Peraturan Permainan Futsal

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Kali ini akan membahas materi olahraga mengenai olahraga futsal, pada olahraga futsal ini banyak digemari kalangan pelajar hingga kalangan pekerja, yang sekedar mengisi waktu luang untuk berolahraga.

Sebelumnya kelaspjok.com telah membahas dengan jelas materi Olahraga Futsal. Pada kali ini akan membahas peraturan permainan olahraga futsal, yang akan di jelaskan dengan lengkap mulai dari sarana dan prasarananya peraturan lainnya yang menyangkut tentang olahraga futsal.

Apa saja peraturan pada permainan futsal, langsung saja simak materi nya dengan jelas dibawah ini.


Lapangan Futsal

Lapangan Futsal

Pada lapangan futsal sendiri berbentuk persegi panjang seperti lapangan sepakbola, hanya saja berbeda ukurannya lebih kecil dibanding dengan ukran lapanga sepakbola.

Berikut ukuran lapangan futsal :

  1. Panjang : 25 – 42 meter dan lebar 15 – 25 meter.
  2. Garis batas : garis selebar 8 cm, yaitu garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan.
  3. Lingkaran tengah : berdiameter 6 meter.
  4. Daerah penalti : busur berukuran 6 meter setiap gawang.
  5. Garis penalti : 6 meter dari tengah garis gawang.
  6. Garis penalti kedua : 12 meter dari tengah garis gawang.
  7. Zona pergantian : 6 meter (3 meter pada setiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan.

Ukuran Bola Futsal

Ukuran Bola Futsal

Untuk bola pada permainan futsal ini berbeda dengan bola pada permainan sepakbola, bola yang digunakan pada permainan futsal lebih keras di banding dengan bola pada sepakbola.

Selanjutnya ukuran pada bola futsal juga elatif lebih kecil dibandingkan dengan bola pada sepakbola, sehingga memungkinkan bola melesat lebih keras saat ditendang.

Berikut ukuran bola futsal :

  1. Ukuran Bola : nomor 4.
  2. Diameter Bola  : 62 – 64 cm.
  3. Berat Bola : 390 – 430 gram.
  4. Lambungan Bola : 55 – 65 cm pada pantulan pertama.
  5. Bahan Bola : kulit, bahan yang tidak berbahaya untuk digunakan.
Baca Juga  Teknik Dasar Sepak Bola

Perlengkapan Pemain Futsal

Perlengkapan Pemain Futsal

Pada perlengkapan pemain futsal di wajibkan utnuk para pemain menggunakan kostum yang memiliki nomor punggung, memakai celana pendek, sepatu, memakai kaoskaki, deker serta atribut pada pemain yang di perbolehkan untuk digunakan selama pertandingan berlangsung.

Pada pemain futsal di anjurkan untuk menggunakan perlengkapan yang nyaman untuk digunakan serta tidak mengganggu gerakan yang akan dilakukan, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap cara bermain dalam pada pemain futsal.

Untuk penjaga gawang memiliki peraturan perlengkapan khusus, penjaga gawang diperbolehkan menggunakan celana panjang, serta bebas memilih warna corak lain yang berbeda dengan pemain lainnya, tidak di anjurkan pula untuk menggunakan sarung tangan.

Sama seperti pemainlainnya, penjaga gawang juga dianjurkan untuk memakai perlengkapan lainnya yang tidak mengganggu gerakan-gerakan serta tidak membahayakan pemain lainnya.


Jumlah Pemain Futsal

Jumlah Pemain Futsal

Pada jumlah pemain futasal ini berbeda dengan jumlah pemain pada permainan sepakbola. untuk jumlah pemain futsal setiap regunya berjumlah 5 pemain.

Pada setiap pemain di anjurkan untuk bekerjasama selama permainan berlangsung, meyesuaikan posisi selama pertandingan berlangsung serta menentukan kondisi akan menyerang atau bertahan selama pertandingan berlangsung.

Tentunya sangat berbeda dengan peraturan serta jumlah pemain pada sepakk bola, jika pada sepak bola memiliki aturan yang tegas dengan jumlah pemain yaitu 11 orang.

Pada peraturan futsal, pemain bahkan bisa ditambahkan sendiri tergantung adanya orang, bahkan bisa sampai 7 sampai 8 orang per tim.

Berikut peraturan jumlah pemain pada permainan futsal :

  1. Jumlah pemain maksimal : peraturan futsal adalah lima pemain dengan yang satunya penjaga gawang.
  2. Jumlah pemain minimal : untuk mengakhiri pertandingan adalah dua pemain dengan yang satunya penjaga gawang.
  3. Jumlah pemain : total dengan cadangan maksimal: 7 orang.
  4. Jumlah wasit yang sah : 2 orang.
  5. Batas pergantian pemain : tak terbatas.
  6. Pergantian pemain : semua pemain selain kiper boleh memasuki dan meninggalkan lapangan kapan saja, lalu pergantian kiper hanya boleh dilakukan jika permainan berhenti dan tentunya dengan perizinan wasit.
Baca Juga  Olahraga Lari Maraton

Wasit Permainan Futsal

Wasit Permainan Futsal

Pada wasit permainan futsal berbeda dengan wasit pada permainan sepakbola umumnya. Jumlah wasit pada permainan futsal ini ada 2 yaitu wasit utama serta asisten wasit.
Wasit berdiri di sepanjang garis lapangan. Pada sepakbola, posisi seperti ini dipegang oleh seorang lines man. Ia juga harus terus berlari mengikuti pergerakan bola sambil memperhatikan jalannya pertandingan sampai ada tidaknya pelanggaran.

kostum pada wasit harus berbeda warna dari kostum yang dikenakan para pemain. Wasit memiliki hak untuk memutuskan apakah pertandingan dapat dilanjutkan atau tidak. Dia juga memiliki peran dalam mengawasi para pemain melakukan masalah atau tidak. Dalam hal terjadi gol, wasit juga bertugas mencatat hasil laporan kepada panitia pertandingan.

Olahraga futsal juga mengenal adanya wasit kedua atau wasit pembantu. wasit 2 membantu wasit utama ketika pertandingan sedang berlangsung. Posisinya di sebelah lapangan tempat wasit utama.

Fungsinya persis sama dengan wasit utama, hanya saja dalam keputusan-keputusan penting, contohnya seperti ada pelanggaran keras di area penalti, wasit 2 harus tunduk pada keputusan wasit utama meskipun dalam pengamatannya, pelanggaran itu layak mendapat tendangan penalti.


Pencatat Waktu Pertandingan Futsal

Selanjutnya pencatat waktu pada pertandingan berlangsung untuk memastikan bahwa lamanya waktu pertandingan disesuaikan dengan ketentuan Peraturan No. 8. Berikut ketentuan nya :

  1. Jalankan penghitung atau kronometer setelah kick-off.
  2. Hentikan jam (kronometer) saat bola tidak ada dalam game.
  3. Mulai kembali permainan futsal setelah tendangan ke dalam, gawang (bola ke gawang), tendangan sudut, free kick, tendangan dari tempat penalti pertama atau penalti kedua, time out, bahkan wasit menjatuhkan bola futsal.
  4. Periksa batas waktu satu menit.
  5. Periksa tepat waktu dua menit untuk menghukum tim bahwa pemain dikeluarkan sebelum pemain pengganti masuk ke lapangan. Jadi, jeda waktu antara pemain yang dikeluarkan meninggalkan lapangan dan penggantinya memasuki lapangan adalah tepat dua menit.
Baca Juga  Olahraga Futsal

Lama Pertandingan Futsal

Berikut waktu lama pertandingan pada permainan futsal :

  1. Waktu normal permainan: 2 x 20 menit.
  2. Waktu untuk istirahat: 10 menit.
  3. Waktu perpanjangan waktu: 2 x 10 menit.
  4. Adu penalti jika jumlah gol kedua tim imbang saat perpanjangan waktu selesai.
  5. Time-out: 1 kali per tim per babak; tak ada dalam waktu tambahan.
  6. Waktu pergantian babak: maksimal 10 menit.

Sejarah Futsal

Olahraga Futsal berasal dari Bahasa Spanyol yaitu Futbol (sepak bola) dan Sala (ruangan). Menjadi Sepak Bola dalam ruangan (Futsal). Olahraga Futsal pertama dipopulerkan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930.

Olahraga ini dinaungi oleh Federation Internationale de Football Association di dunia. Sejarah Olahraga Futsal versi FIFA tidak bisa di terima begitu saja oleh dunia. Ada beberapa Negara yang mengklaim bahwa Olahraga Futsal berasal dari Negara Kanada dan Brasil.

Olahraga Futsal berkembang pesat di Negara Brasil, pada tahun 1936 dibuatlah kesepakatan serta aturan Olahraga Futsal. Peraturan pada waktu itu tidak jauh berbeda dengan peraturan saat ini. Dengan adanya peraturan dan kesepakatan ini Olahraga Futsal makin dikenal dan digemari.


 

Baiklah itu tadi ulasan lengkap dari materi “Peraturan Permainan Futsal“, yang telah dijelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah olahraga futsal. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :