Teknik Dasar Permainan Bulutangkis

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada materi kali ini kelaspjok akan membahas tentang materi teknik dasar permainan bulutangkis, setelah kamu memahami materi sejarah dalam permainan bulutangkis, selanjutnya mengenai materi tentang teknik dasar permaianan bulutangkis.

Dalam permainan bulutangkis, permainan ini merupakan permainan yang memerlukan gerak reflek yang cepat. Permainan ini dimainkan menggunakan raket untuk memukul kok (bola pada permainan bulutangkis).
Permainan ini di mainkan di lapangan yang di tengah-tengahnya dipisahkan oleh jaring yang dinamakan net.Permainan ini dimainkan dua orang (singel) berpasangan (ganda).

Setiap permainan tentunya menggunakan teknik sebagai salah satu dasar peraturan pada setiap permainan.
Bagaimanakah cara melakukan peramainan bulutangkis ini dan bagaimana pula cara pegangan raket yang ada pada pemainan bulutangkis ini.

Mari simak dan pahami materi dibawah ini :


Teknik Memegang Raket Bulutangkis

Sebelum kamu melakukan teknik dasar pukulan dalam permainan bulutankis, kamu perlu memahami cara memegang raket bulutangkis yang benar, karena pegangan yang baik dan benar dapat mempengruhi teknik pukulan yang akan kamu lakukan saat bertanding nanti.

Ada empat cara pegangan dalam permainan bulutangkis ini yang dapat kamu gunakan senyamannya untuk melakukan pukulan dalam permainan bulutangkis.

Berikut teknik pegangan raket atau grip :

1.American Grip

american grip

American grip bisa dilakukan dengan cara menggenggam tangkai raket, dengan posisi ibu jari dan telunjuk saling menempel, sehingga membentuk huruf “O”.

Cara pelaksanaannya sebagai berikut :

  1. Posisi tangan memegang bagian ujung raket atau handle-nya seperti ketika kamu memegang pemukul. Inilah mengapa pegangan Amerika kerap juga disebut dengan istilah pegangan geblok kasur.
  2. Posisi ibu jari serta telunjuk menempel di bagian handle raket.

Pegangan ini efektif digunakan jika kamu ingin melakukan pukulan smash, Tidak efektif apabila kamu menggunakannya untuk pukulan backhand.

2.Backhand Grip

Backhand Grip

Backhand grip bisa dilakukan dengan cara menggenggam tangkai raket, dan memposisikan ibu jari di belakang tangkai lalu menekannya seolah-olah ibu jarilah yang menjadi penyokong raket.

Cara pelaksanaannya sebagai berikut :

  1. Peganglah raket dalam posisi miring.
  2. Sewaktu memegang raket, pastikan posisi ibu jari ada di bagian belakang handle atau pegangan raket, sementara jari-jari tangan bisa diposisikan pada bagian depan.
Baca Juga  Peraturan Tenis Meja

Pada teknik pegangan ini, salah satu keuntungan bagi pemain adalah ketika memukul kok, arah kok akan begitu sulit diduga oleh lawan. Selain sulit diduga, kok yang dipukul dengan teknik pegangan raket ini juga akan melesat dengan keras dan cepat sehingga cukup kesulitan bagi lawan untuk membalas pukulan secara tepat.

3.Forehand Grip

Forehand Grip

Forehand grip dilakukan dengan menggunakan jari telunjuk, tengah, manis, dan kelingking sebagai penyokongnya. pada umumnya, teknik ini dilakukan untuk gerakan permainan yang lincah.

Cara pelaksanaannya sebagai berikut :

  1. Pegang raket dengan posisi yang miring.
  2. Pastikan posisi ibu jari serta telunjuk menempel di bagian pegangan atau handle raket yang kurang luas.
  3. Pada teknik pegangan ini, sangat disarankan untuk tidak boleh mengubah-ubah cara memegangnya.

Diteknik memegang raket bulu tangkis dengan tipe forehand grip, pemain biasanya akan melakukan pukulan kok dengan lebih mudah, khususnya pada sebelah kanan tubuh. Bahkan keuntungan lainnya adalah tidak perlu sulit-sulit dalam memutar pegangan raket saat hendak melakukan pukulan forehand.

4.Combination Grip

Combination Grip

Pada teknik ini menggabungkan berbagai jenis teknik pegangan yang ada. Cara melakukannya, yaitu genggam raket seperti biasa, lalu posisikan jari telunjuk ke arah ujung raket.

Cara pelaksanaannya sebagai berikut :

  1. Raket bisa dipegang dengan posisi yang miring.
  2. Letakkan jari telunjunk pada bagian depan dengan arah menghadap ujung raket, dan ibu jari dapat berada di pegangan raket sisi belakang.
  3. Dan untuk jari-jari lainnya bisa kamu tekuk tepat di bawah handle atau pegangan raket.

Saat menggunakan pegangan ini, pemain bisa secara gampang melakukan pengubahan handle dan menyesuaikannya dengan arah datang kok dari hasil pukulan lawan.

Pegangan dengan teknik kombinasi ini biasanya campuran dari forehand grip dan backhand grip yang penting untuk dikuasai. Untuk kelemahannya, combination grip ini memang dianggap susah ketika dicermati.

Perlu kamu ingat pengambilan posisi pegangan raket atau grip yang tepat dapat membuat pukulan, kemampuan bermain kamu semakin bagus dan pukulan yang dihasilkan ikut meningkat. Itu sebabnya memukul kok perllu dilakukan dengan memakai energi yang berasal dari pergelangan tangan


Posisi Tubuh saat Melakukan Permainan Bulutangkis

Selanjutnya setelah kamu memahami teknik cara pegangan grip hal berikutnya yang perlu kamu pahami sikap dan posisi tubuh karena sangat menentukan dalam mengambil serangan dan pukulan balasan (serangan balik) dalam permainan bulutangkis.

Sikap yang benar dapat memudahkan gerak dan skil kemampuan kamu dalam bermain bulutangkis.

Baca Juga  Teknik Dasar Tenis Meja

Ada tiga posisi yang biasa dikenal saat bermain permainan bulutangkis, posisi menyerang, posisi bertahan, dan posisi untuk melawan, serangna balik. berikut penjelasannya :

1.Posisi Menyerang (Attacking Stance)

Untuk melaklukan posisi serangan, gerakkan tubuhmu ke dekat garis-garis lapangan atau area serang, lebarkan kuda-kuda kakimu. Angkat kedua lenganmu untuk menyiapkan kekuatan dan daya pukul.

2.Posisi Bertahan (Defensive Stance)

Untuk melakukan posisi bertahan, kamu harus mengarahkan tubuhmu menghadap net dan memosisikan raket di area pinggang.

3.Posisi Melawan/Membalikkan Netting (Net Stance)

Net stance biasanya dilakukan ketika lawanmu seperti ingin melakukan netting. Untuk mengantisipasi netting, kamu harus berada di dekat net. Raket perlu diposisikan di depan tubuhmu, sementara tubuhmu dimajukan sedikit agar kamu siap melakukan lompatan ke depan.


Gerakan Kaki (Footwork)

Gerakan Kaki (Footwork)

Teknik footwork atau gerakan kaki. Pada pemain bulutangkis perlu meningkatkan kelincahan posisi gerakan kaki untuk ke depan, samping maupun belakang. Pada teknik ini pula teramat mendasar dan juga vital bagi para pemain bulutangkis, sangat penting untuk segera menguasainya dengan baik.

Tujuan dari teknik ini agar kok mampu dijangkau pada area manapun dengan sigap ketika lawan menyerang. Dan ketika pemain ada pada posisi yang tepat, maka serangan dapat dilakukan secara sempurna ke lawan dengan melakukan pukulan mematikan. Bahkan pemain akan mampu membalas serangan dari lawan dengan cepat dan benar apabila teknik footwork sudah benar-benar dikuasai.


Teknik Pukulan

Teknik selanjutnya setelah kamu memahami cara pegangan raket, posisi tubuh dan gerakan kaki, hal berikutnya yang perlu kamu pahami adalah teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis.

Berikut penjelasan teknik dasar pukulan dalam permainan bulutangkis :

Teknik Servis

Teknik Servis

Teknik servis ini merupakan teknik awalan untuk memulai permainan bulutangkis, teknik servis yang baik dapat berpeluang dalam mendapatakan poin, sementara servis yang dilakukan dengan buruk maka akan merugikan kamu sendiri sehingga poin akan di dapatkan oleh tim lawan.

Ada beberapa jenik servis yang dapat kamu pahami, berikut penjelasan secara lengkapnya :

  • Servis Atas (High Serve)

Servis ini dilakukan dengan cara memukul kok menggunakan raket yang posisinya di atas bahu atau kepala. Laju kok akan cenderung horizontal.

  • Servis Bawah (Low Serve)

Servis ini dilakukan dengan cara memukul kok menggunakan raket yang posisinya di bawah bahu atau dada. Laju kok akan cenderung melambung.

Baca Juga  Teknik Dasar Permainan Rounders

Smash

Smash

Teknik smash ini merupakan teknik dasar permainan bulutangkis kategori teknik serangan terkuat. Ada tiga macam teknik smash yang bisa kamu lakukan saat bertangding . Berikut penjelasan secara lengkapnya :

  • Forehand Smash

Teknik forehand smash merupakan pukulan kok yang kuat yang dilakukan di atas kepala.

  • Backhand Smash

Teknik backhand smash merupakan salah satu teknik yang paling sulit dilakukan dalam permainan badminton, bahkan para profesional pula kesulitan saat melakukannya.

Dalam melakukan teknik ini, kamu harus menggunakan teknik genggaman backhand grip, lalu melepaskan pukulan yang kuat.

  • Jumping Smash

Teknik ini merupakan teknik forehand smash yang dilakukan dengan lompatan saja. Cara memukulnya masih sama dengan teknik forehand smash.


Teknik Netting

Teknik Netting

Teknik ini membutuhkan intuisi, kecermatan, dan kecepatan yang baik, sementara kekuatan yang dibutuhkan hanya kecil, teknik ini merupakan salah satu teknik yang sullit unutk dilakukan.

Untuk melakukan teknik ini, kamu harus berada di dekat net dan memantulkan kok di atas net secara tepat. Kok akan jatuh di dekat net area lawan.


Teknik Overhead

Teknik Overhead

Teknik overhead ini dilakukan dengan cara yang sama seperti smash atas atau forehand smash.

Hanya saja perbedaannya terletak pada daya pukulan. Overhead tidak perlu membutuhkan banyak daya pukul.


Teknik Drive

Teknik Drive

Teknik ini dapat dilakukan dengan cara memukul kok secara cepat dan sedikit mendatar. Teknik ini dilakukan oleh pemain ganda.

Gunanya untuk memojokkan lawan agar mereka tetap berada pada posisi bertahan tidak mengangkat raketnya.


Clear atau Lob

Clear atau Lob

Teknik yang terakhir merupakan teknik clear atau lob, teknik ini merupakan kebalikan dari teknik drop shot. Apabila drop shot ditujukan agar lawan main terpaksa berpindah ke area depannya, teknik clear membuat lawan main harus bergerak mundur ke area belakangnya.

Kamu harus menargetkan area belakang terlebih dahulu sebelum menyerang area depan atau tengah.


Baiklah itu tadi ulasan materi tentang Teknik Dasar Permainan Bulutangkis Lengkap & Gambarnya” , semoga dapat berguna untuk kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dan bermanfaat bagi kamu untuk mengerjakan makalah. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :