Manfaat Olahraga Renang

Diposting pada

Kelaspjok.com – Salam Olahraga..!. Setiap olahraga tentu memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita, salah satunya aktivitas fisik olahraga air ini. Sering melakukan olahraga ini kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang akan kamu rasakan pada tubuh kamu.

Apa saja manfaat yang kamu dapatkan dalam olahraga renang ini, kali ini kelaspjok akan membahas mengenai manfaat olahraga renang. Langsung saja simak materi pembahasannya dibawah ini :

manfaat olahraga renang


Pengertian Olahraga Renang

Olahraga renang adalah olahraga yang melombakan kecepatan atlet renang dalam berenang dengan menggunakan gaya yang sesuai dengan yang di perlombakan. Gaya yang di gunakan : Gaya dada, Gaya bebas, Gaya kupu-kupu, Gaya punggung.

Banyak manfaat yang kamu dapatkan setelah kamu melakukan olahraga renang ini, berikut penjelasannya :


Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat olahraga berenang yang paling populer adalah menjaga kesehatan jantung dan paru-paru. Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga renang dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan kemampuan tubuh dalam mengatur oksigen.

Tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung, dengan melakukan olahraga renang secara rutin juga baik untuk memelihara fungsi berbagai organ tubuh serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.


Menjaga Berat Badan

Olahraga renang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga cukup ampuh untuk menjaga berat badan kamu. Faktanya berenang selama satu jam maka kamu dapat membakar 100-200 kalori, tentu saja dengan pertimbangan seberapa efisien anda berenang.

Kalori yang dibakar tergantung dengan rutinitas latihan, semakin kamu rutin maka olahraga renang bisa membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan olahraga lainnya.

Baca Juga  Olahraga Dayung

Mengurangi Stres

Stres merupakan kondisi yang umum dialami oleh hampir setiap orang. Olahraga renang bisa menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa berenang dapat melemaskan otot-otot tubuh, sehingga membuat kamu lebih rileks.


Meringankan Gejala Penyakit Multiple Sclerosis

Dalam studi tertentu menemukan bahwa rasa sakit pada penderita multiple sclerosis dapat berkurang jika menjalani program berenang selama 20 minggu. Perbaikan kondisi juga ditemukan pada menurunnya tingkat depresi dan rasa lelah yang berkaitan dengan penyakit ini.


Meningkatkan Kapasitas Paru-paru

meningkatkan kapasitas paru-paru

Tentunya olahraga renang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan paru-paru, yang sangat perlu kamu ketahui pada olahraga renang in ternyata mampu mengurangi penyakit asma bagi orang yang menderita penyakit asma.

Olahraga renang ini membantu kita dalam mengendalikan sistem pernafasan. Meski demikian, bahan disinfektan yang biasanya terdapat dalam air kolam renang dinilai kurang baik untuk para penderita asma. Karena itu, mereka disarankan untuk berhati-hati.


Memperkuat Otot Kardiovaskular

Olahraga renang ini merupakan salah satu dari latihan kardio. Manfaat olahraga renang ini bagi tubuh kita bisa didapatkan karena berenang bisa memperkuat otot jantung serta paru-paru, dan menyehatkan sistem pernapasan. Maka dari itu, olahraga renang ini termasuk kedalam pilihan olahraga rutin yang sangat tepat.


Membantu Mengendalikan Stres

Setiap olahraga tentunya bermanfaat dalam mengendalikan setres hanya saja yang membedakan seberapa besar olahraga itu dapat mengendalikan setres seseorang yang tergantung dalam tingkatan yang dialami oleh seseorang.

Pada olahraga renang ini dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks lagi. Dengan ini, perasaan cemas dan stres pun bisa berkurang. Selama berenang kamu juga dapat mengalihkan pikiran dari masalah yang sedang kamu dihadapi.

Baca Juga  Renang Gaya Kupu-Kupu

Meningkatkan Suasana Hati

Setelah diyakini olahraga renang ini dapat mengendalikan tingkat stres seseorang maka dengan otomatis olahraga renang ini juga mampu meningkatkan mod kamu.

Ketika kamu sedang berolahraga tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang akan meningkatkan suasana hati. Termasuk ketika kamu sedang melakukan olahraga renang.


Baiklah itu ltadi ulasan dari materi “Manfaat Olahraga Renang“. Semoga dapat berguna untuk kamu dalam mengerjakan soal-soal latihan olahraga, serta dapat bermanfaat untuk kamu dalam membuat makalah olahraga tentang manfaat olahraga renang. Terimakasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :