Peraturan Permainan Bola Voli

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Artikel kali ini akan membahas tentang peraturan dari permaina bola voli, sebelum kamu menguasai teknik-teknik dasar dari permainan bola voli, kamu wajib mengetahui dan  memahami peraturan dalam permainan voli.

berikut penjelasan mengenai peraturan dan pelanggaran dalam permainan bola voli secara lengkap :


Lapangan Bola Voli

lapangan bola voli

Bentuk dan ukuran lapangan bola voli ini tentu nya berbentuk persegi panjang dengan ukurannya yakni dengan Lebar 9 m, dan  panjang 18 m, lebar garisnya 5 cm.

Jaring Net

  • Panjang : 9,5 m.
  • Lebar : 1,00 m.
  • Lebar mata jaring : 10 cm.

Di bagian atas net harus ada pita putih yang lebarnya 5 cm.

  • Tinggi net putra : 2,43 m.
  • Tinggi net puti : 2, 24 m.

Di kedua tepi net harus dipasang antena yang letaknya tegak lurus di atas garis lapangan bola voli.

Warna antena harus belang kontras putih merah misalnya. Panjang pada antena 1,80 meter. Antena ini terbuat dari bahan yang elastis dengan diameter 1 cm.


Ukuran Bola Voli Menurut PBVSI dan FIVB:

ukuran bola voli

  • Diameter pada bola voli yaitu : 180 mm – 200 mm.
  • Keliling lingkaran pada bola voli yaitu : 650 mm – 670 mm.
  • Berat pada bola voli yaitu : 260 – 280 gram.
  • Tekanan pada bola voli yaitu : 294,3 – 318,82 mbar atau hPa.

Bahan dari bola voli ialah  kulit yang lunak atau bahan lain sejenis nya, bentuk bola harus sempurna dan bahan  di dalamnya yang terbuat dari karet. Warna bola haruslah terang dengan contoh  warna putih, kuning, merah.


Kelengkapan pemain bola voli

Pada pemain bola voli ini hendaknya harus mengunakan pakaian olahraga yang ada nomor punggung dan dada, memakai celana pendek dan memakai sepatu olahraga, terlebih apabila mengikuti perlombaan, karena diwajibkan memakai kostum tim yang memiliki nomor punggung dan dada, dan berbagai peraturan terkait penyelengara perlombaan mengenai kelengkapan pemain bola voli.


Pemain dan Sistem Permainan

Permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh 2 regu  yang pada masing-masing regunya terdir dari 6 pemain utama dari setiap pertandingan. Kedua regu inilah yang akan bertanding untuk bisa mencapai poin 25 lebih dulu barulah bisa dinyatakan keluar sebagai pemenang. Berikut merupakan peraturan cara permainan dari cabang olahraga bola voli yang juga penting untuk dipahami.

  1. Pada  tim bola voli, selalu ada 4 peran utama, yaitu  spiker (smash), tosser atau setter, defender atau pemain yang khusus untuk bertahan, dan juga libero.
  2. Tosser di dalam tim bertugas mengumpan, tosser wajib mengumpankan bola ke rekan-rekannya dan menjadi pengatur di dalam jalannya permainan saat pertandingan berlangsung.
  3. Spiker di dalam tim bertugas dengan peran utama sebagai pemukul bola agar jatuh di area pertahanan tim lawan.
  4. Libero di dalam tim bertugas dengan peran utama sebagai pemain bertahan. Keuntungan dari posisi libero ini yaitu bisa dengan bebas keluar dan masuk, tapi tidak memiliki hak untuk melakukan smash bola ke arah tim lawan.
  5. Defender di dalam tim memiliki peran utama sebagai pemain bertahan juga, tapi lebih kepada penerima serangan dari tim lawan.
  6. Pemain tosser harus mempunyai kekuatan insting yang baik, bahkan sempurna dan hal ini menjadi tuntutan dalam permainan bola voli.
  7. Pemain tosser sangat diwajibkan untuk dapat menjadi pengatur dalam jalannya permainan di saat pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  8. Pemain tosser juga harus bisa mengambil dan membuat keputusan apa yang ia harus lakukan dengan bola yang ia pegang dan keputusan tersebut harus ditentukan secepat mungkin. Semuanya itu hanya diberi waktu sepersekian detik sehingga seorang tosser perlu gerak cepat ketika sebelumnya bola jatuh di lapangan pada saat pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  9. Angka 25 ini merupakan angka yang harus dicapai oleh salah satu tim pada setiap babak untuk bisa keluar sebagai pemenang.
Baca Juga  Sejarah Sepak Bola

Peraturan Teknis Permainan Bola Voli

  • Setiap tim diberi hak untuk memainkan bola maksimal 3 kali pukulan.
  • Seorang pemain tidak boleh memukul bola lebih dari satu kali secara berturut-turut, apabila terjadi maka point untuk tim lawan.
  • Regu yang melakukan servis jika memenangkan permainan berhak untuk mendapat satu tambahan poin.
  • Lalu sebaliknya, apabila tidak dapat mengembalikan bola maka poin masuk untuk lawan.
  • Bola hidup berati mulai dipukulnya servis ball sampai bola menyentuh tanah dan poin yang memasukannya.

Pada saat melakkukan servis, bola harus dilambungkan melewati net teratas. Bola dinyatakan masuk jika bola jatuh didalam daerah garis lapangan atau bola jatuh tepat pada garis lapangan.


Pelanggaran dalam permainan bola voli

  • kesalahan Saat Servis

Saat melakukan servis, sering sekali pemain melakukan pelanggaran. tahapan ini merupakan tahapan penting dalam permainan bola voli adalah servis.

Masih banyak lagi pelanggaran yang sering terjadi saat permainan bola voli berlangsung yang kurang disadari oleh para pemain bola voli. Berikut pelanggaran yang sering dilakukan :

  1. Saat akan melakukan servis, pemain terlalu lama memegang bola, biasanya wasit memberi batasan waktu hingga 10 detik. Atau saat akan melakukan servis mengulur waktu.
  2. Saat pemai melakukan service, ia tidak memukul bola tersebut dengan tangan. Dan ia juga tidak melambungkan bola voli terlebih dahulu.
  3. Bola yang telah di servis oleh salah seorang pemain malah menumbur net, tidak sampai masuk ke area tim lawan. Atau malah keluar dari area lapangan tim lawan. Atau bola yang di servis malah menyentuh net, melewati sisi pembatas, bahkan melewati bawah net.
  4. Saat pemain melakukan service, bola tidak di angkat. Dan kaki pemain menginjak garis batas lapangan. terjadilah pelanggaran (foul).
  • Pelanggaran permainan
  1. Pemain tim dengan sengaja atau tidak sengaja menyentuh jaring net dengan tangan.
  2. Pemain dinyatakan tidak pelanggaran apabila anggota tubuhnya selain tangan menyentuh net dengan tidak disengaja. Contohnya waktu melakukan blocking dada atau punggung menyentuh net secara tidak sengaja.
  3. Kedua kaki masuk kearea daerah tim lawan.
  4. Pemain yang melakukan blocking kedua tangannya atau salah satu tangan terlalu masuk ke daerah area tim lawan.
  5. Mengeluarkan kata-kata kasar atau mengumpat terhadap wasit ataupun juri.
  6. Menegur wasit dan pembantu wasit.
  7. Menerima arahan dari luar lapangan selama pertandingan berlangsung.
  8. Pemain mempengaruhi keputusan wasit.
  9. Meninggalkan lapangan permain tanpa izin.
  • Pemain Keluar dari Posisi

Pelanggaran selanjutnya yang harus diperhatikan oleh pemain bola voli adalah posisi mereka ketika sedang berlangsung pertandingan. Sering pada saat permainan berlangsung pemain tidak menyadari sudah tidak dalam posisi mereka, kadangkala ada pemain yang keluar dari posisinya yang semestinya ia tidak keluar dari posisi tersebut.

Baca Juga  Permainan Softball

Berikut adalah kesalahan-kesalahan posisi pada saat permaianan sedang berlangsung :

  1. Pada saat pemain melakukan servis pemain menginjak atau malah keluar garis yang telah disediakan untuk servis. Atau garis pembatas khusus untuk melakukan servis sebelum pemain memukul bola kearah area tim lawan.
  2. Ketika akan melakukan pukulan servis. Ada pemain yang malah tidak berada pada posisi yang seharusnya, maka terjadilah foul.
  3. Setiap pemain yang ada di lapangan akan mendapatkan giliran untuk melakukan servis. Bila ada pemain yang melakukan servis bukan pada urutannya. Maka hal tersebut dinyatakan pelanggaran, dan point untuk tim lawan.
  4. Selanjutnya pelanggaran yang sering terjadi adalah saat pemain belakang melakukan serangan. tanpa disadari pemain melewati garis serang. Maka terjadilah pelanggaran.
  5. Pemain belakang melakukan block secara tidak disengaja atau sengaja saat berada di dekat net.
  6. Selanjutnya adalah saat melakukan pergantian pemain, yang sebelumnya di ganti lalu bermain kembali. Pemain malah bermain di lapangan bukan pada posisi semula.
  • Pelanggaran Akibat Tingkah Laku
  1. Pelanggaran pertama yang sering dilakukan oleh pemain adalah mengumpat kata-kata kasar. Atau kata-kata tidak sopan baik itu dilakukan oleh pemain, pelatih bahkan manajer. Selain dari kata-kata juga melakukan perbuatan-perbuatan yang mencela atau menghina pemain tim lawan.
  2. Ketika pertandingan bola voli sedang berlangsung. Ada pemain cadangan, pelatih, manajer atau suporter dari tim yang mendukungnya tiba-tiba masuk kedalam lapangan.
  3. Lalu untuk mengalihkan perhatian pada para tim lawan. Maka pemain melakukan hentakan kaki  dengan keras-keras atau berteriak dengan sangat keras saat sedang berlangsung pertadingan.

Baiklah itu tadi ulasan materi tentang “Peraturan Permainan Bola Voli & Pelanggaran Yang Sering Terjadi”. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih 🙂

Baca Juga  Formasi Sepak Bola

 

Baca Juga Artikel :