Olahraga Billiard

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Pada materi kali ini akan membahas materi olahraga billiard. Apa itu olahraga billiard. Hampir semua kalangan menyukai olahraga ini, olahraga ini masuk dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sehingga sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar serta harus ditunjang oleh kemampuan fisik yang prima agar mampu berprestasi lebih tinggi dan stabil.

Olahraga ini dimainkan menggunakan sarana serta prasarana khusus serta teknik dasar pada permainan billiard.

Untuk itu langsung saja simak ulasan lengkap materi olahraga billiard yang akan di ulas dengan jelas dan lengkap mulai dari : pengertian, sejarah, teknik , tujuan serta manfaatnya. Berikut ulasan materi lengkapnya :


Pengertian Olahraga Billiard

Pengertian Olahraga Billiard

Olahraga Billiard adalah cabang olahraga yang dimainkan dalam kategori cabang olahraga konsentrasi, sangat dibutuhkan ketahanan dan pemahaman mental yang benar dan harus ditunjang dengan kemampuan fisik yang prima.

Olahraga billiard ini dimmainkan di atas meja khusus serta peralatan khusus yang digunakan dalam olaraga billiard dan dimainkan dengan teknik dasar serta peraturan khusus. Pada olahraga billiard ini terbagi menjadi beberapa jenis yaitu : Engllish Billiard dan Pool.
Pada permainan billiard ini di mainkan dengan singel atau pun dengan tim perlu konsentrasi yang baik dalam melakukan permainan ini sehingga permainan yang dimainkan pun berjalan dengan seru dan menarik di tonton.

Selanjutnya setelah kamu memahami pengertian dalam olahraga billiard ini, kamu perlu memahami teknik yang ada dalam permainan billiard. Langsung saja simak ulasan teknik pada olahraga billiard ini.


Teknik Olahrga Billiard

Teknik Olahrga Billiard

Terdapat beberapa teknik pada permainan billiard ini meliputi stop shot, draw shot, follow shot, spin shot, masse, jump shot, dan English shot. Perlu kamu ketahui setiap teknik ini memiliki perbedaan baik pada pukulan, arah, serta kecepatan, yang bisa kamu sesuaikan pada setiap pukulan.

Berikut teknik pukulan dalam olahraga billiard :

1. Draw shot

  • Memukul bola putih sedikit di bawah titik tengah.
  • Efek dari pukulan ini adalah bola akan berjalan mundur setelah terkena pool ball.
  • Terjadi jika bola sasaran dipukul secara sejajar.
  • Bila tidak sejajar, sudut pantul bola akan lebih besar.
Baca Juga  Olahraga Bowling

2. Stop shot

  • Stop shot atau stop stroke, merupakan jenis pukulan termudah dalam permainan billiard.
  • Titik pukul stik dilakukan tepat di tengah bola putih.
  • Efek yang dilakukan adalah bola berhenti di tempat, jika dipukul sejajar dengan bola sasaran.
  • Apabila pukulan tidak sejajar, laju bola tidak akan berjalan terlalu cepat atau terlalu lambat.

3. Spin shot

  • Pada pukulan ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih.
  • Efek yang ditimbulkan pada pukulan ini adalah bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul di tepi meja.

4. Follow shot

  • Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola putih sedikit di atas garis tengah.
  • Efek yang terjadi bila pool ball dipukul secara sejajar, bola putih akan berjalan maju.
  • Apabila tidak sejajar, bola putih akan memiliki sudut pantul lebih sempit, serta memiliki laju yang lebih cepat.

5. Masse

  • Pada pukulan ini membuat bola putih bergerak melengkung.
  • Biasanya teknik ini dilakukan ketika bola sasaran terhalangi oleh bola lain.

6. Jump shot

  • Teknik jump shot merupakan teknik pukulan membuat bola putih melompat untuk menghindari bola yang menghalangi jalur cue ball dengan bola sasaran.
  • Dilakukan dengan stik khusus dengan cara menekan bola putih dari atas sehingga bola bereaksi bergerak keatas.

7. English shot

  • Memukul bola dengan menggunakan efek.
  • Pukulan ini memungkinkan bola bergerak tidak terduga.

Peraturan Olahraga Billiard

Dalam setiap permainan olahraga tentunya meiliki peraturan khusus yang ada, seperti hallnya pada permainan olahraga billiard ini, langsung saja simak peraturan olahraga billiard di bawah ini :

  1. Setiap tim diwakili 4 pemain inti dan 1 pemain cadangan.
  2. Setiap pertandingan billboard menggunakan sistem best of three. Untuk semifinal dan final menggunakan sistem best of five.
  3. Sistem pertandingan knock-out beregu dengan memainkan 3 nomor: 9-ball single, 8-ball double, 10-ball single.
  4. Menggunakan sistem break bergantian tiap pemain, untuk penentuan break pertama ditentukan lewat pengundian.
  5. Saat ingin menembak, minimal satu kaki dari pemain harus tetap menyentuh lantai. Apabila tidak, dianggap foul/kesalahan.
  6. Pada saat melakukan break, minimal harus ada 4 bola yang menyentuh ban (cushion), jika tidak maka foul.
  7. Setiap pemain tidak diperkenankan melakukan intimidasi terhadap pemain lawan.
  8. Setiap tim harus memilih satu orang ditunjuk sebagai kapten.
  9. Seorang pemain hanya boleh bermain sekali dalam tiap pertandingan.
  10. Dilarang merokok saat pertandingan berlangsung.
  11. Pemain yang tidak sedang dalam giliran memukul diharuskan untuk duduk di tempat yang disediakan agar tidak menganggu pemain yang sedang mendapat giliran menyodok.
  12. Jika pemain terlambat datang dengan toleransi keterlambatan 10 menit, maka pemain tersebut dinyatakan walk over/WO.
  13. Jump shot diperbolehkan sesuai teknik yang benar (tidak boleh mencungkil dari bawah).
  14. Komisi wasit sudah ditentukan panitia. Keputusan wasit adalah mutlak. Protes dapat dilayangkan secara wajar dengan menyertakan alasannya. Protes yang berlebihan dapat mengakibatkan sebuah tim di WO.
  15. Hal-hal yang tidak tercantum dalam peraturan ini, mengacu pada world standarized rules.
Baca Juga  Teknik Dasar Permainan Rounders

Sejarah Billiard di Indonesia

Di Indonesia untuk pertama kalinya masyarakat yang memopulerkan permainan biliard. Permainan Biliard sendiri masih dianggap sebagai suatu jenis permainan yang negatif. Olahraga Biliard diketahui menjadi permainan orang-orang kalangan atas di Eropa sehingga masyarakat tampak jauh lebih baik dalam menerima olahraga biliard bahkan banyak yang mulai tertarik. Selanjutnya olahraga ini pun berkembang di Indonesia dan terbentuk organisasi resminya yang di akui  KONI Komite Olahraga Nasional Indonesia.


Sarana Prasarana Olahraga Billiard

Sarana Prasarana Olahraga Billiard

Sarana serta prasarana yang ada pada olahraga billiard terbagi menjadi tiga bagian meliputi :

A. Stik Billiard

Dalam pemilihan stik billiard ini menentukan permainan skill kamu, stik yang tepat akan membuat permainan kamu maksimal, brikut ukuran pada stik billiard :

  • Berat : suatu stik billiard dihitungnya menggunakan hitungan Oz, hitungannya ada yang 19, 20, dan 21 Oz, jadi kita tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kita. (1 Oz = 28,35 gram).
  • Ukuran : stik billiard bervariasi dengan rata-rata panjangnya sekitar 58-60 inchi (147 – 152 cm).

B. Cue Ball Billiard

  • Cue ball billiard berwarna putih polos biasa disebut juga sebagai bola gaco memiliki berbagai ragam jenis dan mempunyai berat berbeda.
  • Pemahaman para pemain terhadap cue ball ini, semakin sering cue ball billiard ini dimainkan maka cue ball billiard akan semakin kotor, maka akan berimbas menjadi sulit dikendalikan jalannya cue ball.
  • Cue ball ini bisa di lihat dalam 25 titik berlainan berdasarkan arah cue ball dan elevasi cue ball terhadap meja, dimana pukulan pada titik yang spesifik akan menghasilkan jalannya cue ball yang spesifik pula.
  • Ke 25 titik itu di asosiasikan kedalam arah jarum jam pendek dan panjang serta 1 (satu) tiik lagi sebagai titik sentral.
Baca Juga  Olahraga Tenis Meja

C. Meja Billiard

Secara umum ukuran meja billiard memiliki bentuk persegi panjang dimana mempunyai ukuran yang panjangnya 2 x lipat dari ukuran lebar meja billiard.

  • Ukuran meja billiard biasanya disebutkan dalam satuan kaki atau foot yang dimulai dari ukuran 7 kaki, 8 kaki, 9 kaki. (1 kaki = 30,48 cm).
  • Meja ukuran 9 kaki lazimnya di khususkan untuk permainan professional.
  • Untuk meja billiard di tempat kediaman biasanya memakai billiard ukuran 7 kaki karena memiliki tempat yang ruangannya tidak begitu besar atau karena alasan efektifitas maupun kenyamanan.
  • Untuk ukuran 8 kaki bila memiliki ruangan yang cukup besar. Jadi, pemilihan ukuran meja berdasarkan situasi ruangan dan juga budget yang dimilikinya.
  • Ukuran meja billiard memiliki panjang sesuai tipe ukuran meja dengan lebar setengah dari tipe ukuran meja.
  • Meja ukuran 9 kaki memiliki panjang sekitar 270 cm dan lebar 135 cm.
  • Meja billiard berkualitas bagus biasanya berukuran 9 kaki yang mempunyai alas meja yang dibuat dari batu granit hitam yang berguna untuk mencegah adanya tonjolan yang tidak dikehendaki dan kemungkinan adanya perubahan bentuk disebabkan oleh kelembaban udara.

 

Baiklah itu tadi ulasan lengkap materi “Olahraga Billiard”. Yang telah dijelaskan dengan lengkap mulai dari : pengertian, sejarah, teknik, sarana serta prasaranan yang ada. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu pembaca dalam mengerjakan tugas-tugas yang ada serta dapat bermanfaat bagi kamu dalam membuat makalah olahraga mengenai olahraga billiard. Terima Kasih 🙂


 

Baca Juga Artikel Ini :