Tujuan dan Manfaat Olahraga

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahaga..! kali ini akan mengulas manfaat serta tujuan dalam melakukan olahraga. Melakukan olahraga dengan rutin serta teratur tentunya kamu akan mendapatkan manfaat yang sangat baik unutk jasmani dan rohani.

Pada dasarnya untuk kamu yang sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan olahraga, kamu hanya perlu melakukan aktivitas seperti berjalan kaki atau mengerjakan pekerjaan rumah sehingga dapat mengeluarkan keringat .

Untuk itu apa saja manfaat yang terkandung dalam melakukan olahraga. Langsung saja simak materi ulasannya lengkap dibawah ini :


Pengertian Olahraga

Pengertian Olahraga

Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur, melibatkan gerakan tubuh yang dilakukan berulang-ulang dengan tujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani serta rohani.

Olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga merupakan kebutuh pokok pada kehidupan sehari-hari.

Olahraga ini akan sangat lebih baik apabila dimulai sejak dini sampai usia lanjut, dilakukan secara rutin guna menghindari penyakit.

Gaya hidup yang tidak teratur, duduk dengan lama saat bekerja dan kurang bergerak ditambah lagi dengan adanya faktor resiko merokok, pola makan semabarangan semua itu dapat menimbulkan penyakit yang serius, seperti : penyakit jantug, kencing manis, osteoporosis, depresi dan kecemasan.

Orang yang mempunyai gaya hidup sehat, tidak merokok, olahraga dengan teratur serta melakukan banyak kegiatan fisik cenderung memiliki peluang kecil terkena penyakit jantung serta stroke dibanding dengan orang yang mempunyai kebiasaan gaya hidup tidak teratur, tidak sehat sehingga merugikan untuk kamu.


Manfaat Olahraga

Manfaat Olahraga

Tentu dalam melakuukan olahraga kamu mengharapkan manfaat yang baik untuk jasmani serta rohani kamu. Untuk itu pahami maanfaat yang ada dalam olahraga. Berikut manfaatnya :

Baca Juga  Manfaat Olahraga Berkuda

1. Meningkatkan Daya Pikir

Kathleen pulang menjelaskan andai olahraga dilakukan dengan teratur akan mempunyai peran yang baik untuk menambah daya pikir anak. Buah dari kegiatan fisik yang dilaksanakan secara rutin menciptakan otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara rutin dan menciptakan si kecil lebih pintar ketika proses belajar.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Gerakan yang dilakukan pada saat berolahraga dapat memicu organ pencernaan lebih aktif. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal serta menyesuaikan keperluan energi untuk tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan dicerna dengan baik.

3. Menjauhkan dari Berbagai Penyakit

Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan pada saat melakukan aktivitas olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. sehingganya akan merangsang proses metabolisme dalam tubuh serta sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh akan lebih sehat serta tidak mudah terserang penyakit.

4. Merangsang Perkembangan Ideal

Pada saat tubuh digunakan untuk beraktivitas maka kalori yang terdapat di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kathleen mengungkapkan kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa yang berpotensi menimbulkan tumpukan lemak dalam tubuh. Tubuh menemukan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses perkembangan serta pertumbuhan secara ideal.


Tujuan Olahraga

Tujuan Olahraga

Hampir setiap orang kekbanyakan menyukai olahraga, dengan memiliki tujuan yang berbeda-beda dalam melakukan olahraga, ada yang malukannya sekedar hobi, ada yang hanya mengeluarkan keringat, ada juga yang melakukan dengan menekuni utnuk menjadi atlet. dan terjun kekejuaraan PORKAB, PORPROV, PON, SEA GAMES ataupun sekedar kejuaraan tingkat kampung. dalam olahraga dilihat dari tujuannya dibagi menjadi beberapa kelompok, meliputi :

  • Olahraga Pendidikan : digunakan dalam kurikulum pendidikan.
  • Olahraga Rekreasi : digunakan untuk bersenang-senang, bergembira.
  • Olahraga Prestasi : digunakan dalam kejuaraan, dilombakan.
  • Olahraga Rehabilitas : digunakan untuk memperbaiki suasana tubuh seseorang.
Baca Juga  Peraturan Permainan Bulutangkis

Macam-macam Olahraga

Macam-macam Olahraga

Olahraga merpakan aktivitas gerak yang wajib bagi semua kalangan, karena membawa dampak yang positif unttuk kebugaran jasmani kamu, membuat gerak tubuh menjadi tanggap berenergik serta membawa aura positif.

Beikut merupakan jenis-jenis olahraga meliputi :

 1. Olahraga Push Up

Olahraga Push up adalah olahraga jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep.

2. Lari Jarak Pendek 

Lari jarak pendek adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan.

3. Tenis Lapangan

Olahraga Tenis Lapangan adalah permainan yang dimainkan menggunakan raket untuk memukul serta mengembalikan bola melewati net dan memantul kearea lawan sampai lawan tidak dapat mengembalikan bola tersebut.

4. Aktivitas Renang

Renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang dengan menggunakan gaya yang sesuai dengan yang di perlombakan. Gaya yang di gunakan : Gaya dada, Gaya bebas, Gaya kupu-kupu, Gaya punggung.

Itu tadi beberapa contoh olahraga yang bisa kamu lakukan.


Sejarah Olahraga

Dalam sejarah olahraga, olahraga tergolong berkembang dengan baik dan secara rutin dari Mesir kuno sehingga terdapat struktur yang mengindikasikan bahwa olahraga melakukan aktifitas fisik yang bersifat mengelurkan tenaga yang kuat. Pada tahun 1976 olahraga telah tersebar luas di berbagai negara bahkan sampai ke penjuru dunia sampai sekarang.


 

Baiklah itu tadi ulasan materi lengkap “Tujuan dan Manfaat Olahraga”. Yang telah di ulas dengan lengkap dan jelas mulai dari : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Sejarah. Semoga artikel ini bermaanfaat bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas serta berguna bagi kamu dalam membuat makalah olahraga Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :

Baca Juga  Olahraga Bowling