Teknik Dasar Tenis Meja

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada artikel kali ini KelasPJOK akan membahas materi tentang “Teknik Dasar dan Peraturan Dalam Tenis Meja Lengkap & Gambarnya. Setelah kamu memahami tentang sejarah dan pengertian tenis meja, selanjutnya untuk memulai memainkan permainan ini kamu perlu memahami teknik dasar dari permainna tenis meja ini yang telah di tetapkan.

Setiap cabang olahraga memiliki teknik dasar yang telah disesuaikan dengan permainannya. Tujuannya agar para pemain saat bertanding tidak menggunakan kekerasan diluar dari teknik yang telah di buat.

Pada permainan ini, teknik dasar hampir sama dengan permainan lainnya yang di golongkan permainan bola kecil seperti bulutangkis, tenis lapangan. Hanya saja terkadang yang membedakan cara melakukannya karena menyesuaikan dari permainan masing-masing.

Apa saja teknik dasar dan peraturan yang digunakan dalam permainan ini. Langsung saja kamu simak dan pahami materi di bawah ini :


Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Teknik Pegangan Bet

Teknik Pegangan Bet.

Dalam paermainan tenis meja ini, ada tiga cara pegangan yang dapat kamu lakukan dan pahami, shakehand grip, penhold grip, dan seemiller grip merupakan teknik pegangan yang ada dalam permainan tenis meja.

Berikut penjelasan mengenai pegangan dalam permainan tenis meja :

1.Shakehand Grip

Shakehand grip adalah teknik memegang bet seperti sedang berjabat tangan. Teknik ini banyak digunakan oleh atlet tenis meja profesional dan sangat populer di negara-negara Eropa. Teknik shakehand grip memungkinkan Anda menggunakan kedua sisi bet untuk memukul bola.

2.Penhold Grip

Teknik ini adalah teknik memegang bet dengan cara seperti memegang pena atau penhold grip. Teknik ini dikenal juga dengan nama Asian grip. Dengan cara ini, Anda hanya bisa memukul dengan satu sisi bet.

3.Seemiller Grip

Teknik ini disebut juga dengan nama Ameerican grip dan banyak digunakan oleh para pemain profesional. Cara memegang bet dengan teknik ini sama dengan shakehand grip, tetapi bet bagian atas diputar 20 – 90 derajat ke arah tubuh dan jari telunjuk menempel di sepanjang sisi bet.


Posisi Tubuh dalam Permainan Tenis Meja

Posisi tubuh di dalam permainan tenis meja ini juga sangat mendukung dalam melakukan pukulan, ada dua sikap posisi tubuh dalam permainan ini : posisi bersiap siaga “teknik stance” dan posisi gerakan kaki “teknik footwork”.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas 7 Semester Ganjil

1.Bersiap Siaga (Teknik Stance)

Bersiap Siaga (Teknik Stance)

Teknik stance adalah salah satu cara menempatkan posisi kaki, tangan, dan anggota badan lainnya ketika akan melakukan serangan lawan atau bahkan untuk bertahan dari serangan lawan. Teknik ada dua macam gaya, yaitu : square stance dan side stance.

  • Square stance adalah teknik positioning, yaitu posisi tubuh mengarah ke meja dan biasanya dipakai ketika menerima bola servis atau posisi siap kembali saat mendapatkan serangan dari lawan. Caranya adalah gerakkan satu kaki selangkah ke depan, belakang, kanan, kiri, atau diagonal.
  • Side stance dilakukan dengan posisi badan menyamping ke kanan atau kiri sehingga posisi bahu lebih dekat dengan net ketika akan menyerang lawan. Untuk pemain kidal, posisi bahu sebelah kiri harus lebih dekat dengan net.

2.Gerakan Kaki (Teknik Footwork)

Gerakan Kaki (Teknik Footwork)

Gerakan kaki pada teknik ini dibedakan menjadi 1 langkah, 2 langkah, 3 langkah, dan lebih dari 3. Arah pergerakan kaki bisa ke samping kanan, samping kiri, depan, belakang, atau diagonal.
Posisi kaki juga harus diimbangi dengan jarak antisipasi antara posisi bola datang dengan posisi pemain.

Simpelnya saat melakukan jika jaraknya sangat dekat, gunakan gerakan 1 langkah atau berdiri pada posisi tetap. Jika jaraknya sangat jauh, gunakan gerakan 2 langkah.

Teknik footwork yang paling sering digunakan adalah metode dua langkah “two-steps”, terutama pada pemain yang memiliki tipikal menyerang lawan.

Bagaimana cara pelaksanaannya, simak ulasan lengkap dibawah ini :

  1. Lutut sedikit ditekuk, berat badan dibagi rata pada kedua kaki dan ditumpukan pada ujung kaki.
  2. Jika hendak melangkah ke kiri, kaki kiri digeser ke arah kiri dan berat badan dibebankan ke kaki kiri. Lakukan cara yang sama jika ingin melakukan dua kali langkah.
  3. Kaki kanan mengikuti kaki kiri. Jika akan melakukan forehand, kaki kanan ditarik ke belakang sehingga persis seperti posisi awal melakukan pukulan.
  4. Setelah melakukan pukulan, perhatikan arah bola dan kembalilah ke poisis awal. Jika ingin bergerak ke kiri, dorong dengan kaki kanan. Jika tidak berada dalam posisi siap, bergeraklah ke arah belakang, tetapi jika lawan memukul bola, jangan bergerak.
  5. Bila akan mencoba pukulan forehand, tarik kaki kanan ke belakang sehingga badan tepat pada posisi awal teknik Ketika melakukan serangan, lihat arah bola dahulu, lalu kembali ke posisi awal. Saat memukul bola, jangan memberikan gerakan tubuh dan perhatikan posisi lawan.
Baca Juga  Soal PTS PJOK Kelas 10 Semester Ganjil

Teknik Pukulan Bola pada Tenis Meja

Teknik Pukulan Bola pada Tenis Meja

Pada teknik pukulan ini. Pukulan tenis meja di bagi menjadi dua pukulan : forehand dan backhand
Berikut pembagian dan penjelasannya lengkap :

1.Pukulan Forehand dan Backhand Lurus

Pukulan forehand dan backhand lurus adalah bola dilambungkan ke arah teman, dilakukan berpasangan atau kelompok. Pemain yang sudah melakukan pukulan forehand atau backhand dan pelambung bergerak berpindah tempat.

2.Pukulan Forehand dan Backhand Menyilang

Selanjutnya pukulan forehand atau backhand menyilang dilakukan dengan cara bola dilambungkan oleh teman dan dipantulkan ke meja dengan pukulan servis. Pukulan dilakukan berpasangan atau kelompok dan pemain yang telah melakukan pukulan backhand dan pelambung bergerak berpindah tempat.


Teknik Melakukan Servis

Teknik Melakukan Servis

Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk memulai pertandingan, servis yang baik akan lebih beasar berpeluang untuk mendapatkan poin, karena dengan teknik servis yang baik lawan akan kesulitan dalam melakukan atau mengembalikan bola yang kamu servis.

Ada tiga cara dalam melakukan teknik servis dalam tenis meja, yaitu : servis forehand atau backhand lurus bidang servis, menyilang, dan ke arah sasaran.

Ketiga servis itu dilakukan berpasangan atau berkelompok dan yang telah melakukan pukulan servis bergerak berpindah tempat.

Bagaimana cara pelaksanaan servis dalam permainan tenis meja. Berikut langkah-langkah secara singkat dan jelas dalam melakukan servis :

  1. Servis dilakukan dengan bola berada di tengah telapak tangan dan dalam kondisi diam.
  2. Bola dilambungkan tanpa putaran secara vertikal dengan ketinggian 16 cm.
  3. Bola dipukul setelah turun tanpa menyentuh meja terlebih dahulu.
  4. Ketika melakukan servis, bola harus terlihat oleh penerima bola.
  5. Jika servis tidak dilakukan sesuai peraturan, wasit atau pembantu wasit akan memberikan peringatan.
  6. Bola servis dapat dikembalikan jika sudah melewati net dan menyentuh meja satu kali.
Baca Juga  Tujuan & Manfaat Sepak Takraw

Perlu kamu ingat, untuk mudah mendapatkan poin lakukanlah teknik servis ini dengan baik dan maksimal, dengan begitu lawan akan kesulitan dalam melakukan pengembalian bola yang kamu servis.


Teknik Smash Tenis Meja

Teknik Smash Tenis Meja

Teknik smash merupakan teknik andalan untuk mencetak poin, yang di lakukan dengan cara memukul bola sekuat mungkin dengan tujuan agar lawan kesulitan untuk membaca dan mengembalikannya.
Pada teknik ini juga dapat dilakukan dengan cara forehand atau backhand.
Bagaimana cara pelaksanaannya, simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

1.Smash Forehand

Pelaksanaan Smash Forehand :

  • Kaki kiri diletakkan di depan dan kaki kanan di belakang.
  • Badan dimiringkan sedikit ke kanan sehingga berat badan berumpu pada kaki kanan.
  • Lengan kanan ditarik ke belakang dan pinggang sedikit dimiringkan ke kanan.
  • Setelah bola memantul dan mencapai titik tertinggi, lengan diayunkan dari bawah ke atas, lalu pukul dan tekan bola ke bawah dengan bantuan pergelangan tangan.

2.Smash Backhand

Pelaksanaan Backhand :

  • Kaki kanan diletakkan di depan dan kaki kiri di belakang, badan dimiringkan sedikit ke arah kiri sampai pundak kanan menghadap ke meja.
  • Lengan bawah ditarik ke arah kiri, ke belakang, dan lebih tinggi dari meja.
  • Setelah bola memantul dan mencapai titik paling tinggi, lengan bawah diayun ke depan arah kanan untuk memukul Pergelangan tangan digunakan untuk membantu menekan dan mengatur arah bola.
  • Berat badan berpindah dari kiri ke kanan.

Baiklah itu tadi ulasan materi tentang “Teknik Dasar dan Peraturan Dalam Tenis Meja Lengkap & Gambarnya. Semoga dapat berguna dan membantu kamu dalam mengerjakan tugas-tugas dan bermanfaat untuk kamu dalam mengerjakan tugas makalah yang ada. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel :