Manfaat Senam Lantai

Diposting pada

KelasPJOK.Com – Salam Olahraga..! Kali ini kelaspjok akan membahas materi manfaat yang kamu dapat dalam melakukan senam lantai, sebelumnya kelaspjok telah membahas pengertian dari senam lantai.

Senam lantai juga membantumu agar tidah mudah terkena berbagai macam penyakit. Pada dasarnya secara umum melakukan senam lantai dapat menjaga kesehatan tubuh serta pikiran. Olahraga Senam lantai ini membutuhkan banyak kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan kesadaran tubuh untuk melakukannya. Hal ini karena gerakan dalam senam lantai ini menuntut kekuatan tangan dan kaki, sekaligus koordinasi otot-otot tubuh dan persendiannya.

Senam lantai merupakan jenis olahraga yang mudah serta dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Senam lantai tidak membutuhkan peralatan yang banyak, hanya dengan matras kamu sudah dapat memulai olahraga senam lantai.

Macam-macam gerakan senam lantai yang bisa diterapkan, seperti sikap lilin, kayang, roll depan, roll belakang, headstand, hingga handstand. Meskipun tampak lemah gemulai, kamu diuji saat mencoba melakukan gerakan-gerakan tersebut.

Manfaat Senam Lantai


Manfaat Senam Lantai

Banyak manfaat yang dapat kamu rasakan setelah melakukan aktivitas olahraga senam lantai, apa saja manfaat yang bisa kamu rasakan. Berikut manfaat nya :


Menguatkan Tulang

Menguatkan Tulang

Olahraga Senam lantai ini melatih kekuatan otot inti tubuh kita guna menahan beban tubuh sendiri. Rutin melakukan senam lantai ini sangatlah baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulangmu.

Selain itu, memulai olahraga senam lantai sejak dini juga mampu memberikan kepadatan tulang hingga kapasitas maksimalnya. Hal ini tak hanya membangun tulang yang kuat dan sehat, tetapi juga mampu membantu mengurangi risiko terkenanya osteoporosis di kemudian hari.

Baca Juga  Sikap Kayang

Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat selanjutnya setelah kamu melakukan senam lantai adalah dapat membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh serta otot perlahan menjadi lebih kencang dan lentur dibandingkan melakukan olahraga lainnya. Tubuh kamu lebih lentur dan fleksibel sehingga terhindar dari risiko terjadinya cedera dalam kehidupan sehari-hari, nyeri, serta mudah kelelahan. Sebelum memulai olahraga senam lantai ini mulailah dengan peregangan dan pemanasan yang dinamis.


Membakar kalori

Dalam melakukan olahraga senam lantai ini dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Hal ini karena senam lantai mengontrol detak jantung serta melibatkan otot-otot pada lengan, kaki, punggung, bahu, perut, hingga punggung. Melakukan olahraga senam lantai ini secara rutin dan benar juga dapat mengembangkan potensi untuk memiliki postur tubuh yang ideal.


Daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh

Manfaat selanjutnya setelah melakukan olahraga senam lantai ini adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Dengan melakukan olahraga senam lantai secara teratur dapat membangun daya tahun tubuhmu seperti latihan kardiovaskular. Selain itu kamu juga akan lebih sehat dan memiliki risiko rendah terserang penyakit. Beberapa ahli mengatakan setelah melakukan olahhraga senam lantai ini dengan rutin maka kamu akan terhindar dari risiko terkena penyakit jantung, kanker, obesitas hingga diabetes.


Menguatkan otot

Pada gerakan olahraga senam lantai ini melibatkan hampir seluruh otot tubuh. Berbagai jenis gerakan senam lantai, seperti roll depan, sikap lilin, kayang atau handstand melibatkan kaki dan lengan ketika melakukannya pula mampu meningkatkan otot yang ada di seluruh tubuh

Mulai dari kaki dan lengan saat kamu push-up atau sit-up, otot dada dan tulang belakang saat kamu melakukan roll depan.

Otot inti tubuh serta otot paha saat kamu menahan sikap lilin, kayang, atau handstand.

Baca Juga  Peraturan Tolak Peluru

Berbagai gerakan senam ini juga turut melatih otot bokong dan betis selama kamu menahan beban tubuh di satu posisi dalam waktu yang cukup lama.


Mengatasi Depresi

Mengtasi Depresi

Ketika depresi, sebagian orang lebih memilih untuk menyendiri serta melakukan hal negatif untuk melampiaskan apa yang dirasakannya.

Untuk menghindari hal tersebut kamu dapat mencoba melakukan senam lantai sebagai sarana pelampiasan yang positif. Selain baik untuk fisik tubuh kamu, olahraga senam lantai juga bagus secara mental. Senam lantai bisa mengurangi depresi karena meningkatkan endorfin.

Hormon endorfin adalah zat kimia seperti morfin yang dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh dan memiliki peran dalam membantu mengurangi rasa sakit saat memicu perasaan positif. Hormon endorfin diproduksi oleh kelenjar pituari dan sistem saraf pusat manusia.


Tingkatkan kedisiplinan diri

Manfaat terakhir dari senam lantai adalah baik untuk meningkatkan kedisiplinan diri sendiri. Kegiatan olahraga senam lantai umumnya membutuhkan banyak kedisiplin diri.

Gerakan senam lantai ini juga membutuhkan konsentrasi dan komitmen yang tinggi. Melatih konsentrasi dan bekerja keras untuk bisa mendapatkan gerakan yang benar. Hal ini karena untuk sekadar rutin melakukannya saja, tidak selalu menjadi upaya yang mudah.


Baiklah itu tadi ulasan lengkap mengenai materi “Manfaat Senam Lantai”. Semoga artikel ini dapat berguna untuk kamu dalam mengerjakan tugas sekolah, serta bermanfaat untuk kamu dalam mengerjakan tugas membuat makalah olahraga materi manfaat senam lantai. Terima Kasih 🙂


Baca Juga Artikel Ini :