Tujuan & Manfaat Olahraga Panahan

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! kali ini materi yang akan di bahas Tujuan & Manfaat Olahraga Panahan. Apa itu olahraga panahan ?. Olahraga panahan adalah adalah suatu kegiatan yang menggunakan busur panah guna menembakkan anak panah ke target yang telah ada. Sebelumnya telah kelasppjok.com jelaskan dengan lengkap pada materi Olahraga Panahan.

Setelah kamu memahami olahraga panahan mulai dari pengertian, sejarah dan tekniknya, kamu perlu memahami manfaat serta tujuan yang ada dalam olahraga panahan.

Langsung saja simak materi jelasnya. Berikut ulasan manfaat serta tujuan dalam olahraga panahan.


Definisi Olaraga Panahan

Definisi Olaraga Panahan

Olahraga panahan ini merupakan olaraga yang menggunakan busur serta panahan sebagai alat untuk melakukan olahraga ini, serta menggunakan target yang diberi warna sebagai tujuan untuk memanah nya.

Pada olahraga panahan ini tidak mengenal batasan usia utnuk melakukannya, ada baiknya olahraga panahan ini di kenalkan sejak sedini mungkin.

Olahraga panahan adalah suatu kegiatan yang menggunakan busur panah guna menembakkan anak panah ke target yang telah ada.


Manfaat Olahraga Panahan

Manfaat Olahraga Panahan

Pada olahraga panahan ini sudah ada sejak zaman Paleolitik, memiliki manfaat yang bagus untuk tubuh. Meskipun olahraga panahan ini terlihat minim gerakan karena hanya berdiri dan membidik tujuan, tanpa disadari olahraga panahan ini mengandung berbagai manfaat yang sangat berguna untuk kamu.

Apa sajakah manfaat yang ada dalam olahraga panahan ini. Nah, Berikut manfaat yang terkandung dalam olahraga panahan :

1. Membuat Lebih Fokus

Fokus pada olahraga panahan ini sangat penting untuk kesuksesan sebagai pemanah, dalam mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental kamu. Semakin kamu terfokus pada target, semakin mudah pula bagi kamu untuk menjernihkan pikiran serta membidik secara tepat, baik dalam praktik maupun dalam pertandingan. Keterampilan ini juga akan membantu kamu dalam menghadapi situasi-situasi stres dan menekan dalam kehidupan.

2. Mengontrol Keseimbangan

Selanjutnya faktor keseimbangan sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah, karena kamu harus dapat menahan tubuh pada saat membidik dan bersiap melepas tembakan. Dalam berlatih memanah juga membantu kamu untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan saat sedang fokus membidik target. Semakin banyak kamu berlatih maka semakin terbiasa otot inti dalam menyeimbangkan tubuh.

3. Menguatkan Tubuh Bagian Atas

Dalam melakukan olahraga panahan, menempatkan tekanan pada otot-otot kedua lengan serta dada, bahu, dan punggung. Hampir mirip dengan olahraga angkat beban, tekanan ini akan ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan anak panahnya. Seiring dengan melakukan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan tali busur, dapat menguatkan otot tubuh bagian atas.

4. Menyehatkan Jantung

Pada saat pertandingan panahan berlangsung, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km saat melakukan pengecekan hasil tembakan. Meskipun aktivitas berjalan ini dilakukan dalam interval pendek, efek kumulatif yang ditimbulkan dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, serta kekuatan pada kaki. Kamu akan mendapatkan beberapa manfaat ini bahkan selama latihan, karena akan menghabiskan banyak waktu untuk berjalan untuk mengambil kembali anak panah yang telah dilepaskan.

5. Melatih Koordinasi

Selanjutnya melatih koordinasi paling utama dalam memanah adalah mata dan tangan. Pada olahraga panahan melatih tangan kamu untuk bekerja bersama saat melakukan tugas yang berbeda, yaitu membidik dan menembakkan anak panah berdasarkan apa yang mata lihat. Semakin banyak kamu berlatih, maka semakin baik juga koordinasi yang akan kamu dapatkan.

6. Relaksasi

Dalam melakukan olahraga panahan ini bisa menenangkan dan menghilangkan stres. Pada saat melepaskan anak panah, melihat busur terbang, dan mendengarnya sampai di bulatan target dinilai mampu membantu untuk menghilangkan stres.

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Dalam olahraga panahan, kamu bisa bersaing dengan yang lain atau melawan diri sendiri. Pada olahraga ini bukan hanya tentang melepaskan busur panah, juga dapat meningkatkan performa kamu dengan latihan yang rutin dan disiplin juga akan membangun dan membentuk kepercayaan diri kamu.

Itu lah tadi manfaat yang terkandung dalam melakukan olahraga panahan, yang tanpa kamu sadari dalam melakukan olahraga panahan dengan rutin maka kamu akan mendapatkan manfaat -manfaat yang ada di atas.


Tujuan Olahraga Panahan

Sama seperti pada olahraga lainnya, dalam melakukan olahraga panahan ini tentu memiliki tujuannya tersendiri. Secara umum tujuan dalam melakukan olahraga panahan ini adalah :

  • Memanah target sasaran.
  • Mendapatkan kemenangan dalam bertanding.
  • Melatih Koordinasi gerak tubuh.

Kesalahan dalam Melakukan Olahraga Panahan

Kesalahan dalam Melakukan Olahraga Panahan

Perlu kamu pahami sebelum melakukan olahraga panahan, tanpa disadari melakukan kesalahan-kesalahan posisi tubuh yang dapat berpengaruh terhadap lesatan anak panah dalam mengenai tergetnya.

Apa saja  kesalahan dalam melakukan olahraga panahan. Langsung saja simak kesalahan yang terjadi dalam olahraga panahan.

Berikut kesalahannya :

1. Sikap yang tidak konsisten

  • Posisi kaki dapat memengaruhi bidikan terhadap target.
  • Pemanah menempatkan kakinya, itu merupakan arah lesatan panah.
  • Posisi kaki merupakan pondasi pemanah.
  • Agar posisi konsisten, pemanah dapat menempelkan selotip sebagai penanda berdirinya kaki.

2. Rotasi siku

  • Pada posisi siku merupakan salah satu keterampilan yang paling sederhana namun paling penting dalam panahan.
  • Caranya adalah dengan menjaga siku lengan busur diputar lurus ke atas dan ke bawah sambil menarik busur dan melepaskan panah.
  • Dengan mengatur siku lengan busur dengan benar dari awal, dan mempertahankan posisinya selama tembakan, tubuh bagian atas akan selaras dengan benar maka akan menghasilkan bidikan yang lebih kuat.

3. Posisi jari pada tali busur (Hook)

  • Mengaitkan tali busur dengan terlalu banyak tekanan jari atau menempatkan jari di tempat yang salah dapat menyebabkan risiko negatif.
  • Salah satunya adalah membuat jari melepuh.

4. Titik jangkar

  • Titik jangkar merupakan titik di wajah dimana biasanya pemanah menarik tali busur, biasanya berada di sudut mulut atau tepat di bawah dagu.
  • Agar anak panah menancap tepat di tengah, fokuskan pandangan pada target dan belajarlah untuk tetap konsisten pada posisinya.

Itu tadi kesalahan yang perlu kamu pahami sebelum kamu melakukan olahraga panahan, ada baiknya kamu pahami gerakan-gerakan dasarnya agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan olahraga panahan ini.


 

Baiklah itu tadi penjelasan dari materi “Tujuan & Manfaat Olahraga Panahan“, yang telah di jelaskan dengan lengkap. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu sipembaca dalam mengerjakan tugas-tugas serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah tentang olahraga panahan. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :

Baca Juga  Lompat Galah