Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga..!. Pada pembahasan kali ini mengulas tentang makanan yang menunjang untuk kesehatan kita. Tanpa kita sadari olahraga saja tidak cukup untuk mendapatkan sehat yang maksimal, banyak faktor yang mendukung dalam kesehatan kita, salah satunya merupakan makanan – makanan yang mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kali ini kelaspjok akan membahas materi tentang makanan 4 sehat 5 sempurna. Untuk lebih jelasnya lagi langsung saja simak materi pembahasannya di bawah ini :

makanan-4-sehat-5-sempurna


Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Makanan 4 sehhat 5 sempuurna adalah makanan sehat yang dibutuhkan setiap individu. Makanan 4 sehat 5 sempurna terdiri dari asupan nutrisi penting harian. Ini terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, buah dan sayur, serta susu sebagai pelengkap.


Makanan Pokok

Makanan pokok pada konsep makanan 4 sehat 5 sempurna merujuk pada sumber karbohidrat yang seimbang. Karbohidrat merupakan salah satu kelompok makanan dasar yang penting untuk pola makan sehat. Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh kita.

Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang paling sehat. Karbohidrat kompleks ini terdiri dari serat dan pati yang dirangkai dalam rantai panjang dan kompleks. Karbohidrat kompleks memiliki lebih banyak nutrisi dan membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna pada tubuh kita. Makanan karbohidrat kompleks ini terdiri dari vitamin, mineral, serta serat yang penting bagi kesehatan kita.

Sumber makanan pokok bisa berupa nasi, kentang, singkong, ubi, atau roti. Makanan ini biasanya dikonsumsi bersama lauk pauk.


Lauk Pauk

Lauk pauk menjadi sumber protein untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh kita, menyeimbangkan hormon dalam tubuh, dan membangun serta memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak.

Baca Juga  Psikologi Olahraga

Kamu dapat memperoleh nutrisi ini dari berbagai jenis lauk pauk seperti ikan, ayam, sapi, kambing, seafood, bebek, dan lainnya sebagai sumber protein hewani.

Sedangkan untuk sumber protein nabati, kamu bisa dapatkan dari kacang- kacangan, biji- bijian, tahu, tempe, dan telur.

Hindari mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh yang terdapat makanan berminyak seperti gorengan, karena dapat membahayakan kesehatan kamu.


Sayur Mayur

Pada sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Selain memiliki kandungan serat yang baik untuk proses pencernaan tubuh kita, sayuran juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan untuk tubuh agar bekerja dengan baik.

Contohnya sayuran seperti wortel yang kaya akan vitamin A yang diperlukan untuk mata, sementara bayam mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, serta vitamin K.

Pada saat mengonsumsi sayuran, perlu diperhatikan juga kebersihan dari sayuran yang akan kamu konsumsi, karena sayuran juga dapat terpapar pestisida atau zat-zat berbahaya lainnya, yang jelas agar pastikan sayuran yang akan dikonsumsi telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum kamu dikonsumsi.


Buah-buahan

Sebagai sumber vitamin, mineral dan serat, buah tentu tidak boleh dilupakan dalam menu makanan harianmu. Di balik warna buah yang menarik, tersimpan kandungan-kandunga nutrisi yang berbeda.

Coontohnya seperti buah berwarna hijau yang kaya akan vitamin C, beta karoten, folat, serta kalsium yang baik untuk penderita kolesterol, kesehatan mata, pencernaan, dan menangkal radikal bebas.

Buah berwarna kuning memiliki kandungan beta karoten, vitamin C dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar metabolisme dan mencegah kanker.


Susu

Susu merupakan sumber protein, kalsium, fosfor, dan mineral penting lainnya. Susu merupakan bagian dari 5 sempurna.

Baca Juga  Olahraga Sit Up

Minum susu dan produk olahan susu lainnya dapat mencegah osteoporosis dan patah tulang. Susu pula bahkan dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Minum susu telah lama dikaitkan dengan kesehatan tulang. Ini dikarena kombinasi nutrisinya yang kuat, termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein dan (dalam produk susu berlemak penuh yang diberi makan rumput) vitamin K2. Semua nutrisi ini penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Susu yang paling umum dikonsumsi adalah susu sapi. Berbagai macam produk makanan dibuat dari susu sapi, seperti keju, krim, mentega, dan yogurt. Jenis susu lainnya seperti susu kambing, susu kedelai, dan jenis susu nabati lainnya.


Rutin mengkonsumsi berbagai jenis makanan 4 sehat 5 sempurna, tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu, tapi juga bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan otak anak, membentuk jaringan sel dan tulang yang kuat, serta dapat mengurangi resiko obesitas.


Baiklah itu tadi ulasan dari materi “Makanan 4 sehat 5 sempurna”. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kamu dalam memgerjaka tugas, serta dapat bermanfaat untuk kamu dalam membuat makalah mengenai makanan 4 sehat 5 sempurna. Terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :