Olahraga Golf

Diposting pada

KelasPJOK.com – Hai teman – teman online, pada kesempatan kali ini kelasPJOK.com akan membahas mengenai artikel yang berjudul Golf. Apakah sebelumnya kalian sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Golf? Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari kita simak penjelasan berikut secara rinci:


Pengertian Golf

Pengertian Golf

Golf merupakan suatu permainan luar ruang yang dapat dimainkan secara perorangan maupun secara tim dimana permainan ini berlomba untuk dapat memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan yang paling sedikit. Bola golf dapat dimainkan dengan cara dilempar menggunakan klab (stik golf).

Golf yakni salah satu dari permainan yang tidak mempunyai lapangan permainan yang standar, melainkan dapat dimainkan di padang golf yang dimana masing-masing mempunyai desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang).


Sejarah Golf

Sejarah Golf

Pada abad ke – 15 Masehi, masyarakat Skotlandia telah mencoba memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan pemukul dari kayu dan bola dari bahan karet. Tetapi, pada saat itu olahraga ini dilarang oleh pemerintahan Skotlandia karena telah dianggap dapat mengganggu jalannya pemerintahan. Akhirnya, olahraga golf kemudian dibawa ke Inggris dan mengalami banyak perkembangan yang pesat sampai golf terkenal di benua Eropa sampai saat ini.

Asal mula olahraga golf ini sebenarnya tidak jelas berasal dari mana. Namun, beberapa masyarakat Tiongkok bilang merekalah yang telah memainkan permainan golf sejak abad ke – 11 Masehi, lebih tepatnya pada zaman dinasti song. Para penduduk Belanda juga mengatakan bahwa mereka telah memainkan golf sejak abad ke – 12 M. Namun, Skotlandia juga telah menyatakan bahwa merekalah yang menciptakan olahraga golf pada abad ke – 15 M.

Baca Juga  Tujuan & Manfaat Sepak Takraw

Setelah melakukan berbagai macam perdebatan, akhirnya sebagian besar para sejarawan dunia berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia. Karena terdapat adanya bukti – bukti kuat bahwa golf berasal dari sana, yakni lapangan golf pertama berada di Skotlandia, Nama golf kemudian diambil dari bahasa Skotlandia, dimana klub golf pertama berasal dari Skotlandia, selain itu turnamen pertama golf juga berasal dari Skotlandia.

Seiring dengan berjalannya waktu, Golf semakin terkenal hingga seluruh dunia, Pada tahun 1958 akhirnya dibentuklah IGF (International Golf Federation) untuk dapat mengatur seluruh masalah golf yang ada di dunia. Hingga detik ini, IGF telah berpusat di Switzerland dan telah mempunyai 126 negara sebagai anggota.


Teknik Dasar Golf

Teknik Olahraga Golf

  • Teknik Memukul
  1. Tee shot yakni suatu teknik yang dapat digunakan pada pukulan pertama untuk dapat memulai pertandingan yang akan dilakukan dari teeing ground (letak awal bola golf) menuju ke lubang pada lapangan yang disediakan.
  2. Fairway shot yakni suatu teknik yang dapatdilakukan para pemain golf setelah melakukan tee shot.
  3. Putting yakni suatu teknik yang dapat digunakan jika bola golf sudah dekat dengan lubang agar bola dapat dengan mudah dimasukkan.
  4. Punch yakni suatu teknik yang dapat digunakan jika angin yang berhembus dilapangan golf sangat kencang.
  • Teknik Memegang
  1. Baseball grip yakni suatu teknik yang dapat dilakukan seperti memegang stick baseball, yaitu tangan kiri berada di bawah tangan kanan.
  2. Overlapping golf grip yakni suatu teknik yang hampir sama seperti yang baseball girp, hanya saja tangan kanan agak sedikit ke atas, sehingga jari kelingking tangan kanan berada di antara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri.
  3. Interlocking golf grip yakni suatu teknik yang dapat digunakan untuk para pemain golf profesional. Maka dari itu, untuk para pemula tidak disarankan menggunakan teknik ini. Cara melakukannya teknik ini ialah dengan cara seperti memegang stick baseball, tetapi mengaitkan jari kelingking tangan kanan dengan jari telunjuk dari tangan kiri.
  • Teknik Mengayun
  1. Teknik backswing yakni suatu teknik yang dapat dilakukan dengan cara mengayunkan stick ke belakang tubuh anda sampai melewati kepala.
  2. Teknik downsing yakni suatu teknik yang dapat dilakukan setelah melakukan backswing, cara untuk melakukan downsing ialah dengan cara melancarkan pukulan yang pas agar mengenai bola.
Baca Juga  Teknik Dasar Bola Kasti

Manfaat Golf

Adapun beberapa manfaat dalam bermain golf yaitu sebagai berikut :

  1. Melatih Dalam Berkonsentrasi
    Olahraga golf ini dimainkan dengan cara memasukkan bola ke dalam lubang dan tepat pada sasaran, hal ini akan dapat melakukan konsentrasi yang penuh agar bola dapat dipukul dengan akurat sehingga masuk ke lubang sasaran.
  2. Menguatkan Fisik
    Golf merupakan olahraga yang dapat menguatkan fisik karena dilakukan cukup banyak gerakan dimana bisa memulai olahraga golf karena olahraga ini dapat membuat badan sehat dan menguatkan fisik anda.
  3. Membakar Lemak
    Olahraga bermain golf ini terkadang terlihat sepeleh bahkan olahraga ini juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan dan dapat juga untuk membakar lemak pada tubuh dan menurunkan kolesterol.
  4. Mengurangi Stres
    Olahraga golf ini pada lapangan yang luas dengan rumput hijau dan tebal dan pemain tentunya dapat menikmati udara yang segar hal ini akan dapat mengurangi stres pada pikiran kamu.

Peralatan Golf

Peralatan Olahraga Golf

  • Bola Golf

Bola gofl ini memiliki diameter minimum sekitar 42,67 mm dan harus bermassa lebih dari 45,93 gram.

  • Stik Golf

Adapun beberapa tipe stik buat permainan golf yaitu sebagai berikut:

  1. Iron dipakai pada jarak menengah.
  2. Wood dipakai buat memukul jarak yang sangat jauh.
  3. Wedge yakni samah halnya dengan iron yang dipakai untuk memukul pada jarak yang pendek.
  4. Putter juga hampir selalu dipakai buat melakukan pukulan diatas green.
  5. Shaft atau tangkai ini juga dipakai di antara grip dan juga kepala club.
  • Peralatan Lain

Peralatan lain yang harus digunakan pemain golf salah satunya ialah sepatu khusus buat golf dan mengenakan sarung tangan pada tangan sebelah kiri. Selain itu, ada juga tee atau pasak yang dipakai untuk melakukan tee shot di atas teeing ground.

  • Ukuran Lapangan Golf
Baca Juga  Permainan Softball

Lapangan golf biasanya mempunyai sejumlah lubang atau hole yang dapat dijadikan sebagai sasaran yang pada umumnya terdiri atas 9 – 18 hole.

Apabila kita memainkan olahraga golf, maka kita harus dapat menyelesaikan 18 hole tersebut setiap kali permainan. Permainan golf pada dasarnya bertujuan untuk dapat memasukkan bola ke dalam hole dengan total lubang sebanyak 18 hole. Dimana permainan dapat dimulai dari teebox dan diakhiri dengan memasukkan bola ke hole yang berada di aera putting green.


Peraturan Golf

Adapun beberapa peraturan dalam permainan golf yaitu sebagai berikut:

  1. Pukulan pertama dilakukan untuk menunjukan bahwa pertandingan sudah dimulai dan harus dilakukan dari teeing ground.
  2. Dalam olahraga golf, yang akan menjadi pemenangnya yakni pemain yang telah memasukkan bola dengan pukulan paling sedikit.
  3. Setiap saat melakukan pukulan, para pemain golf harus dapat berjalan untuk melakukan pukulan selanjutnya.
  4. Pemain dapat menganggap bolanya tidak dapat dimainkan dalam posisi apapun di dalam lapangan.
  5. Jika mendapatkan pinalty, kita diperbolehkan mengangkat, membersihkan, bahkan mengganti bola.

Demikianlah pembahasan artikel mengenai √ Golf : Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan, Peraturan & Manfaatnya Lengkap. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kita semua dalam menemukan solusi yang terbaik. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih.

 

Baca Juga Artikel :