Olahraga Rugby

Diposting pada

KelasPJOK.com – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kelasPJOK.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul Olahraga Rugby. Apakah sebelumnya kalian sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Olahraga Rugby? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan berikut secara rinci:


Pengertian Rugby

Olahraga Rugby

Rugby merupakan salah satu cabang olahraga yang populer di Amerika dan kanada, karena merupakan perkembangan dari permainan bola kaki mereka. Rugby dapat dimainkan oleh 13 ataupun 15 orang, dengan menggunaan bola lonjong yang dapat ke arah depan dengan berbagai macam cara.


Sejarah Rugby

Sejarah Rugby

Asal mula olahraga rugby ini ialah diciptakan oleh bangsa Inggris, dimana hal ini dapat diketahui dari beberapa catatan bersejarah. Menurut Tony Biscombe & Peter Drewett sejarah mencatat bahwa pada tahun 1823, pada sebuah pertandingan sepakbola sekolah di kota Rugby, Inggris. Awalnya bermula ketika seorang anak laki-laki bernama William Webb Ellis mengambil bola dan berlari menuju garis gawang lawan.

2 abad kemudian, Rugby telah berevolusi menjadi salah satu olahraga populer yang cukup mendunia, dimana jutaan orang bermain, menyaksikan, dan tentunya dapat menikmati permainan Rugby, akan tetapi olahraga ini di Indonesia masih belum populer seperti di negara-negara Eropa dan Amerika.

Saat ini Rugby sudah mulai menjamah ke Indonesia dan sudah banyak yang mulai mengenal permainan Rugby. Terlebih khusus untuk orang yang tidak mengenal Rugby akan cukup sulit membedakan antara olahraga Rugby dengan American Football. Kedua olahraga ini ialah olahraga yang hampir sama karena menggunakan bola yang berbentuk lonjong. Pada dasarnya American Football ialah olahraga yang tercipta dari modifikasi olahraga Rugby.


Teknik Rugby

Teknik Rugby

Adapun beberapa teknik dalam olahraga rugby, yaitu sebagai berikut:

  • Mengoper (Passing)

Mengoper bola yakni suatu keterampilan vital yang apabila dipraktikkan dengan teknik yang benar dapat sangat bermanfaat ketika permainan berlangsung. Ketika ingin melakukan operan, akurasi menjadi hal yang sangat penting, sehingga kamu harus dapat memastikan mengoper bola pada ketinggian yang mudah ditangkap (antara pinggang dan dada).

  • Menendang (Kicking)

Menendang yakni suatu teknik yang selalu menjadi bagian dari permainan, dan belajar melakukannya biasanya dapat ditentukan oleh posisi bermain kita di lapangan. Pemain garis belakang seringnya lebih bertanggung jawab atas tendangan. Untuk dapat memanfaatkan keterampilan ini kamu akan menghasilkan teritori dan meter yang bagus bagi tim kita.

  • Berlari (Running)
Baca Juga  Peraturan Permainan Bulutangkis

Belajar berlari dengan efektif ialah salah satu bentuk keterampilan dasar dan umum, dan apabila dilatih dengan cukup dalam latihan dapat sangat bermanfaat bagi kita dalam permainan. Baik itu berlari lurus ataupun menghindar, kedua keterampilan ini cukup penting untuk permainan ketika kita menyerang.

  • Mentekel (Tackling)

Mentekel adalah satu hal yang akan banyak kita lakukan dalam permaianan rugby, sehingga menggunakan teknik yang tepat sangat penting. Sama halnya dengan teknik lainnya semua keterampilan ataupun latihan dapat membuat keterampilan yang satu ini menjadi cukup lebih baik. Untuk permainan ini, hanya pembawa bola yang boleh dapat melakukan tekelan kepada pemain lawan.

Tekel terjadi saat pembawa bola ditahan oleh satu atau lebih pemain lawan. Dalam hal ini, pembawa bola harus berupaya untuk tetap menguasai permainan, yang bisa dilakukan dengan cara secepatnya melepaskan bola dengan melakukan passing langsung pada rekan satu timnya yang ada didekatnya atau dapat juga menjulurkan bola jauh di area sendiri untuk dapat melakukan diamankan melakui teknik Ruck.

  • Ruck dan Mauls

Area ruck and maul yakni salah satu bagian permainan yang lebih rumit. Mempunyai pemahaman penuh tentang area dapat mengarah pada permainan yang lebih baik dan lebih banyak kesempatan untuk mendominasi.

  • Kerja Tim

Kerja tim yakni suatu hal yang berharga dan dapat mengarah pada kesuksesan tim. Olahraga rugby bukan permaianan individu, melainkan permainan yang membutuhkan upaya 100% dari setiap pemain untuk meriah keberhasilan. Tanpa adanya kerja tim yang baik, tim akan dapat kekurangan kohesi dan motivasi untuk menang.

  • Menikmati Permainan (Enjoyment)

Olahraga rugby ini juga pada akhirnya semua yang bermain rugby akan mengalami kesenangan. Tanpa kesenangan permainan menjadi tugas dan lebih banyak pekerjaan daripada apa pun. Belajar untuk dapat menikmati permainan dan orang-orang di sekitar kita membuat olahraga rugby menjadi permainan yang cukup populer di dunia.

  • Keterampilan Posisi

Memahami posisi dan peran saat berlangsunya permainan ini sangatlah penting. Apakah kita seorang penyangga, bek belakang atau pemain sayap, dll, penting untuk dapat mempelajari posisi dan semua sifat yang menyertainya.


Peralatan di Rugby

  • Bola

Bola rugby mempunyai bentuk yang oval, mempunyai ukuran dimensi antara panjang 28 dan 30 sentimeter dan setelah penuh dengan tekanan harus membuat lingkar sekitar 75 inci. Bola rugby ini terbuat dari kulit atau beberapa jenis bahan sintetis yang telah disepakati oleh Peraturan yang mengatur aturan rugby.

  • Aksesoris Mode
Baca Juga  Peraturan Sepak Takraw

Aksesoris mode yakni suatu kemeja khusus untuk Rugby yang disebut “Bahu Pad“ Yang berguna untuk melindungi daerah sensitif dan sensitif seperti bahu, bisep, punggung, perut dan bahu. Mereka juga dapat menggunakan cleat untuk dapata berlari dengan cengkeraman bagus di lapangan, dan pitons sedikit lebih besar dari pada sepak bola.

Penggunaan corong terbuat dari bahan seperti silikon untuk melindungi gigi dari dampak. Biasanya mereka hanya dengan adanya perlindungan untuk gigi superior, sehingga dapat menghindari terhambatnya nafas. Sebuah scrum cap juga dapat digunakan, yakni sejenis helm empuk yang dapat berguna untuk melindungi kepala dan terutama telinga dari benturan. Tidak wajib untuk menggunakannya,sehingga terdapat kebanyakan pemain memilih untuk tidak mengenakannya.

  • Bentuk dan Ukuran Bola Rugby

Bola rugby mempunyai bentuk oval dan mempunyai dimensi dengan panjang antara 28 dan 30 sentimeter dan setelah penuh dengan tekanan harus membuat lingkar sekitar 75 inci.

Ukuran Standar Bola Rugby dunia

Ukuran Standar Bola Rugby

Untuk penggunaan saat pertandingan, yang dipakai adalah bola ukuran 5:

  1. Bentuk: bola harus berbentuk oval dan terdiri dari empat panel.
  2. Dimensi: panjang: 280 – 300 milimeter;
  3. Keliling bola: 740 – 770 milimeter;
  4. Lebar: 580 – 620 milimeter
  5. Bahan kulit atau kulit sintetis.
  6. Berat: 410 – 460 gram.
  7. Tekanan udara pada awal pertandingan: 65,71 – 68,75 kilopascal atau 0,67 – 0,70 kg per cm2

Manfaat Rugby

  • Membantu membangun ketahanan

Ketahanan dan kemampuan untuk bertahan melalui rasa sakit dan kesulitan demi kebaikan yang lebih besar adalah keterampilan utama yang dikembangkan di bidang rugby, dan karakteristik yang melayani pemain rugby sepanjang sisa kehidupan pribadi dan profesional mereka.

  • Membantu mengurangi stress

Pelepasan endorfin saat bermain game sudah cukup untuk mengangkat suasana hati kita dan membantu membantu tidur malam yang lebih baik. Melalui kemenangan yang didapatkan oleh tim nya sendiri, akan meningkatkan hormon dan tentunya membangun ketahanan terhadap stress.

Olahraga rugby mempunyai tujuan tim yaitu untuk mencetak poin sebanyak mungkin, agar bisa memenangkan tim dengan poin paling banyak di akhir pertandingan. Sebagian besar poin dalam permainan ini dinilai ketika pemain bisa melewati garis gawang lawan (garis bawah) dan membuat bola menyentuh tanah ketika bersentuhan dengannya.

  • Meningkatkan sistem kardiovaskular

Meningkatkan sistem kardiovaskular tubuh dengan membangun jantung dan paru-paru yang kuat yang lebih mampu untuk dapat memberikan oksigen ke otot lebih cepat. Terdapat banyak gerakan seperti dilakukannya lari terus-menerus melintasi lapangan dapat memberi kita latihan kardiovaskular yang benar-benar bagus karena tentunya akan mengalami peningkatan detak jantung dan latihan interval.

  • Meningkatkan fleksibilitas tubuh
Baca Juga  Olahraga Tenis Meja

Kelincahan amerupakan kunci keberhasilan olahraga rugby, dimana dengan kaki dan tangan yang membutuhkan perubahan arah dan kecepatan secara tiba-tiba. Pelintiran konstan dan penghindaran mendadak juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh.


Peraturan Rugby

  • Satu regu terdiri atas 13 sampai 15 orang, yang telah dibagi menjadi pemain depan dan pemain belakang. Tugas utama para pemain yaitu untuk dapat mengontrol dan menggiring bola ke depan.
  • Waktu pertandingan ialah 2 kali 40 menit, yang akan diawali dengan dilakukannya tendangan awal dari tengah lapangan. Sama halnya pula, jika terjadi gol, ataupun permulaan babak kedua.
  • Upaya para pemain yakni berusaha untuk dapat mengirim bola hingga menyentuh garis gawang atau diatas garis bola mati. Pertandingan akan dimulai kembali oleh regu lawan dengan cara melakukan tendangan sesudah gol, atau sebuah tendangan pendek sesudah percobaannya gagal.
  • Pemain depan biasanya lebih sering melakukan perebutan bola dan harus dapat dilakukan dalam jarak 9,15 meter dari garis sentuh atau setenganya dari garis gawang. Bola yang akan dimainkan lurus dari ‘terowongan’ oleh gelandang perebut bola yang bukan penyerang.
  • Pemain deretan depan tidak boleh mengangkat kakinya, sampai bola telah diletakkan dan tidak diperbolehkan untuk memukulnya. Apabila bola sudah memasuki ke garis sentuh, maka permainan dapat diulang kembali.
  • Mereka yang mendapat tugas harus dapat cepat-cepat ke depan, kemudian menjatuhkan bola dan meletakkannya di tanah. Selanjutnya boleh ditendang dengan segala cara. Seorang lawan harus memperhatikan gerak geriknya.
  • Para pemain harus tetap di belakang bola, ketika teman sendiri sedang mengontrol atau menguasai bola. Jika mereka mendahului bola, dianggap offise dan tidak dibenarkan bermain sebelum kembali ke posisinya.
  • Suatu kerumunan yakni dapat terjadi akibat adanya perebutan bola yang diperintahkan wasit, mungkin karena suatu pelanggaran. Pemain depan dari kedua regu saling berhadapan dalam posisi bertemu bahu. Sementara masing-masing rekan berpautan untuk bertahan di belakang mereka.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Olahraga Rugby : Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat & Peraturannya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

Baca Juga Artikel :