Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Dalam permainan bola voli tentunya kamu harus menguasai teknik-teknik dasar yang ada dalam permainan bola voli. Yang paling utama yang wajib kamu pelajari adalah teknik service, karena sebelum memulai suatu pertandingan bola voli tersebut kamu harus melakukan teknik service. Barulah teknik lainnya yang di golongkan dalam teknik bertahan dan teknik menyerang.

Pada artikel kali ini akan membahas tentang teknik dasar dalam permainan bola voli & taktik bermain secara lengkap, kedua hal tersebut wajib di pahami saat kamu sebelum melakukan pertandingan. Sebelum kamu memulai permainan bola voli bersama temanmu, mari pelajari teknik dasar dan taktik dalam bermain bola voli.

Apa saja penjelasannya, berikut penjelasannya secara lengkap :


Serving atau Service

servis atas

Dalam setiap permainan olahraga, tentunya semua memiliki teknik dasar yang harus di lakukan dan di pahami sebelum teknik dan trik lainnya, sebelum memulai suatu pertandingan tentu nya ada teknik dasar yang di gunakan untuk memulai suatu pertandingan, dalam permainan cabang olahraga bola voli ini teknik untuk memulai permainan nya di namakan service.

Service merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli untuk memulai pertandingan yang wajib kamu pelajari, pada dasarnya service terbagi menjadi dua, yaitu service atas dan service bawah, namun service tersebut dibagi lagi menjadi beberapa teknik atau cara pelaksanaan nya.
Ada beberapa macam teknik service dalam permainan bola voli. Untuk lebih jelasnya lagi penjelasan artikel nya ada dibawah ini :

 

  • Float Service

Float service atau servis mengambang adalah jenis teknik servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke udara, lalu memukulnya tanpa membuat bola tersebut berputar, sehingga laju bola bergerak melambung horizontal. (bola berjalan mengapung atau mengambang).

  • Jump Service

Jump service atau servis lompat yaitu teknik servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola secara vertikal, lalu diikuti dengan lompatan pemain dan pukulan sehingga bola jauh mengambang dan amsuk area lawan.

 

  • Overhand Service

Overhand service atau servis tangan atas sebenarnya teknik ini hampir mirip dengan jump service, hanya saja bedanya terletak pada tahapan saat melakukan lompatan. Pada teknik ini, pemain tidak perlu melompat, pemain cukup memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di depan atas bahu.

  • Underhand Service

Underhand service atau servis tangan bawah yaitu teknik servis yang dilakukan dengan cara melempar rendah bola sebelum memukulnya dengan tangan menggenggam yang diayunkan di bawah bahu. bola harus di angkat sedikit, apabila tidak di angkat maka akan terjadi foul, serivice ini termasuk dalam service bawah.

  • Service Ace

Service ace yaitu teknik servis yang dilakukan dengan cara memukul bola sekeras mungkin sehingga bola melaju cepat dan tidak terprediksi jatuhnya.

Baca Juga  Permainan Bola Voli

Servis ini pun disebut servis maut atau servis kemenangan karena teknik servis ini hampir selalu mencetak poin. Biasanya, service ace dikombinasikan dengan teknik jump service agar mendapatkan hasil yang diinginkan.

Untuk dapat melakukan service ini tentunya perlu latihan dan pengulangan berulang-ulang agar mendapatkan hasil yang maksimal.


Forearm Passing

forearm passing

Forearm passing yaitu merupakan teknik dasar dalam permainan bola voli yang sering dilakukan untuk mengoper atau memantulkan bola ke pemain lainnya.

Cara pelaksanaan pasing ini, kedua tangan di rapatkan dengan perkenaan bola ada pada pergelangan tangan dengan sedikit di condongkan agar bola lebih terarah. Tujuan dari teknik ini adalah mengoper bola ke rekan satu tim.


Bumping atau Bump Passing

bump passing

Bumping yaitu teknik passing yang dilakukan dengan cara mengunci kedua lengan untuk memantulkan bola voli dengan jarak dekat.

Pada tujuan teknik ini hampir sama dengan forearm passing, hanya saja teknik ini memantulkan bola ke rekan teman satu tim yang terdekat.


Overhand Passing

overhand passing

Overhand passing yaiut teknik dasar passing yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke teman satu tim dengan tangan terbuka di atas kepala.


Serangan (Attacking)

serangan

Selain servis dan passing, pemain juga harus memberikan serangan kepada tim lawan. Banyak pemain voli hanya mengandalkan teknik serangan spike.

Padahal, ada banyak teknik serangan lainnya yang dapat dilakukan dalam pertandingan bola voli, seperti halnya :  heat, off-speed hit, tip, roll shot, dan back row attack.

Berikut penjelasannya :

  • Hitting atau Spiking

Ketika seorang pemain melompat tinggi sambil memukul bola dengan ayunan satu tangan yang terbuka dan memukul bola dengan kuat, pemain tersebut melakukan teknik hitting.

Tingkat keberhasilan teknik serangan tersebut diukur dari kekuatan pukulan.

  • Heat

Apabila seorang pemain bola voli menambah kekuatan pukulan yang sangat kuat pada teknik hitting, teknik heat bisa dilakukan. Pada dasarnya, teknik ini merupakan teknik hitting yang diberi tambahan kekuatan ekstra pada saat melakukan pukulan bola voli.

  • Off-Speed Hit

Teknik off-speed hit ini memiliki gerakan yang sama dengan teknik hit, hanya saja teknik ini lebih mengutamakan daya putar bola, sehingga gerakan bola akan mengecoh pemain tim lawan karna sulit untuk di tebak arah gerak bola.

  • Tip

Pada teknik ini sama halnya dengan teknik serangan spiking, teknik serangan hit pun menggunakan gerakan yang sama. Tetapi dalam pelaksanaan nya, teknik ini hanya menyentuh ujung bola saja, agar bola berbalik melalui atas net, teknik ini lebih ke kemampuan kelincahan di banding dengan kekuatan.

Baca Juga  Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

dalam pelakasanaan nya, kamu dapat menggunakan jari atau kepalan tangan untuk menyentuh bola.

  • Roll Shot

Teknik serangan roll shot, teknik ini mirip dengan teknik hitting. Jika teknik hitting melakukan dengan pukulan sekeras-kerasnya, teknik ini memusatkan pukulan yang lebih pelan, sehingga bola dapat menjangkau target secara baik.

  • Back Row Attack

Bila kamu ingin mengecoh tim lawan, pergunakanlah teknik serangan ini. Pada teknik ini membutuhkan dua pemain agar bisa dilakukan.

Pada pemain pertama berpura-pura seakan menyerang, sedangkan pada pemain kedua mengikuti gerakan sambil bersiap-siap untuk melakukan teknik serangan tertentu.

Biasanya, pemain kedua akan melakukan teknik serangan spike, roll shot, atau off-speed hit.


Bertahan (Blocking)

blocking

Teknik dasar pertahanan permainan bola voli yang harus dikuasai. Teknik ini bisa kamu lakukan supaya bola tidak masuk ke area timmu.

Faktor yang paling penting saat melakukan teknik ini adalah daya tahan tubuh, posisi, dan ketepatan waktu dalam melakukan nya. Gunakan badanmu untuk menahan bola.

Pasang kuda-kuda atau posisi kaki yang kuat agar tubuhmu mendapatkan  ketahan yang maksimal. Kamu juga dapat menggunakan lengan tangan untuk menahannya datang nya serangan bola.

Pemain dapat melakukan teknik blocking dengan cara melompat atau berdiam di tempat. Baik itu blocking yang dilakukan secara melompat maupun berdiam diri, pemain yang melakukan teknik ini tidak boleh menggunakan teknik selain blocking.


Digging

digging

Blocking bukanlah satu-satunya teknik yang dapat kamu lakukan untuk menghindari serangan bola lawan agar tidak jatuh ke area timmu. Teknik digging juga dapat kamu dilakukan.

Pada umumnya, teknik digging ini disebut juga dengan beach dig, deep dish, atau diving.

Pemain akan menggunakan teknik ini bila keadaan darurat terjadi saat pertandingan berlangsung, misalnya bola lawan hampir mengenai landasan timmu. bila hal tersebut terjadi, pemain akan melompat ke dasar lantai dimana letak bola akan mengarah dan rentangkanlah tangannmu agar bola tidak menyentuh landasan.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas 7 Semester Genap

Bila dibandingkan dengan teknik lainnya, teknik digging ini merupakan teknik dasar yang paling sulit dilakukan, mengapa demikian. Kamu perlu latihan khusus dan pengulangan sampai dirasa teknik tersebut benar dan posisi badan yang kamu rasa aman dan nyaman.


Volleying

volleying

Kebanyak orang yang beranggapan bahwa volleying dan setting adalah dua teknik yang sama, tetapi nyatanya tidak demikian.

Volleying merupakan teknik pengoperan bola ke pemain lain agar pemain yang menerima bola berikutnya bisa melakukan pengaturan bola (setting). Teknik ini menggunakan gerakan tangan dan daya lentur jari.

Bola yang datang ke pemain akan ditangkap dengan tangan atau jari seperti membentuk piramida (diamond-shaped). Lalu, bola akan dioper ke pemain berikutnya.


Setting atau Assist

setting

Setting atau assist merupakan teknik dasar permainan bola voli yang biasanya digunakan pada pantulan kedua atau sesudah pemantul bola pertama melakukan volleying.

Setelah pemain pertama melakukan volleying, bola akan mengarah ke pemain kedua yang akan melakukan setting atau assist.

Pemain kedua ini akan mengatur gerakan dan putaran bola secara spesifik agar pemain ketiga mampu melakukan teknik serangan terbaik.


Screening

Screening

Teknik screening. Merupakan teknik yang digunakan untuk menghalangi pandangan lawan agar rekan setim bisa melakukan teknik tertentu secara bebas.

Meskipun teknik ini diakui keberadaannya, pada dasarnya teknik screening ini termasuk teknik yang curang dalam permainan voli.

Teknik screening ini tidak diperbolehkan dipergunakan para pemain voli, karena dianggap tidak merepresentasikan nilai sportivitas dalam pertandingan permainan voli.


Baiklah itu tadi penjelasan materi mengenai Teknik Dasar Permainan Bola Voli  & Taktik Bermain Secara Lengkap. Semoga dapat berguna dan bermanfaat bagi kamu, Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel :