Olahraga Dayung

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Olahraga Dayung, siapa yang tidak tahu tentang olahraga dayung tentu sudah tidak asing lagi mengenai olahraga ini yang pada umumnya olahraga dayung ini di lakukan di laut, sungai dan danau.

Olahraga dayung ini merupakan olahraga beregu air yang dimana dalam satu perahu terdiri dari tujuh orang pendayung, peralatan dayung tersendiri terbuat dari kayu secara tradisional. Pada zaman dahulu olahraga ini sering dilakukan sebagai alat transportasi dari pada olahraga.

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak materi penjelasannya secara lengkap yang akan di jelaskan mulai dari : Pengertian, Sejarah, Teknik serta lainnya lengkap :


Pengertian Olahraga Dayung

Pengertian Olahraga Dayung

Olahraga Dayung adalah olahraga yang menggunakan dayung dan perahu yang berjalan tepat di atas sungai, danau atau laut, dengan kayuhan berirama dan kompak serta mengandalkan ketahanan fisik para pendayung guna mencapai garis finis.

Pada hakikatnya konsep pada olahraga dayung ini maju dan mundur untuk membelok kekanan serta kiri perahu sehingga akan membutuhkan tenaga serta ketahanan fisik yang terlatih pada olahraga dayung ini.


Sejarah Olahraga Dayung

Dalam sejarah olahraga dayung ini tidak dapat ditentukan bangsa mana yang pertama kali menemukan olahraga dayung. Dikarenakan sejarah olahraga dayung sudah dikenal pada zaman kuno sampai modern. Sehingga sangat sulit para ahli sejarah olahraga dayung untuk mengungkapkan dengan pasti dari negara mana asal olahraga dayung.

Pada tahun 1880 pada buku berjudul Canoe dan Pembuatan Perahu untuk Para Amatir “W.P Stephens“, kano didefinisikan sebagai sebuah perahu berukuran panjang yang memiliki proporsi yang sempit. Kedua ujung perahu dibuat runcing dan dayung yang ada pada genggaman tanganlah yang digunakan untuk menggerakkannya dengan awak perahu serta para pendayung dengan posisi menghadap kedepan.

Baca Juga  Olahraga Bowling

Seiring dengan perkembangannya kano berkembang dengan sangat pesat, yang mendukung kejuaraan kano mulai diselenggarakan di berbagai negara. Hanya saja pada kejuaraan ini merupakan olahraga dayung tradisional.

Pada olahraga dayung modern sebenarnya sudah ada, olahraga dayung modern ini  resmi pada abad ke-16. Raja Henry bahkan hanya memperbolehkan para pendayung yang mempunyai izin khusus dalam melewati sungai Thames pada zaman dulu. Kemudian mualilah berkembang lebih banyak perlombaan yang bermunculan dan diselenggarakan sebagai tujuan peserta memperebutkan gelar sebagai pendayung paling baik pada masa itu.

Itulah masa awal terciptanya cabang olahraga dayung yang kemudian makin menyebar luas dan muuali banyak diminati oleh banyak orang. Bahkan kini perlombaan olahraga dayung diselenggarakan hampir diseluruh perairan, hal itu menandakan bahwa termasuk dalam olahraga  paling populer merupakan olahrga air.


Teknik Olahraga Dayung

Setelah kamu memahami pengertaian serta sejarah pada olahraga dayung, selanjutnya yang perlu kamu pahami adalah tekniknya. Setiap olahraga tentu memiliki teknik yang harus dipahami, sama halnya dengan olahraga dayung ini. Berikut merupakan penjelasan dari teknik olahraga dayung :

1. Dayung Maju

Teknik mendayung maju ini merupakan teknik dengan gerakan maju dengan kayuhan di tarik ke belakang melakukan dengan komando khusus untuk mendapatkan kekompakan serta melaju dengan baik.

2. Dayung Mundur

Pada tknik ini merupakan teknik yang dilakukan kebalikan dari dayung maju, yang di lakukan dengan gerakan dorongan kedepan untuk membuat gerakan mundur. Gerakan ini juga dilakukan dengan komando yang ada.

3. Dayung Geser Kanan

Pada teknik dayung gerserkanan ini di bagi menjadi dua tim yang pada tim pertama pedayungg duduk disebelah kiri dengan kayuhan dilakukan dari luar mengarah ke dalam dengan sudut 90º. Tujuan pada teknik ini merupakan agar perahu berbelok ke kanan.

Baca Juga  Peraturan Lari Estafet

4. Dayung Geser Kiri

Pada teknik ini merupakan kebalikan dari teknik dayung gerser kanan dengan pelaksanaan yang sama. Pendayung dibagi menjadi 2 buah tim yang duduk di sebelah kanan dan kiri. Pada pendayung yang duduk di sisi kanan melakukan kayuhan dari luar ke dalam searah 90º. Sedangkan pendayung pada sisi kiri melakukan kayuhan dari dalam ke luar searah 90º. Tujuan dari teknik dayung geser kiri ini agar perahu dapat berbelok ke kiri.

5. Dayung Kanan Mundur

Pada teknik dayung kanan mundur ini ada 2 tim. Tim pertama ada di sisi kanan di mana kayuhan dayungnya dilakukan mundur, serta tim kedua yang berada pada sisi kiri sambil mengayuh dayung maju.

6. Dayung Kiri Mundur

Teknik ini kebalikan dari teknik dayung kanan mundur hanya saja kebalikannya. Ada 2 tim dalam satu perahu tim pertama ada di sebelah kiri yang bertugas mengayuh mundur serta tim kedua yang ada di sisi kanan bertugas mengayuh maju.

7. Berhenti

Pada teknik ini merupakan teknik akhiran, teknik ini tidak kalah pentingnya dengan teknik diatas karena tidak selamanya mendayung dengan terus-menerus. Teknik ini dilakukan dengan kompak dengan memerhatikan komando pada saat perahu melaju dengan cepat.


Peraturan pada Olahraga Dayung

Setelah kamu memahami teknik pada olahraga dayung, kamu perlu memahami peraturan pada olahraga dayung.

Pembahasan kali ini akan meliputi peraturan yang ada pada olahraga dayung khususnya pada Olimpiade. Langsung saja simak peraturan yang ada pada olahraga dayung :

  • Perahu didayung dengan jarak 2000 meter.
  • Menggunakan 1 buah dayung yang dipegang dengan kedua tangan “sweep”.
  • Menggunakan 2 buah dayung “scull”.
  • Ada bola karet pada setiap perahu yang digunakan untuk mendayung diameternya 4 cm. Tujuannya sebagai peminimalisir kerusakan apabila sampai benturan terjadi.
  • Perahu quadruple scull dengan panjang : 13,4 m dan berat 52 kg.
  • Perahu double scull dengan panjang : 10,4 m dengan berat 27 kg.
  • Perahu single scull dengan panjang : 8,2 m dengan berat 14 kg.
  • Panjang dayung pada tiap kategori scull : 2,92 m.
  • Panjang dayung untuk tiap kategori sweep : 3,78 m.
  • Pemenangnya adalah tim perahu yang berhasil mencapai atau melewati garis akhir paling cepat.
Baca Juga  Struktur Otot

Manfaat Olahraga Dayung

Setiap olahraga tentunya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, selain membuat tubuh menjadi sehat pada olahraga dayung ini memiliki manfaat yang baik. Berikut manfaat yang ada dalam olahraga dayung :

  • Dapat menjaga kesehatan terhadap tubuh.
  • Dapat membantuk membakar lemak jahat pada tubuh.
  • Dapat menghilagkan menyakit stres.
  • Dapat mambantu mencerdaskan otak.
  • Dapat menurunkan berat badan.

 

Baiklah itu tadi ulasan dari materi lengkap “Olahraga Dayung”. Yang telah di sampaikan dengan jelas dan lengkap di mulai dari : Pengertian, Sejarah, Teknik, Manfaat serta masih ada banyak lagi. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas dan bermanfaat bagi kamu pembaca dalam membuat makalah tentang olahraga dayung. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Arikel Ini :