Peraturan Permainan Bulutangkis

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Permainan bulutangkis merupakan olahraga yang paling populer di dunia, setiap kalangan menyukai permainan ini.
Banyak juga di indonesia yang menyukai permainan ini, baik dari kalangan muda maupun kalangan orang tua.

untuk memainkan permainan ini tentunya di atur pada sebuah aturan yang telah disepakati oleh induk organisasi internasional atau BWF.
Dalam setiap permainan yang dipertandingkan tentunya memiliki peraturan yang mengatur berlangsungnya permainan agar permainna berjalan dengan baik.

Apa saja peraturan yang ada dalam permainan bulutangkis, berikut penjelasannya secara singkat :


Bentuk dan Ukuran Lapangan

Bentuk dan Ukuran Lapangan

Lapangan permainan bulutangkis memiliki ukuran yang sudah di tentukan dalam peraturannya. Pada permainan ini biasanya dimainkan di dalam ruangan karena untuk menghindari dari tiupan angin dan lebih efektif dalam mendapatkan poin.

 

  • Bentuk Lapangan

Pada permainan bulutangkis memiliki lapangan yang berbentuk persegi panjang dan digolongkan atas dua yaitu bidang permainan yang saling berhadapan dan terpisah dengan net yang membentang di tengah.

Dan ada beberapa garis permainan pada masing-masing bidang tersebut yaitu garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (Untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (bagi permainan ganda).

ketebalan masing-masing garis permainan lapangan bulutangkis tersebut sekitar 40mm diharuskan berwarna kontras dengan warna lapangan. Beberapa warna garis yang direkomendasikan adalah warna kuning atau putih.

Dan disarankan pula bahan permukaan lapangan badminton dari bahan sintetis yang lunak dan kayu, dan tidak diperbolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan yang bahannya dari bahan sintetis yang keras dan beton karena bisa menyebabkan pemain cidera.

 

  • Ukuran Lapangan

Untuk ukuran lapangan permainan badminton yang ditetapkan dan ditentukan oleh Federasi Badminton Internasional (IBF, International Badminton Federation) yang saat kini kita kenal dengan Federasi Dunia Badminton (BWF, Badminton World Federation).

Baca Juga  Tujuan & Manfaat Sepak Takraw

Adapun di Indonesia berada dibawah naungan PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia).

Berikut merupakan ukuran internasional lapangan badminton yang ditetapkan standar internasional :

  1. Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m
  2. Lebar lapangan badminton 6,10 m
  3. Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m
  4. Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m
  5. Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m
  6. Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m
  7. Tinggi tiang net 1,55 m
  8. Tinggi net 1,52 m

Dan untuk lapangan badminton yang berukuran kecil atau mini umumnya diperuntukkan untuk anak yang berumur di bawah 9 tahun. sedikit berbeda yakni dengan panjang lapangannya berukuran sekitar 10.05 meter, sementara untuk lebarnya 4,40 meter.

 

  • Bidang Permainan Bulutangkis

Pada masing masing garis lapangan permainan bulutangkis masing-masing memiliki fungsi. Garis samping terdapat 2 garis yakni dalam dan luar serta garis belakang pula terdapat 2 garis luar dan dalam. Setiap permainan bulutangkis memiliki ketentuan dan aturan yang tidak sama antara partai ganda maupun yang tunggal.

 

  • Lapangan Badminton Pertandingan Partai Tunggal

Adapun bidang dalam permainan partai tunggal, lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar. Dan area permainan partai ganda untuk lebar permainan memakai garis luar bagian samping dan untuk panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Untuk bidang permainan, berikut ukuran lapangan badminton bagi partai tunggal adalah :

  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 5,18 m
  3. Panjang bidang penerima servis 4,72 m
  4. Lebar bidang penerima servis 2,59 m

 

  • Lapangan Badminton Pertandingan Partai Ganda

Adapun bidang permainan partai tunggal, pada lebar area permainannya menggunakan garis lapangan samping sisi dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang sisi luar. Dan pada lebar area permainan partai ganda memakai garis luar sisi samping dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar.

Baca Juga  Olahraga Tenis Meja

Untuk bidang permainan, berikut ini ukuran lapangan bulu tangkis dalam permainan ganda :

  1. Panjang bidang permainan 13,40 m
  2. Lebar bidang permainan 6,10 m
  3. Panjang bidang penerima servis 3,96 m
  4. Lebar bidang penerima servis 3,05 m

 

  • Garis Area Servis Lapangan Badminton

Sedangkan untuk garis bidang area service permainan bulutangkis partai tunggal adalah pada garis belakang luar dan garis samping dalam, lalu pada area service partai ganda ialah garis belakang bagian dalam dan garis samping luar.

Pada area servis lapangan badminton turnamen tunggal memiliki panjang 13,40 meter dan lebar 5,18 meter. Dan untuk area servis pada pertandingan ganda ukurannya berkisar 6,10 meter lebarnya dan 11,88 meter panjangnya.

Untuk berbagai bentuk dari ketentuan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis itu sudah termasuk ketentuan yang disepakati baik nasional dan internasional. Begitupun setiap kali diadakan kompetisi baik lokal nasional sampai internasional pun sama.


Peraturan Permainan Bulutangkis

Pada permainan bulutangkis ini mempunyai sejumlah aturan-aturan yang telah di atur dan di sepakati yang harus di patuhi dan di jalankan. Peraturan tersebut meliputi jumlah pemain, cara memulai pertandingan, hingga sistem penghitungan skor.

Berikut penjelasan apasaja peraturan-peraturan yang ada dalam permainan bulutangkis :

 

1. Perlengkapan Bulu Tangkis

  • Raket -> raket memiliki panjang maksimal 68 cm dan lebar 22 cm. Panjang kepala raket atau area senar adalah 28 cm dengan lebar 22 cm. Raket bisa terbuat dari kayu atau aluminium dengan berat tak lebih dari 150 gram.
  • Kok -> k okterbuat dari enam belas helai bulu yang ditancapkan pada gabus berdiameter 25–28 mm. Berat standar kok adalah sekitar 4,74–5,5 gram, sedangkan tinggi kok antara 64–74 mm.

 

2. Jumlah Pemain

  • Tunggal, yaitu satu lawan satu dan bisa dimainkan oleh putra maupun putri.
  • Ganda, yaitu satu tim terdiri dari dua orang.
  • Ganda campuran, yaitu satu tim terdiri dari 2 orang, 1 putra dan 1 putri.
Baca Juga  Teknik Dasar Bola Kasti

 

3. Penentuan Awal Permainan

Pertandingan diawali dengan undian, yaitu menggunakan metode lempar koin yang dilakukan oleh wasit. Undian ini untuk menentukan pemain mana yang harus melakukan servis terlebih dahulu.

 

4. Penghitungan Skor

Penentuan kemenangan di olahraga ini menggunakan sistem best of three (pemenang dua babak). Jadi, permainan bulu tangkis bisa berlangsung sebanyak 2–3 babak. Apabila ada pemain yang memenangkan dua set berturut-turut, babak ketiga tidak perlu dilakukan.

Di tiap setnya, pemenang adalah pemain yang berhasil mengumpulkan poin 21 lebih dulu. Apabila terjadi kedudukan imbang di skor 20-20 (yus), pertandingan akan dilanjutkan sampai salah satu tim unggul dengan selisih dua poin.

 

5. Pelanggaran

  • Kok menyangkut di net.
  • Raket menyentuh net saat memukul kok.
  • Saat melakukan pukulan, raket melewati net dan masuk ke area tim lawan.
  • Kok sudah dipukul tetapi jatuh di area sendiri (tidak berhasil melewati net).
  • Saat menerima servis, pemain sudah bergerak dulu sebelum kok berhasil dipukul.
  • Saat melakukan/menerima servis, pemain menginjak garis batas lapangan.
  • Kok jatuh di luar lapangan atau meluncur lewat bawah net.
  • Kok dipukul dua kali, baik oleh satu maupun dua pemain dalam satu tim.
  • Pemain sengaja mengulur-ulur waktu pertandingan.
  • Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan.

Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi “Peraturan Permainan Bulutangkis dan Bentuk Ukuran Lapangan”. semoga dapat bermanfaat bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dan berfanfaat untuk membuat makalah olahraga. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :