Manfaat Latihan Kekuatan Otot

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga…!. Dalam kehidupan sehari-hari tentunya kita sangat bergantung pada kekuatan otot untuk melakukan aktivitas kehidupan. kekuatan otot ini sangatlah penting bisa kamu bayangkan bila kmu tidak memiliki otot yang tidak baik, bahankan untuk mengangkat sesuatu pun tidak kuat.

Pada pembahasan sebelumnya kelaspjok telah membahas materi yang dapat melatih kekuatan otot yang bisa kamu pahami sehingga kamu dapat dengan maksimal melatih kekuatan otot kamu.

Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan setelah melakukan latihan. apasajakah manfaat dalam melakukan latihan otot. Berikut penjelasannya :

Manfaat Latihan Kekuatan Otot


Latihan Kekuatan Otot

Latihan kekuatan otot yang juga disebut sebagai strength training atau resistance training adalah jenis olahraga yang berfokus pada pembentukan kekuatan otot seluruh tubuh.

Dalam olahraga latihan kekuatan otot ini mencangkup berbagai aktivitas guna meningkatkan fungsi sendi, kepadatan tulang dan kekuatan otot, ligamen serta tendon.

latihan kakuatan otot yang menunjang yang bisa kamu lakukan guna meningkatkan kekuatan otot diantara nya sebagai berikut :

  • berolahraga dengan resistance band
  • plank, push up, sit up, squat, dan latihan lain yang mengandalkan berat badan sendiri
  • mengangkat beban bebas, seperti barbel, dumbbell, dan kettlebell
  • menggunakan mesin angkat beban (weight machine) di gym

Jika kamu dengan rutin melakukan latihan-latihan diatas serta diimbangi dengan asupan makanan yang bergizi maka kamu dapat dengan maksimal mendapatkan hasilnya


Manfaat Latihan Kekuatan Otot

Olahraga joging merupakan olahraga yang dapat menunjang kekuatan otot kaki, selain dapat menguatkan otot kaki olahraga inni juga dapat menurunkan berat badan serta menjaga kebugaran jasmani kamu.

Baca Juga  Pengertian Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya lagi simak penjelasan apa saja manfaat yang kamu dpat setelah melakaukan olahraga kekuatan otot.


Mencegah sarcopenia

Mencegah terjadinya sarcopenia. Sarcopenia adalah kondisi hilangnya massa otot yang bisa mulai terjadi saat usia 30 tahun. Kondisi ini bisa menyebabkan kamu kehilangan kekuatan sehingga tidak bebas bergerak.

Namun kamu tidak perlu khawatir, manfaat strength training juga bisa membantu Anda terhindar dari sarcopenia pada usia tua.

Pada latihan ini dapat meningkatkan kekuatan serta daya tahan otot, sehingga mencegah kamu dari kehilangan massa otot secara berlebihan.


Meningkatkan kepadatan tulang

Selanjutnya gejala kelemahan tulang menjadi salah satu tanda osteoporosis. Osteoporosis merupakan kondisi pengeroposan dan penurunan kepadatan tulang. Osteoporosis membuat seseorang lebih rentan mengalami patah tulang, terutama saat menginjak usia tua.

Latihan kekuatan otot bisa menghindari kondisi ini sejak awal apabila kamu melakukannya secara rutin. Hal ini akan membuat otot dan tulang kamu menjadi lebih kuat. Semakin sering tulang menahan beban selama melakukan latihan, maka kepadatan dan kekuatan tulang semakin meningkat.


Membantu menurunkan berat badan

Latihan ketahanan otot lebih mampu membantu kamu menurunkan berat badan. Semakin sering otot kamu bekerja, artinya semakin banyak massa otot yang kamu punya.

Dengan mempunyai massa otot yang besar, tubuh akan membakar kalori lebih banyak dan ini dapat berlangsung meskipun kamu tidak sedang berolahraga.

massa otot yang kamu pertahankan dengan baik juga dapat membantu mempertahankan tingkat metabolisme tubuh, sehingga mencegah kamu mengalami kenaikan berat badan berlebihan.


Memperbaiki Kualitas Tidur

Olahraga ini juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Pada sebuah studi dalam Brazilian Journal Of Psychiatry menunjukkan latihan ketahanan dengan intensitas sedang mampu meningkatkan kualitas tidur dan bahkan mengatasi kondisi insomnia kronis.

Baca Juga  Tujuan dan Manfaat Olahraga

Melakukan olahraga pada siang hari atau sebelum tidur mampu membantu kamu tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, jika kamu kurang tidur justru bisa menurunkan aktivitas fisik harian. Selain itu, latihan kekuatan juga berpengaruh pada kesehatan mental kamu sebab mampu memperbaiki mood serta menurunkan gejala stres, depresi, dan gangguan kecemasan.


Memperbaiki Kualitas Tidur dan Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Latihan kekuatan otot ini juga mampu menyeimbangkan kadar gula darah berlebih dalam tubuh. Latihan ini juga mampu mengatasi meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap resistensi insulin, yakni diamana kondisi tubuh yang tidak lagi merespon kerja insulin sebagaimana mestinya.

Apabila seseorang mengalami resistensi insulin maka akibatnya glukosa dalam tubuh tidak bisa dipecah menjadi energi sehingga tetap berada dalam aliran darah. Akibatnya timbul kondisi gula darah tinggi (hiperglikemia) yang jika dibiarkan bisa menyebabkan komplikasi diabetes.res, depresi, serta gangguan kecemasan.


Baiklah itu tadi penjelasan dari materi Manfaat Latihan Kekuatan Otot. Semoga artiikel ini dapat berguna bagi kamu dalam mengerjakan tugas-tugas olahraga, serta bermanfaat untuk kamu dalam mengerjakan makalah olahraga. Terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :