Peraturan Permainan Bola Basket

Diposting pada

KelaPJOK.Com – Salam Olahraga..! Kali ini kelaspjok akan membahas materi tentang Peraturan Resmi Dalam Permainan Bola Basket, sebelum kamu menguasai teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket, kamu wajib mengetahui dan memahami tentang apa saja peraturan yang ada dalam permainna bola basket.

Langsung saja simak ulasan materi peraturan permainan bola basket, berikut ulasan materi nya :


Lapangan Bola Basket

Lapangan Bola Basket

Bentuk dan ukuran lapangan bola baset, lapangan bola basket berbentuk persegi panjang, adapun ukuran dari lapangan bola basket ini ada dua standar ukuran, yakni dengan panjang 28,5m dan lebar 15m, untuk standar NBA dengan panjang 26m dan lebar 14m.

Pada ukuran garis tengah lingkaran pada lapangan basket ialah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Dan panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman adalah 3,60 meter.

Dalam lapangan bola basket harus ada tiga lingkaran dengan ukuran yang sama dengan diameter 1,8 meter.

Dimana letak lingkaran tersebut, Satu ada di tengah-tengah dipakai untuk memulai sebuah pertandingan. Dua lainnya ada di daerah ring masing-masing yang digunakan untuk jump ball dan atau free throw.

Untuk membuat lapangan dalam gedung biasabya menggunakan kayu atu seman. dan untuk di luar ruangan sebaiknya berlantai semen. Jika menggunakan kayu akan mudah keropos dan rusak diakibatkan seringnya terkena sinar matahari dan terkena hujan.


Papan Pantul Dan Jaring Basket

Papan Pantul Dan Jaring Basket

Ukuran panjang  pada papan pantul bagian luar adalah 1,80 m, sedangkan lebar pada papan pantul bagian luar adalah 1,20 m. Dan panjang papan pantul bagian dalam ialah 0,59 m, dan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0,45 m.

Baca Juga  Soal PJOK Kelas 9 Semester Ganjil

Pada papan tempat perkenaan bola basket berukuran panjang 1, 80 m dan lebar 1, 05 m. Papan ini bisa berbahan kayu dengan ketebalan 3 5 cm bisa juga terbuat dari bahan fiberglass atau kaca berserat yang tidak mudah rusak. Dan diberi lis garis bingkai selebar 5 cm.

Di tengah papan pantul harus dibuat kotak dengan ukuran panjang 59 cm dan lebar 45 cm. Letaknya 45 cm dari garis bingkai atas bagian dalam.

Dan di bawah garis bingkai kotak, dipasang ring atau cincin besar terbuat dari besi dengan diameter 45 cm dengan ketebalan maksimal 20 mm. Agar kuat, cincin besi ini dipasang pada sebuah lempengan besi lagi sehingga mudah untuk dipasang pada papan pantul.

Lalu pada sisi ring bagian bawah yang menghadap ke lantai diberi pengait untuk mudah memasang jaringn. Ukuran jaring dengan panjang sekitar 30-40 cm dengan lubang agak besar di bawahnya untuk memudahkan masuk dan keluar bolanya.

Jarak papan dari lantai

Jarak papan dari lantai ialah 2, 90 m, yang diukur dari sisi papan paling bawah paling dekat ke lantai. Setinggi 3, 05 m jika diukur dari lantai sampai ke ring bukan jaring.


Ukuran Bola Basket

Ukuran Bola Basket

Perlengkapan satu ini merupakan perlengkapan penting dalam permainan bola basket. Bola basket harus bersifat fleksibel, dapat dengan mudah di kontrol oleh semua pemain.

Maka dari itu bola pada permainan ini harus memenuhi standar yang telah di tetapkan, berikut ulasan bagaimana bola basket yang telah memenuhi standar :

  • Ukuran Bola Basket Standar Internasional

Ukuran standar bola basket untuk nasioanal dan internasional ialah :

  1. Ukuran keliling bola basket: 75-78 cm
  2. Berat bola basket: 600-650 gram
  3. Tekanan udara pada bola basket: 4,26-4,61 psi
  • Standar FIBA

Di organisasi basket FIBA membuat peraturan ukuran standar bola basket yang dimainkan pada seluruh kompetisi yang dinaungi oleh FIBA.

  1. Ukuran keliling bola: 74,9-78 cm
  2. Berat bola basket: 567-650 gram
  • Standar NBA

Pada kompetisi bola basket paling populer di dunia ialah NBA, dengan standar ukuran yang digunakan untuk bola basket standar NBA.

  1. Keliling bola: 74,93-75,56 cm
  2. Berat bola basket: 623,7 gram
  • Standar NCAA

Pada kompetisi NCAA tidak kalah menariknya dibandingkan NBA. Lulusan dari kompetisi ini umumnya masuk ke level NBA melalui jalur draft maupun undrafted. Berikut ukuran bola basket untuk NCAA:

  1. Ukuran keliling bola basket: 74,93-76,20 cm
  2. Berat bola basket: 567-623,7 gram
Baca Juga  Cabang Olahraga

Ukuran Bola Basket untuk Pertandingan Resmi

Ukuran Bola Basket untuk Pertandingan Resmi

Untu ukuran nomor 5: Pada umumnya ukuran ini digunakan untuk pemula, yakni anak-anak yang baru mengenal basket, serta menjadi standar yang digunakan di level elementary school atau SD.

Pada ukuran nomor 6: Biasanya ukuran ini digunakan untuk pertandingan sekolah level menengah seperti SMP, pada basket wanita juga sebagian masih menggunakan bola ukuran 6 ini karena pada bola ini lebih ringan dan mudah untuk dikendalikan.

Dan ukuran nomor 7: Digunakan untuk ukuran standar pertandingan profesional di level atas seperti IBL, NBA, Euroleague dan semua kompetisi FIBA.


Bahan yang Digunakan pada Bola Basket

Pada bola basket yang baik digunakan untuk berlatih dan bertanding ialah terbuat dari bahan karet, kulit atau campuran. Apabila terbuat dari bahan plastik atau nilon tentu pantulannya kurang baik dan sulit untuk di kontrol.

Untuk ukuran bola yang standar yaitu berdiameter antara 749 mm dan 780 mm dengan berat bola antara 567 gram dan 650 gram. Cara mengukur tekanan angin dan kelayakan daya pantul yang sederhana cukup dengan cara menjatuhkannya dari atas kepala kira-kira 1, 8 meter ke lantai tempat datar dilakukan dengan posisi berdiri.

Apabila bola memantul kembali kira-kira setinggi pinggang dengan ukuran 1, 3 meter, artinya tekanan angin dan daya pantulnya baik, layak untuk digunakan bermain.

Adapun bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bola basket sebagai berikut :

  • Bahan full leather

Menggunakan bahan kulit asli pada seluruh permukaan bola basket yang akan menghasilkan kualitas bola yang baik. Biasanya bola yang terbuat dari bahan full leather ini digunakan pada pertandingan resmi.

Hanya saja di negara Indonesia bola basket dengan bahan kulit ini kurang cocok dikarenakan iklim yang panas, sehingga membuat kulit pada bola lebih cepat terkelupas.

  • Bahan PU Leather
Baca Juga  Formasi Sepak Bola

Pada bola basket dengan menggunakan bahan kulit sintetik ini hasilnya bola tidak terlalu keras dan bola sangat awet ketika dipakai pada lapangan terbuka maupun di lapangan tertutup.

  • Bahan PVC

Dan bola basket dengan menggunakan bahan PVC ini cocok bagi mereka yang sedang belajar bermain permainan bola basket. Apabila dibandingkan dengan bola basket berbahan PU leather bola berbahan PVC ini sedikit lebih keras dan bola basket ini juga cenderung awet ketika digunakan di lapangan terbuka.

Pada tiga contoh bahan yang digunakan pada bola basket, kamu bisa memilih sesuai dengan lapangan yang akan kamu gunakan dan juga sesuai dengan keperluan kamu untuk melakukan p[ermainan bola basket.


Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi  Peraturan Resmi Dalam Permainan Bolas Basket“. Beserta dengan ukuran dan bahan apa saja yang cocok digunakan pada bola basket yang sesuai dengan keadaan lapangan dan tingkatan pada permainan bola basket, mudah-mudahan artikel in dapat beruguna dan bermanfaat untuk anda dalam memahami permainan bola basket dan mengerjakan tugas-tugas sekolah. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :