball

UkuranLapangan Pada Permainan Softball

Lapangan pada permainan softball memiliki bentuk bujur sangkar, dengan ukuran lapangan softball :

  1. Jarak lempar ke home base: 13,07 meter
  2. Panjang setiap sisi: 16, 76 meter
  3. Pitcher plate (ukuran tempat pelempar) 60x15cm.

Teknik Dasar Permainan Softball

Pada teknik dasar permainan softball ini secara umum adalah, lemparan, pukulan dan teknik menangkap. Akan tetapi pada setiap teknik tersebut di bagi menjadi beberapa cara pelaksanaan.

Untuk itu bagaimana cara melakukan teknik dasar dalam permainna softball yang benar, pahami teknik dibawah ini yang akan uraikan secara lengkapnya.


Cara memegang bola softball

Cara memegang bola softball

Dalam teknik dasar permainna softball, teknik dasar cara memegang bola ini merupakan teknik mendasar dalam permainan softball, yang di bagi menjadi beberapa teknik cara memegang bola.
Untuk itu lanjut simak materi ulasannya secara lengkap dibawah ini :

1.Teknik Memegang Bola Empat Jari (Four Finger Grip)

Memegang bola empat jari merupakan teknik yang sebaiknya untuk pemula dan yang memiliki jari-jari yang pendek. Cara melakukannya yaitu dengan kelima bagian jari tangan berada pada sekeliling bola dengan sedemikian rupa sehingga menjadi satu genggaman. Teknik pegangan ini biasanya digunakan untuk anak-anak, pemain pemula atau pemain yang jarinya pendek.

2.Teknik Memegang Bola Tiga Jari (Three Finger Grip)

Memegang bola tiga jari adalh teknik yang dilakukan pemain yang memiliki tangan kecil atau jarinya pendek. Teknik atau cara ini yaitu menempatkan tiga jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis pada bagian atas kemudian jari kelingking dan ibu jari berada di bagian bawahnya.

3.Teknik Memegang Bola Dua Jari (Two Finger Grip)

Memegang bola dua jari cocok untuk pemain yang memiliki tangan besar atau jari-jari yang panjang. Teknik atau cara ini yaitu menepatkan jari telunjuk, jari tengah di bagian atas bola, kemudian disangga dengan ketiga jari lainnya di bagian bawah bola.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas X Semester Ganjil

Teknik Dasar Melempar Bola

Teknik Dasar Melempar Bola

Setelah kamu memahami cara memegang bola, kamu lanjut untuk memahami taknik cara melempar bola. Teknik lemparan ini tergantung saat mengambil teknik cara memegang bola, apabila pegangan bola kamu benar maka akan baik hasilnya, terlebih kamu lakukan dengan lemparan yang kuat sehingga lawan kesulitan memukul bola.

Ada beberapa teknik dasar lemparan dalam permainan softball, berikut ulasan materi lemparan yang akan dibahas secara lengkap.

1.Lemparan atas (overhand throw)
Cara pelaksanaan lemparan atas yaitu pada saat melempar bola, ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang.

2.Lemparan samping (sidehand throw)
Cara pelaksanaan lemparan samping yaitu pada waktu melempar lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan.

3.Lemparan bawah (underhand throw)
Pada teknik ini sebenarnya digunakan dalam keadaan darurat. Untuk cara pelaksanaan lemparan yaitu dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.


Teknik Dasar Menangkap Bola

Teknik Dasar Menangkap Bola

Pada teknik menangkap bola ini dibagi menjadi tiga teknik atau tiga cara yang dapat kamu lakukan sesuai dengan keadaan dan kondisi dilapangan saat pertandingan berlangsung.
Berikut ulasannya secara lengkap :

1.Bola datar (straight ball)

Pelaksanaanya yaitu dengan cara posisi badan berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap oleh tangan yang memakai glove yaitu tangan kiri, dan tangan kanan siap melempar bola.

2.Bola lambung

Pelaksanaanya yaitu dengan cara melakukannya dengan posisi badan ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.

3.Bola menggelinding (ground ball)

Pelaksanaanya yaitu dengan cara melakukannya bola yang datangnya menggelinding di atas tanah ditangkap dengan cara berlutut sedemikian rupa dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola. Sedangkan tangan yang lainnya siap untuk menangkap dan melemparkan bola.


Teknik Cara Memegang Bat (Alat Pemukul)

Teknik Cara Memegang Bat (Alat Pemukul)

Sebelum kamu melakukan pukulan, pahami lah cara memegang bat atau alat pemukulnya, karena cara pegangan yang benar mempengaruhi pukulan yang akan kamu lakukan. Cara pegangan bat dalam permainan softball ini ada tiga yaitu : pegangan bawah, pegangan tengah dan pegangan atas.

Baca Juga  Olahraga Billiard

Tentukan pilihan cara pegangan yang akan kmu gunakan senyaman mungkin pada saat pertandingan berlangsung untuk mendapatkan kemenangan dalam bertanding.


Teknik Dasar Memukul Bola softball

Selanjutnya setelah kamu memahami cara memegang bat teknik lanjutannya yaitu teknik dasar memukul bola. berikut penjelasan secara lengkapnya, silahkan kamu pahami :

1.Pukulan swing

 

Pukulan Swing atau ayunan adalah pukulan yang dilakukan dengan menggerakkan alat pemukul kearah bola ke depan.

Untuk cara melakukannya adalah :

  1. Sikap awal, berdiri dengan kedua kaki dijarangkan.
  2. Kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher.
  3. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan.
  4. Pemukul dipegang erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu.
  5. Lengan kanan lebih rendah daripada lengan kiri dan pandangan lurus ke arah datangnya bola dari pitcher.
  6. Sikap saat memukul, Setelah bola dilempar oleh pitcher, bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan oleh pitcher.
  7. Kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.
  8. Sikap akhir, Setelah bola berhasil dipukul dengan baik, diikuti dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

2.Pukulan tumbuk (bunt)

Pukulan tumbuk (bunt)

Pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul.

Cara pelaksanaannya adalah :

Sikap kedua kaki kamu pada waktu bunt cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.


Baiklah itu tadi ulasan materi kelaspjok untuk permainan softball yang berjudul “Teknik Dasar Permainan softball, Peralatan yang digunakan dan Cara Bermainnya Lengkap”. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu dalam mengaerjakan tugas-tugas, dan bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah mengenai softball. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artkel Ini :